Jerawat pasir merupakan jenis jerawat yang ukurannya kecil, namun muncul dengan jumlah yang cukup banyak. Tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu, jerawat pasir ini juga mungkin bisa saja menurunkan rasa kepercayaan diri orang yang mengalaminya. Berikut ini merupakan cara mengatasi jerawat pasir secara alami.

Jerawat, termasuk jerawat pasir merupakan masalah kulit yang cukup sering terjadi. Jerawat pasir biasanya tampak berupa bitnik-bintik kecil atau beruntusan di kulit. Jerawat ini muncul akibat pori-pori yang tersumbat oleh minyak alami kulit atau sebum yang berlebih, sel kulit mati, bakteri dan kotoran.

Jerawat pasir pada umumnya terbentuk dari komedo putih dan dapat menyerupai biang keringat atau papula. Meskipun jarang, namun jenis jerawat ini juga bisa berupa pastula atau jerawat bernanah. Munculnya jerawat pasir dapat disebabkan karena berbagai macam hal, misalnya karena sering berkeringat, kulit wajah yang berminyak, gangguan hormone, pubertas, dan stress.

Cara mengatasi jerawat pasir secara alami

Munculnya jerawat pasir, terutama di wajah, tentunya akan mengganggu penampilan dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Jerawat pasir biasanya dapat menghilang dengan sendirinya. Namun, untuk mengatasi jerawat pasir yang mengganggu, Anda bisa melakukan hal berikut ini :

  • Mencuci wajah dengan sabun pembersih muka yang tidak mengandung alcohol di dalamnya
  • Gunakan obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida, teatree oil, dan belerang
  • Keringkan kulit wajah saat berkeringat atau berminyak
  • Hindari mneyentuh atau memencet jerawat

BACA JUGA : Cara Mengatasi Jerawat Meradang Yang Mengganggu

 

Selain dengan cara diatas, cara mengatasi jerawat pasir secara alami lainnya adalah :

  • Kentang

Kentang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat pasir. Hal ini disebabkan karena kentang mengandung vitamin dan juga mineral. Keduanya mampu untuk mengatasi masalah jerawat, termasuk jerawat pasir.

  • Madu

Kandungan alami yang ada di dalam madu seperti antibiotic mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat. Antibiotic ini pun bisa berfungsi memudarkan bekas jerawat. Oleh karena itu, madu kerap kali dimanfaatkan untuk menghilangkan  jerawat pasir.

  • Putih telur

Putih telur bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat pasir. Manfaat ini berasa dari kandungan enzim lysosome di dalam putih telur yang dapat memusnahkan bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga dapat mengangkat debu dan sel-sel kulit mati sehingga bisa mencegah timbulnya jerawat.

  • Mentimun

Mentimun mengandung kadar air yang tinggu dan juga memiliki vitamin A,B dan C. selain itu timun juga mengandung mineral yaitu magnesium, kalium, mangan, dan silica.

  • Tomat

Selain mentimun, tomat juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat pasir. Cara ini pun terbilang cepet dan mudah. Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan dan kecantikan.

  • Baking soda

Jerawat pasir dan bekasnya bisa di atasi dengan baking soda. Baking soda mengandung Kristal sodium bicarbonate yang memiliki fungsi untuk mengelupas kulit mati pada saat digunakan sebagai scrub.

  • Lidah buaya

Lidah buaya yang mengandung antioksidan, mineral dan juga VITAMIN C dan E menjadi salah satu cara untuk  mengatasi jerawat pasir secara alami yang sering digunakan orang-orang. Gunakan gel dari lidah buaya sebagai masker kemudian biarkan mengering dan bilas dengan air.

Selain gelnya, daun Lidah buaya juga mengandung senyawa aktif, yaitu polifenol. Polifenol berguna sebagai anti-bakteri. Jadi tidak heran kalau banyak yang memanfaatkannya untuk menghilangkan jerawat pasir.

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis punya kandungan senyawa alami Alpha Hydroxy Acid (AHA). Kandungan ini dipercaya bisa membantu menghilangkan jerawat pasir. Hanya saja ketika diterapkan pada wajah tak mendinginkan. Beberapa orang akan merasakan perih luar biasa dan tidak nyaman.