Umumnya, orang akan melihat penampilan kita pada saat pertemuan pertama. Oleh karena itu, baik perempuan ataupun laki-laki, ingin tampil cantik dan tampan tanda adanya jerawat di wajah. Jerawat yang membandel dapat membuat rasa percaya diri menjadi berkurang dan timbulnya rasa sakit. Tidak heran jika banyak orang melakukan perawatan dan pengobatan kulit agar jerawat yang muncul di wajah bisa hilang. Penyebab munculnya jerawat adalah disebabkan karena berbagai macam hal, seperti adanya perubahan hormone, stress, gaya hidup yang tidak sehat, efek dari penggunaan obat-obat tertentu, dan malas membersihkan wajah. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir, karena sudah banyak sekali cara menghilangilangkan jerawat secara alami, yaitu dengan menggunakan masker wajah dari buah. Berikut iini merupakan 10 masker buah untuk jerawat, yaitu :

  1. Mentimun

Tidak hanya enak untuk lalapan, ternyata mentimun juga dapat menjadi obat jerawat yang ampuh. Mentimun mengandung antioksidan yang cukup tinggi, asam amino, dan juga vitamin. Kandungan-kandungan ini dpaat digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Anda hanya cukup menggunakan mentimun sebagai masker pada kulit wajah yang berjerawat secara rutin.

  1. Papaya

Buah papaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain dapat melancarkan pencernaan, papaya juga dapat menghilangkan jerawat. Kandungan enzim papain yang ada didalam papaya mampu mengangkat sel kulit mati penyebab munculnya jerawat. Sama dengan mentimun, Anda hanya cukup menggunakan papaya sebagai masker pada area yang berjerawat.

  1. Lemon

Buah lemon juga dikenal dapat menjadi obat penghilang jerawat. Kandungan asam askorbat yang ada di dalam lemon sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Tidak hanya untuk menghilangkan jerawat pada saat muncul, tetapi juga bisa menyamarkan bekas jerawat dikulit. Caranya menggunakan lemon untuk menghilangkan jerawat ini sangatlah mudah, cukup peras 1 (satu) buah lemon, ambil airnya dan kemudian di oleskan pada daerah wajah yang berjerawat. Tunggu 10 hingga 15 menit sampai wajah terasa kering lalu bilas dengan air bersih.

 

  1. Jeruk

Jeruk yang biasanya hanya dimakan buahnya dan diminum airnya, ternyata dapat juga untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Kandungan flavonoid serta vitamin A dan vitamin C yang ada di dalam kandungan kulit jeruk, telah dipercaya dapat membasmi jerawat batu pada kulit. Caranya adalah dengan menjemur kulit jeruk hingga kering, kemudian tumbuk kulit jeruk tersebut hingga halus, campurkan dengan sedikit air, lalu oleskan pada wajah yang berjerawat seperti layaknya masker. Keringkan selama 15 hingga 20 menit, kemudian bersihkan wajah dengan air bersih.

  1. Tomat

Tomat kaya akan kandungan vitamin A dan C di dalamnya. Cukup dengan mengambil 1 (satu) buah tomat lalu potong menjadi dua bagian. Oleskan potongan tomat tersebut pada wajah hingga merata. Tunggu kurang lebih 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Alpukat

Buah alpukat cukup sering digunakan sebagai masker kulit. Di dalam dunia kecantikan, alpukat dikenal ampuh untuk membuat wajah menjadi lebih halus. Kandungan vitamin E yang ada pada alpukat dapat membuat kulit wajah menjadi lebih lembut dan mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat. Cara membuat masker alpukat ini adalah dengan mengambil daging alpukat lalu haluskan hingga membentuk krim masker. Setelah itu, Anda bisa tambahkan 1 (satu) sendok madu. Oleskan masker alpukat secara merata pada wajah, dan diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. Kemudia bilas wajah dengan air bersih.

  1. Jeruk nipis

Kandungan vitamin C, anti bakteri, antioksidan, asam sitrat, zat astrigan, anti aging dan flavonoid yang ada didalam kandungan jeruk nipis, dipercaya mampu mengurangi serta menghlangkan jerawat di wajah. Bahkan dalam dunia kesehatan kandungan-kandungan tersebut sangat bagus untuk kecantikan kulit waja. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan jeruk nipis sebagai alternative mengobatai masalah kulit tertmasuk jerawat.

Cara menggunakannya adalah dengan membelah setengah jeruk nipis. Kemudian peras jeruk nipis yang sudah di belah untuk di ambil airnya. Sebelum mengoleskannya pada wajah, bersihkan wajah Anda terlebih dahulu dengan air hangat agar pori-pori Anda terbuka. Kemudian oleskan pada wajah hingga merata dan diamkan selama 15-20 menit lalu kemudian bilas wajah dengan air bersih.