Cara melembapkan kulit wajah harus Anda ketahui, karena untuk mencegah wajah terlihat kusam dan kering. Moisturizer atau pelembap bisa menjadi salah satu pilihan wanita sebagai cara untuk melembapkan kulit wajah yang kering. Udara dingin atau seringnya terpapar AC secara langsung sering kali membuat wajah terasa kering, kasar, kusam, dan juga berkerak. Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha untuk melembapkan kulit. Pelembap wajah memiliki fungsi sebagai pelindung yang menjaga kulit agar tetap terhidarasi dan juga sehat, memperbaiki kulit yang kering, melindungi jenis kulit yang sensitive, serta memperbaiki warna dan juga tekstur kulit.

Pilih pelembap sesuai jenis kulit wajah

Agar perawatan kulit dan pelembap bekerja dengan efektif, oleh karena itu dianjurkan untuk memilih pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, dengan melembapkan kulit wajah secara benar, maka kulit pun akan terlihat cerah dan terasa lembut.

  • Kulit kering

Pilihlah pelembap berbahan dasar minyak (oil based) dan mengandung berbagai bahan yang membantu menjaga kulit agar tetap lembap. Misalnya pelembap yan berbahan dasar petrolatum, pelembap tersebut sangat cocok untuk kulit yang sangat kering atau kulit pecah-pecah. Pelembap yang berbahan asam hialuronat urea, dimethicone, gliserin, dan minyak mineral juga sangat baik untuk melembapkan kulit wajah yang kering.

  • Kulit berminyak

Carilah produk pelembap yang berbahan dasar air (water based) dan berlabel noncomedogenic, hal tersebut agar pelembap tidak menyumbat pori-pori. Pelembap berbahan AHA merupakan salah satu jenis pelembap yang cukup baik untuk jenis kulit wajah berminyak dan rentan berjerawat. Walaupun kulit berminyak, namun tetap membutuhkan pelembap. Terutama setelah menggunakan produk perawatan kulit yang dapat menghilangkan minyak dan juga mengeringkan kulit.

  • Kulit sensitive

Pilihlah pelembap yang mengandung bahan-bahan seperti chamomile atau lidah buaya dan tidak mengandung zat yang dapat membuat kulit menjadi iritasi kulit seperti asam, memiliki bau/wangi, atau pewarna. Pelembap yang berlabel hypoallergenic juga bisa menjadi pilihan yang tepat, karena dianggap berisiko lebih kecil untuk menimbulkan reaksi alergi dan juga iritasi pada kulit.

  • Kulit menua

Seiring dengan bertambahnya usia, maka kulit semakin cenderung menjadi terasa lebih kering karena produksi minyak yang semakin berkurang. Oleh karena itu, gunakan pelembap yang berbasis minyak yang mengandung petrolatum, antioksidan, atau AHA untuk mencegah munculnya keriput.

  • Kulit normal

Pilih pelembap yang memiliki bahan dasar air dan tidak terasa minyak serta mengandung minyak ringan atau turunan silicon seperti cyclomethicone.

 

Cara Melembapkan Wajah

Cara melembapkan kulit wajah ternyata tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tahap-tahap yang dapat Anda lakukan agar pelembap bekerja dengan maksimal di kulit Anda. Apa sajakah itu?

  • Cuci wajah

Bersihkan kulit wajah dengan menggunakan air bersih dan sabun wajah. Hal ini sangat pnting karena  untuk membersihkan dan juga menghapus riasan wajah/make up, kotoran debu akibat polusi udara, serta keringat yang menumpuk.

  • Segera mengoleskan pelembap

Oleskan pelembap setelah mencuci wajah, yaitu kurang lebih dari 2-3 menit setelah mencuci wajah. Pada kondisi ini, pelembap akan terserap oleh kulit dengan lebih baik dan juga dapat membantu untuk mengunci air pada kulit.

  • Menjaga kebersihan tangan

Usapkan sejumput pelembap ke area wajah seperti pipi, dahi, dagu, dan juga area hidung dengan tangan dan jari yang sudah bersih. Hal ini berguna untuk mencegah masuknya kotoran dan juga bakteri, serta penyumbatan pori-pori.

  • Memijat wajah

Pijat wajah Anda agar pelembap teraplikasikan dengan rata dan terserap sempurna di kulit.

  • Hindari langsung menggunakan make up

Tunggu selama beberapa menit, atau minimal 2 menit agar pelembap kering dan terserap oleh kulit, sebelum mengaplikasikan make up ke wajah.

  • Lindungi wajah dari sinar matahari

Paparan sinar matahari langsung dalam jangka panjang dapat membuat kulit wajah Anda menjadi kusam, kering, dan mudah keriput. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan tabir surya dan juga cari tempat berlindung untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung pada saat beraktivitas di luar rumah.

  • Hindari mandi air panas

Mandi air panas yang dilakukan terlalu sering dan lama ternyata tidak baik untuk kesehatan kulit wajah. Suhu panas dapat merusak kulit wajah sehingga dapat membuat kulit menjadi tampak kering dan juga kusam. Batasi waktu mandi hingga 10 menit dan pilihlah sabun yang tidak membuat iritasi kulit.

  • Gaya hidup sehat

Tidak hanya penting untuk mencegah penyakit, akan tetapi gaya hidup sehat juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan dan juga kelembapan kulit. Hindari rokok, minuman beralkohol, dan tidur yang cukup minimal 8-9 jam setiap harinya, konsumsi asupan bergizi dan air putih, serta mengurangi stres merupakan salah satu langkah penting sebagai cara melembapkan kulit wajah secara alami.

Dianjurkan untuk tidak mengoleskan pelembap yang terlalu banyak atau terlalu sedikit. Mengapa? Karena jika terlalu banyak, kulit akan terlihat mengkilap dan terasa berat, sehingga dapat menyebabkan jerawat, dan membuat Anda menjadi kesulitan untuk mengaplikasikan make up. Sedangkan jika menggunakan pelembap yang terlalu sedikit, kulit akan terasa kencang, kering, berkerak, pecah-pecah, dan terlihat kusam. Oleh karena itu penting untuk Anda menggunakan pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.