Memiliki jerawat yang meradang tentunya sangat mengganggu penampilan, jerawat berwarna merah diawali ketika sebum sudah melewati dinding folikel kulit. Di dalam pori-pori, sebum bercampur dengan sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Hal ini dapat membuat bakteri jerawat menjadi berkembang, dan sisa radikal bebas merusak jaringan, sehingga menyebabkan warna kemerahan pada kulit. Jika jerawat tidak berubah menjadi infeksi, maka nantinya kemerahan ini dapat hilang dengan sendirinya.

cara mengatasi jerawat meradang yang mengganggu

  1. Kompres dengan menggunakan es batu

Jika Anda ingin segera menghilangkan jerawat, Anda bisa mencoba untuk mengompres jerawat dengan menggunakan es batu. Mengompres jerawat dengan es batu bisa menjadi cara cepat agar jerawat tidak lagi meradang. Setelah Anda mengompres menggunakan es batu, Anda bisa mendiamkan beberapa menit dan ulangi lagi hingga kemerahan pada jerawat mereda. Namun, pada saat mengomores dengan menggunakan es batu, pastikan Anda tidak mengompresnya dengan kencang karena hal tersebut dapat melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian ini.

  1. Menggunakan pasta gigi

Banyak orang yang berpendapat jika pasta gigi bisa dapatmenghilangkan jerawat karena memiliki kandungan silica. Silica ini merupakan zat aktif yang bisa membantu mengeringkan jerawat. Namun, apabila Anda memilih menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat, maka hindari menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan mentol. Karena, bahan ini dapat membuat kulit menjadi iritasi dan meyebabkan munculnya jerawat. Namun, tidak semua orang bisa menggunakan pasta gigi, seperti orang-orang yang memiliki kulit sensitive. Bahan-bahan yang ada di dalam pasta gigi dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Menggunakan aspirin

Aspirin dapat mengurangi kemerahan yang terjadi di jerawat. Aspirin memiliki kandungan asam salisilat yang bisa mengelupas sel kulit mati serta mengurangi peradangan. Agar bisa menghilangkan jerawat dengan cepat, Anda bisa menggunakan aspirin dengan cara membelahnya menjadi dua, kemudia dihaluskan hingga menjadi bubuk dan beri sedikit air hangat hingga menjadi pasta, kemudia oleskan tepat pada jerawat yang sedang meradang.

 

Cara menghilangkan bekas jerawat meradanga

Setelah peradangan pada jerawat bisa diatasi, hal berikutnya yang mengganggu adalah bekas jerawatnya. Untuk menghilangkan bekas jerawat yang meradang, Anda tidak boleh melakukan perawatan yang sembarangan. Ada beberapa cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat dan minim efek samping, yaitu :

  1. Gunakan madu

Madu menjadi salah satu bahan rumahan yang memiliki mnafaat menunjang kesehatan tubuh. Madu akan sangat membantu mencegah bibir kering, serta panas dalam dan juga dapat meningkatkan imun tubuh. Bukan hanya itu, namun madu juga sangat baik sebagai penghilang bekas jerawat. Madu memiliki manfaat mengurangi terbentuknya jaringan parut pada luka. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu adalah dengan mengoleskan madu pad aarea yang memiliki bekas jerawat.

  1. Gunakan baking soda

Baking soda mampu bekerja dengan aktif untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga hal tersebut dapat membuat baking soda dapat mengurangi bekas jerawat. Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan mencapurkan baking soda dan air hingga berubah menjadi pasta, kemudian oleskan pada bekas jerawat. Tetapi, setelah menggunkana baking soda, Anda disarankan untuk menggunakan pelembab, agar kulit Anda tidak menjadi kering. Gunakan masker baking soda ini tidak lebih dari 10-15 menit agar kulit Anda tidak terlalu mongering.

  1. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit. Untuk kulit, kandungan dari lidah buaya ini bisa menyamarkan bekas jerawat dan mencerahkan area wajah yang gelap.