ALSYVA.COM – Dalam menjaga kesehatan tubuh, penting untuk mengontrol kadar asam urat normal apalagi bagi pria. Sebab pria memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami penyakit asam urat ini atau nama lainnya gout yang diakibatkan bisa dari faktor genetis juga pola hidup yang tidak sehat. Kadar asam urat yang tinggi pada tubuh seseorang juga dapat berisiko pada terjadinya penyakit akut seperti halnya batu ginjal hingga terjadinya peradangan pada bagian persendian tubuh.

Asam urat merupakan salah satu zat yang diproduksi oleh tubuh dan normal berada di dalam tubuh manusia. Zat asam urat ini juga dapat diperoleh dari senyawa purin yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan yang tinggi kadar purin seperti jeroan, daging merah, makanan laut seperti ikan sarden, makarel, juga kerang dan kepiting, selain itu senyawa purin yang tinggi juga bisa diperoleh dari minuman beralkohol dan apabila dikonsumsi mampu meningkatkan kadar asam urat dengan signifikan.

Normalnya asam urat pada tubuh akan disaring lalu akan dibuang oleh organ ginjal melalui urin. Namun sayangnya, jika seseorang konsumsi makanan yang tinggi kadar purin secara berlebihan, maka kadar normal asam urat pada tubuh akan segera meningkat secara drastis dan ini menyebabkan organ ginjal pada tubuh akan kesulitan dalam menyaring asam urat tersebut. Akibatnya ialah tidak semua asam urat yang terbuang melalui urin dan mengendap di berbagai bagian tubuh.

Jika asam urat tersebut yang tidak tersaring sudah mengendap, contohnya pada area persendian maka mereka akan mengkristal dan menyebabkan masalah asam urat atau gout ini, sedangkan jika terjadinya pada organ ginjal, pengkristalan tersebut akan berubah menjadi batu ginjal.

Pakar kesehatan mengatakan bahwa kadar normal asam urat seseorang pada pria dewasa ialah 2 hingga 7,5 miligram per desiliter darah (mg/dL). Sementara pria dengan usia diatas 40 tahun maka kadar normal asam uratnya sebanyak 2 hingga 8,5 miligram per desiliter darah. Dan bagi para remaja dengan rentang usia 10 hingga 18 tahun, kadar normal asam uratnya 3,6 hingga 5,5 miligram per desiliter darah.

Daftar Tingkat Normal Asam Urat

Berikut ini daftar mengenai tingkatan normal asam urat seseorang, baik bagi pria maupun wanita :

  • Pria dewasa                                                 : 2 mg/dL – 7,5 mg/dL
  • Wanita dewasa                                            : 2 mg/dL – 6,5 mg/dL
  • Pria berusia diatas 40 tahun                     : 2 mg/dL – 8,5 mg/dL
  • Wanita berusia diatas 40 tahun               : 2 mg/dL – 8 mg/dL
  • Anak laki berusia 10-18 tahun                  : 3,6 mg/dL – 5,5 mg/dL
  • Anak perempuan berusia 10-18 tahun   : 3,6 mg/dL – 4 mg/dL

Lakukanlah pengecekan rutin secara berkala untuk mengetahui tingkat asam urat pada tubuh, apabila telah melewati tingkat normal asam urat maka sebaiknya mulai merubah pola makan dengan mengurangi konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi dan berolahraga. Namun jika tingkat asam urat pada tubuh kurang dari tingkat normal asam urat, maka sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan kadar purin tinggi agar kadar asam urat kembali normal.

Penyebab Asam Urat

Asam urat merupakan produk limbah yang diproduksi selama adanya gangguan kadar normal purin, zat alami yang bisa ditemukan pada berbagai macam makanan seperti jeroan, makanan laut, dan lainnya yang juga merupakan beberapa makanan penyebab asam urat. Normalnya asam urat akan dibuang dalam darah oleh ginjal dan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin, hanya saja karena tingkat asam urat yang berlebih yang menyebabkan tidak terakumulasikan di dalam tubuh yang membuat ginjal tidak dapat bekerja secara maksimal. Kondisi ini dikenal sebagai hyperuricemia, yaitu ketika ginjal mengeluarkan asam urat terlalu sedikit, atau ketika tubuh terlalu banyak dalam memproduksi asam urat.

Tingkat asam urat yang tinggi ini menyebabkan asam urat tersebut menjadi sebuah kristal yang mengendap pada sekitaran area persendian juga jaringan lunak. Kristal urat ini dapat berbentuk jarum yang menyebabkan terjadinya peradangan dan gejala asam urat yang terjadi pada seseorang.

Berikut ini beberapa faktor penyebab asam urat :

  • Riwayat kesehatan keluarga.
  • Berat badan berlebih.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu.
  • Pola hidup yang tidak sehat.
  • Dehidrasi.