Bintil kecil atau bruntusan yang muncul di wajah tentunya sangat mengganggu penampilan. Bruntudsan atau yang dikenal dengan nama whitehead merupakan salah satu jenis jerawat yang diakibatkan oleh minyak, bakteri, dan juga sel-sel kulit mati yang terperangkap di dalam pori-pori wajah. Untuk menghilangkannya tidak selalu Anda harus ke klinik kecantikan. Tapi, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan yang alami. Berikut ini merupakan bahan alami untuk menghilangkan bruntusan di wajah, yaitu :

  1. Lemon

Di dalam kandungan lemon yang sangat kaya akan vitamin C ternyata lemon juga mengandung anti-inflamasi dan antiseptic yang dapat membantu menghilangkan peradangan penyebab bruntusan yang betah di wajah. Cukup campurkan air perasan lemon dan air biasa dengan perbandingan satu banding satu. Kemudian Anda bisa mengoleskan ke area wajah yang bruntusan.

  1. Putih telur

Putih telur merupakan bahan makanan yang kaya akan nutrisi dan bagus untuk kecantikan wajah, termasuk dapat membuat wajah menjadi bebas dari bruntusan. Kocok putih telur hingga berbusa dan jadikan masker wajah selama kurang lebih 30 menit. Kemudia bilas dengan air dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Madu

Kandungan antioksidan yang ada di dalam madu, dapat membantu wajah melawan radikal bebas dan bakteri. Semakin rutin Anda menggunakan madu sebagai bahan dasar masker, maka bruntusan di wajah Anda bisa semakin cepat menghilang.

  1. Lidah buaya

Petik lidah buaya, kemudian ambil dagingnya dan aplikasikan pada wajah selama 10-15 menit. Setelah itu, Anda bisa bilas hingga bersih. Selain menenangkan, lidah buaya juga mengandung vitamin E yang bisa menjadi antioksidan dan mampu meredakan iritasi dari penyebab bruntusan di wajah.

  1. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk kulit, terutama untuk kulit wajah. Selain itu teh hijau dipercayai dapat menghilangkan bruntusan di wajah. Ada 2 cara menggunakan teh hijau untuk menghilangkan bruntusan. Cara yang pertama Anda bisa langsung meminumnya, dan cara yang kedua Anda bisa menjadikan air teh hijau sebagai bahan untuk mencuci muka.

 

 

  1. Kompres air dingin

Salah satu cara yang menghilangkan bruntusan dengan mudah adalah dengan menggunakan kompres air dingin. Ambil handuk kemudian rendam dengan air dingin atau air es dan letakkan di area wajah yang bruntusan. Hal ini dapat membantu Anda untuk meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit Anda.

  1. Minyak cengkeh

Cara menghilangkan bruntusan yang berikutnya adalah dengan menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh bisa mengatasi rasa gatal dan juga memberikan sensasi yang menenangkan pada kulit, hal ini disebabkan karena adanya kandungan bahan eugnol di dalamnya. Anda bisa menggunakan minyak cengkeh yang sudah ditambahkan dengan beberapa tetes air, atau menambahkan minyak cengkeh dengan minyak esensial lainnya, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

  1. Cuka apel

Cuka apel memiliki manfaat dapat membantu mengendalikan bakteri penyebab jerawat sekaligus mengurangi tampilan bruntusan. Cuka apel juga mengandung zat asam asetat yang sangat baik untuk meredakan peradangan pada kulit. Cara menggunakan cuka apel untuk menghilangkan bruntusan adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh cuka apel dengan 3 sendok makan air, kemudian oleskan cuka apel pada area yang bruntusan yang sudah dibersihkan dengan kapas. Kemudia diamkan selama 5-20 detik, bilas dengan air dan keringkan.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga dikenal dapat menjadi bahan alami untuk menghilangkan bruntusan. Anda dapat menggunakan minyak zaitu dengan cara mengoleskannya langsung pada area yang bruntusan.