Kini, sudah bukan zamannya menghilangkan jerawat dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia, karena faktanya banyak obat alami penghilang jerawat yang khasiatnya lebih aman, cepat, dan juga lebih akurat. Berikut ini merupakan bahan alami penghilang jerawat di wajah yang wajib kalian tahu, yaitu :

  1. Madu

Madu tidak hanya berkhasiat bagi kesehatan tubuh, akan tetapi madu juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat secara efektif. Madu adalah obat jerawat alami paling ampuh dan juga terbukti, karena adanya kandungan antibacterial yang tinggi didalamnya sehingga membuat madu banyak digunakan oleh orang-orang untuk mengobati jerawat.

  1. Bawang putih

Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga ternyata dapat dijadikan sebagai obat jerawat alami karena memiliki kandungan sulfur yang tinggi di dalamnya. Bawang putih mangandung antioksidan, antivirus, antijamur, dan juga antiseptic yang baik untuk mencegah peradangan pada kulit terutama pada wajah.

  1. Jeruk lemon

Kandungan asam askorbat-L dalam lemon snagat berguna untuk mengatasi peradangan kulit seperti jerawat dan menghilangkan bekas jerawat di wajah.

  1. Lidah buaya

Kandungan utama yang ada di dalam lidah buaya yang berguna untuk menghilangkan jerawat adalah senyawa aktif polifenol.

  1. Alpukat

Alpukat terkenal dengan kandungan vitamin E yang cukup tinggi, sehingga sangat cocok digunakan untuk bahan perawatan kulit terutama pada saat kulit berjerawat.

  1. Mentimun

Buah mentimun sudah lama dikenal sebagai bahan yang baik untuk merawat kulit dan juga tubuh karena memiliki kandungan vitamin A,B dan C di dalamnya yang cukup banyak.

  1. Papaya

Papaya memiliki kandungan enzim papain yang berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati, menghilangkan jerawat, sekaligus mencerahkan wajah.

  1. Tomat

Kandungan vitamin A dan C yang ada didalam buah tomat juga telah teruji manfaatnya sebagai obat jerawat alami sekaligus penambah vitamin bagi wajah.

  1. Kulit jeruk

Bagian kulit jeruk memiliki khasiat yang lebih besar lagi, hal tersebut disebabkan karena adanya kandungan antioksidan dan juga flavonoid yang tinggi.

  1. Putih telur

Putih telur sering kali disebut sebagai obat jerawat yang alami dan juga cukup ampuh, karena  memiliki kandungan enzim lysonzim di dalamnya yang dapat membasmi bakteri penyebab munculnya jerawat.

  1. Cuka Apel
    Pilihan obat jerawat berikutnya adalah cuka apel. Cuka apel mengandung antiseptic yang tinggi dan berguna untuk membasmi bakteri penyebab jerawat.

 

 

Penyebab Munculnya Jerawat Membandel

Selain memahmi cara menghilangi jerawat, Anda juga harus mengatahui apa saja penyebab munculnya jerawat.  Berikut ini merupakan faktor penyebab munculnya jerawat yang membandel, yaitu :

  1. Faktor hormone
  2. Produksi sebum yang berlebihan
  3. Penyumbatan pada folikel rambut
  4. Penyumbatan bakteri sebagai penyebab munculnya jerwat
  5. Masa pubertas
  6. Faktor keturunan atau genetic
  7. Gesekan benda lain pada kulit
  8. Konsumsi obat-obatan
  9. Penggunakan kosmetik yang sembarangan
  10. Kebiasaan merokok
  11. Alergi makanan
  12. Penggunaan produk rambut
  13. Stress

Cara Menghilangkan Jerawat Lainnya :

Selain dengan menggunakan bahan alami di atas untuk mengobati jerawat, ada beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat secara alami lainnya. Salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan dari cara menghilangkan jerawat secara alami ini adalah dengan perbaiki pola makan dan gaya hidup. Karena, pola makan dan juga gaya hidup yang kurang baik, tentunya dapat smenjadi penyebab jerawat timbul tanpa di sadari.

  1. Jangan membiasakan diri menyentuh, atau pun memencet jerawat
  2. Rajin mencuci muka, terutama pada saat setelah berpergian
  3. Lakukan olahraga secara teratur
  4. Biasakan gaya hidup yang sehat
  5. Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas setiap harinya
  6. Kurangi stress
  7. Biasakan lakukan pola makan yang baik dan sehat seperti perbanyak konsumsi sayur dan buah, serta kurangi makanan yang terlalu pedas.