Jerawat pasir atau bruntusan merupakan jerawat yang ditandai dengan adanya bintil kecil yang belum berkembang atau biasa disebut dengan comedonal acne. Jenis jerawat yang satu ini biasanya hampir tidak terlihat, tetapi jika disentuh akan terasa kasar. Bruntusan meliputi hampir segala macam jerawat, yaitu jerawat pastula, komedo putih (whitehead), serta jerawat papula. Ketiga ini berbeda dengan komedo hitam. Komedo hitam biasanya hanya menyumbat pori-pori yang mengalami oksidasi. Sementara itu, jerawat juga mengalami penyumbatan pada area yang sama atau pada lapisan kulit terdalam yang menyebabkan peradangan.

Ciri-ciri Bruntusan

Ciri-ciri jerawat pasir terlihat mirip dengan jerawat biasa yang terkadang hanya muncul 1-2 buah. Walaupun demikian, keduanya cukup berbeda, baik dari ciri-ciri maupun penyebabnya. Bruntusan biasanya disebabkan karena terjadinya  iritasi kulit akibat tekanan pada pori-pori yang berlebihan, panas, dan gesekan pada kulit. Jika kulit mengalami gesekan secara terus-menerus, maka permukaannya akan menjadi kasar dan jerawat pun menjadi semakin berkembang. Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri bruntusan yang membedakannya dengan jerawat pada umumnya, yaitu :

  • Berukuran lebih kecil
  • Memiliki ujung kepala putih yang berisi nanah dan lemak
  • Muncul dalam jumlah yang banyak dan merata pada permukaan kulit
  • Terkadang kulit di sekitarnya berwarna merah karena akibat dari peradangan yang parah.

Selain itu, jerawat pasri juga lebih mudah menyebar di permukaan wajah, teruta,a jerawat pada pipi ataupun dahi. Namun, daerha kemunculan jerawat tidak hanya ada di satu tempat saja. Jenis jerawat ini sangat memungkinkan untuk menyebar ke area kulit lainnya. Terlebih lagi Jika Anda sering memencet jerawat. Karena, kebiasaan ini dapat memicu penyebaran infeksi dan meninggalkan bekas luka dikulit.

Penyebab jerawat pasir

Penyebab jerawat psir ini mengacu pada iritasi kulit akibat dari gesekan dan tekanan yang berlebihan. Kondisi ini biasanya berasal dari barang olahraga atau pakaian yang menggesek kulit. Gesekan dari pakaian dan peralatan tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit.  Jika hal ini terjadi pada kulit yang rawan berjerawat, maka iritasi ini akan memicu munculnya jerawat baru dalam jumlah banyak. Selain itu, bruntusan juga bisa disebabkan karena adanya penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati, minyak, dan bakteri. Pori-pori memiliki fungsi sebagai jalur keluarnya minyak yang dihasilkan oleh kulit dan keringat. Akan tetapi, jalur pori-pori yang meyempot dan tertutup oleh sel kulit mati ini membuat minyak berlebih tidak dapat keluar. Kondisi ini yang bisa menyebabkan kelebihan sebum yang terperangkap dan mengundang bakteri penyebab jerawat untuk berkembang biak. Akibatnya pori-pori yang tersumbatpun menjadi meradang dan menimbulkan munculnya jerawat bernanah.

Faktor yang Memicu Penyumbatan Pori-pori

  1. Perubahan hormone androgen pada saat menstruasi, hamil, dan pada saat masa pubertas yang memengaruhi produksi minyak berlebih.
  2. Stress yang memicu perubahan hormone dan kebiasaan tidur atau makan
  3. Sering meyentuh wajah yang bejerawat dengan tangan kotor
  4. Jarang membersihkan wajah setelah menggunakan mke up
  5. Malas cuci muka.

 

 

Cara menghilangkan jerawat pasir dengan alami

  1. Putih telut

Vitamin B2 yang terkandung pada putih telur, memiliki khasiat yang baik untuk mengatasi jerawat pasor. Karena, vitamin ini merupakan Pereda stress yang sekaligus dapat mencegah jerawat. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan putih telur dari ayam kampong.

  1. yogurt

yogurt merupakan bahan makanan yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun untuk mengatasi jerawat kamu harus menggunakan yogurt tanpa perasa atau plain.

  1. Kentang

Kentang kaya akan vitamin dan juga mineral didalamnya yang bisa membantu menyembuhkan kulit dari jerawat dan juga bekas jerawat.

  1. Madu

Madu memiliki kandungan alami antibiotic yang dapat mencegah munculnya infeksi penyebab munculnya radang pada jerawat, selain itu madu juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

  1. Tomat

Tomat dikenal memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit.