Memiliki kulit wajah yang bersih dan juga sehat merupakan impian semua orang. Namun, terkadangan jerawat dapat muncul walaupun sudah membersihkan muka secara teratur. Mmeiliki jerawat dapat membuat Anda menjadi tidak percaya diri. Karena, walaupun kecil, jerawat dapat muncul di bagian yang mudah terlihat oleh orang lain seperti bagian pipi, hidung, dan juga kening.

Penyebab Jerawat di Badan

Jerawat dapat muncul di beberapa area tubuh, mulai dari bagian punggung hingga bagian dada. Penyebab jerawat pada badan juga tidak terlalu jauh dengan jerawat yang sering terjadi di wajah, yaitu karena tubuh Anda mengeluarkan kelenjar minyak yang berlebih, penumpukan sel kulit mati, dan adanya bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Selain itu, alasan mengapa terdapat banyak jerawat pada area dada dan juga punggung adalah karena jaringan kulit pada dada dan juga punggung lebih banyak mengandung sebum dan bakteri penyebab munculnya jerawat di bandingkan dengan bagian tubuh yang lain.

Cara Menghilangkan Jerawat di Badan

Ada banyak cara untuk menghilangkan jeraway di badan yang bisa Anda lakukan, berikut ini merupakan cara menghilangkan jerawat, yaitu :

  1. Ganti sabun mandi

Sabun mandi ultra creamy dengan aroma buah memang terkesan sangat mewah, namun hal tersebut tidak bisa mengatasi masalah jerawat yang ada di tubuh. Anda bisa mengganti sabun mandi Anda dengan sabun yang mengandung asam salisilat (misalnya BHA yang mengelupas laposan permukaan kulit dan juga membuka pori-pori untuk mengeluarkan sebum dan kulit mati), glycolic acid (misalnya AHA yang mengikis lapisan atas sel-sel kulit mati untuk mencegah flek serta menghilangkan tanda kemerahan bekas jerawat), dan asam laktat.

  1. Biasakan mandi setelah berolahraga

Bakteri yang menyebabkan jerawat tumbuh subur di kulit yang berkeringat. Oleh karena itu, penting untuk segera mengganti pakaian setelah olahraga dan mandi.

  1. Menggunakan pakaian yang longgar

Salah satu cara menghilakan jerawat di badan adalah dengan menggunakan pakaian yang longgar dan tidak terlalu ketat. Karena, pakaian yang ketat akan membuat suhu badan menjadi meningkat dan mebuat gesekan pada kulit yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

  1. Gunakan scrub badan sebelum madi

Jika Anda memiliki jerawat atau komedo di badan, maka gunakanlah scrub saat mandi beberapa kali dalam seminggu untuk membantu mengurangi jerawat dan komedo.

  1. Oatmeal

Oatmeal mengandung saponin, bahan pembersih alami yang cocok untuk kulit sensitive. Oatmeal akan membersihkan pori-pori dari kotoran penyebab jerawattanpa menyebabkan iritasi. Campurkan oatmeal yang sudah ditumbuk dengan sedikit air atau madu organic. Gunakan sebagai body scrub. Setelah itu Anda juga bisa mencoba untuk berendam dengan air hangat yang sudah dicampur dengan oatmeal tumbuk. Rendalam ini dapat menenangkan kulit yang berjerawat.

 

 

  1. Baking soda

Baking soda dapat membantu menyeimbangkan  pH kulit, menangkal bakteri penyebab munculnya jerawat secara alami. Gunakan baking soda yang sudah dicampurkan dengan air hingga menjadi pasta yang kental untuk eksfoliasi seluruh tubuh.

  1. Cuka apel

Sifat cuka apel tidak hanya dapat menyeimbangkan pH pada kulit, tetapi juga dapat melawan bakteri penyebab munculnya jerawat dan meredakan inflamasi pada jerawat. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan masker di bagian tubuh yang berjerawt atau mencampurkannya dengan air mandi.

  1. Gunakan garam laut

Pilihlah garam laut untuk bahan alami membuat body scrub. Garam laut dapat membantu menyerap kelebihan minyak yang dapat menyebabkan jerawat. Sedangkan daram meja yang sudah ditambahkan kandungan yodium dapat membuat jerawat menjadi semakin parah.

  1. Scrub lemon dan madu alami

Madu dan lemon memiliki kandungan anti bakteri, sehingga cocok sekali untuk menangkal kuman penyebab munculnya jerawat. Gunakan kedua bahan ini sebagai lulut di tubuh atau campurkan dengan air dingin dan gunakan untuk mandi.