Bruntusan merupakan masalah kulit yang banyak dialami oleh orang-orang. Ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan bruntusan, seperti karena Anda tidak membersihkan wajah dengan benar, tidak melakukan eksfoliasi, produk make up yang tidak cocok atau mengandung bahan kimia, dan masih banyak lagi penyebab lainnya. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat membantu menghilangkan bruntusan secara alami salah satunya adalah dengan menggunakan masker yang alami, berikut ini merupakan masker meghilangkan beruntusan secara alami, yaitu :

  1. Lidah buaya

Cara untuk menghilangkan bruntusan dengan bahan alami yang pertama adalah dengan masker menggunakan lidah buaya. Cara menghilangkan bruntusan ini dikenal cukup ampuh karena lidah buaya dikenal memiliki kandungan yang dapat menenangkan kulit dan mencegah iritasi pada kulit. Tidak hanya untuk kulit yang sedang iritasi, lidah buaya juga bisa menghilangkan gatal-gatal yang diakibatkan dari bruntusan di jidat dan wajah. Lidah buaya juga mengandung vitamin E sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit.

  1. Madu

Cara menghilangakn bruntusan yang berikutnya adalah dengan masker madu.  Madu dikenal memiliki kandungan yang baik untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit salah satunya adalah bruntusan, jerawat dan kulit kusam.

  1. Teh hijau

Teh hijau dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, baik untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan kulit. Dengan masker menggunakan teh hijau, hal tersebut dapat membantu untuk menghilangkan bruntusan di pipi dan dahi. Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik bagi kulit.

  1. Tomat

Selain rasanya yang sangat enak, tomat juga bisa digunakan sebagai salah satu masker untuk menghilangkan bruntusan. Cara menghilangkan bruntusan dengan tomat cukup efektif jika Anda melakukannya secara rutin.

  1. Lemon

Lemon merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan. Namun, untuk Anda yang memiliki kulit sensitive harus berhati-hati pada saat menjadikan lemon sebagai masker wajah, karena lemon memiliki kandungan asam yang cukup tinggi.

  1. Minyak zaitun

Cara menghilangkan bruntusan yang alami lainnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun terkenal memiliki kandungan yang ampuh untuk melembabkan kulit. Selain itu, minyak zaitun juga mempunyai kandungan vitamin E didalamnya yang berguna sebagai atioksidan pada kulit.

  1. Cuka apel

Cara berikutnya untuk menghilangkan bruntusan adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel memiliki kandungan zat asam asetat didalamnya yang sangat baik untuk meredakan peradangan dan infeksi pada kulit. Gunakan cuka apel ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari untuk menghilangkan bruntusan pada wajah.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bruntusan yang sangat cocok digunakan bagi orang-orang yang memiliki kulit sensitive. Oatmeal memiliki kandungan anti inflamasi yang berfungsi untuk menyembuhkan peradangan yang terjadi akibat dari bruntusan. Cara menggunakan oatmeal sebagai masker oatmel ini adalah dengan mencampurkan air hangat di dalamnya.

 

 

  1. Putih telur

Cara menghilangkan bruntusan yang satu ini cukup efektif dan juga ampuh untuk membasmi masalah kulit yang sedang Anda alami. Putih telur memiliki kandungan untuk membersihkan dan mengencangkan kulit.

  1. Soda kue

Soda kue memiliki kandungan anti peradangan yang sangat bermanfaat dalam  mengatasi masalah kulit yang bruntusan. Namun, bagi yang memiliki kulit sensitive, sebaiknya Anda menghindari penggunaan ini, karena kandungan asam yang dimiliki soda kue cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Bawang putih

Apabila Anda mengalami bruntusan karena efek samping kosmpetik atau karena kulit sedang purging, tidak ada salahnya Anda menggunakan bawang putting untuk menyembuhkannya. Kandungan alami bawang putih adalah antijamur, antioksidan, antiseptic dan antivirus.