Salah satu jenis jerawat yang cukup mengganggu adalah jerawat batu. Jerawat batu biasanya disebabkan karena adanya infeksi yang terjadi pada lapisan lebih dalam dan kondisi peradangan yang lebih arah dari jerawat biasa. Hal ini tentunya dapat menyebabkan jerawat batu menjadi lebih besar, lebih keras dan lebih susah dihilangkan. Sering kali jerawat batu muncul tanpa mempunyai punca atau mata jerawat. Hal inilah yang menyebabkan jerawat semakin matang dan kian sulit untuk mengempeskan jerawat batu tersebut. Namun, Anda dapat melakukan beberapa cara mengempeskan jerawat batu tanpa ke klinik kecantikan.

  1. Pemberian salep dan krim

Dikutip dari Medical News Today, bahwa penggunaan krim atau salep yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur dapat mengempeskan jerawat batu.

  1. Kompres hangat

Kompres hangat memiliki fungsi melunakkan permukaan bitnil jerawat. Hal ini bisa menjadikan  nanah dapat muncul ke area permukaan kulit sehingga jerawat batu dapat lebih cepat sembuh.

  1. Kompres es

Cara mengempeskan jerawat batu lainnya adalah dengan kompres dingin menggunakan es pada permukaan jerawat.cara ini dilakukan untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri pada jerawat batu.

  1. Pembersih yang bukan sabun

Sejumlah temuan dari beberapa penlelitian telah menyebutkan bahwa pembersih nonsabun lebih baik dalam mengobati jerawat apabila dibandingkan dengan sabun yang tradisional.

  1. Pemberian minyak tea tree

Sebuah studi pada tahun 2007 telah menunjukkan bahwa tea tree oil sangat efektif 3,5 kali dalam mengurangi jumlah lesi jerawat dan 5,75 kali lebih efektif dari efek placebo dalam mengurangi tingkat peradangan pada jerawat.

 

Cara menghilangkan jerawat batu

  1. Lidah buaya

Lidah buaya mempunyai banyak sekali manfaat, salah satunya adalah untuk menghilangkan jearawat batu. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu, kemudian Anda dapat mengoleskan gelnya kepada seluruh wajah.

  1. Menggunakan papaya

Papaya memiliki vitamin C yang tinggi dan sangat berguna untuk kesehatan klit wajah dan bagian kulit lainnya. Yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan papaya sebagai masker.

  1. Menggunakan jeruk nipis

Cara menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan jeruk nipis adalah salah satu cara yang cukup efektif. Hal ini disebabkan karena jeruk nipis memiki vitamin C yang sangat tinggi. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda hanya perlu rutin melakukan perawatan dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya adalah mengoleskan cairan jeruk nipis ke wajah.

  1. Gunakan bawang putih

Pada umumnya cara menghilangkan jerawat batu hampir sama dengan cara menghilangkan jerawat pada biasanya. Perbedaannya hanyalah terdapat pada seberapa lama perawatan tersebut dilakukan. Bawang putih bisa digunakan hanya dengan cara mengoleskannya pada bagian yang ditumbuhi jerawat . kemudian tunggu beberapa menit, lalu bilas. Bawang putih memiliki anti oksidan yang tinggi. Sehingga dapat membunuh bakteri yang ada pada jerawat.

  1. Menggunakan mengkudu atau pace

Mengkudu merupakan tanaman obat yang mudah sekali ditemukan. Mengkudu memiliki anti oksidan tinggi yang dapat membantu menyembuhkan jerawat. Caranya, dengan membuat mengkudu menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta mengkudu pada jerawat batu, dan tunggu beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

  1. Madu

Madu sangat mempunyai banyak manfaat untuk perawatan wajah, termasuk dalam perannya untuk menghilangkan jerawat. Kini sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan utamanya. Cara menggunkannya pun sangatlah mudah, hanya dengan mengoleskannya di wajah menjadi masker.

  1. Menguap wajah

Jerawat batu biasanya terjadi karena minyak yang berlebih pada wajah. Cara menghilangkan jerawat batu dengan menguap wajah. Caranya adalah Anda hanya perlu menyiapkan air hangat, diambkan posisi wajah di atas air selama beberapa menit, kemudia cuci wajah dengan air dingin. Cara ini berfungsi untuk membuka pori-pori yang menyimpan minyak berlebihan dan mengeluarkannya, dan kemudian di tutup kembali dengan bilas air dingin.