Bukan hanya merusak penampilan, kehadiran jerawat di wajah juga bisa merusak kondisi kulit untuk waktu yang cukup lama. Itulah sebabnya mengapa kita tidak bisa sembarangan dalam menangani benjolan kecil ini a.k.a jerawat. Tahap pertama dalam proses menghilangkan jerawat adalah dengan mengempiskannya terlebih dahulu. Jerawat yang langsung dipencet ketika sedang meradang tentunya meninggalkan luka yang mendalam pada kulit. Berikut ini merupakan cara mengempeskan jerawat yang bisa Anda lakukan dirumah :

  1. Cara mengempeskan jerawat dengan kompres sari lemon

Buah lemon mengandung disinfektan yang bisa menyembuhkan iritasi dan juga radang pada kulit. Cara mengempeskan jerawat dengan lemon ini sangatlah mudah, yaitu :

  • Bersihkan wajah dengan menggunakan facial wash
  • Peras setengah lemon dan tambahkan sedikit air agar tidak terasa perih pada saat terkena kulit
  • Oleskan ramuan lemon ini pada spot jerawat
  • Tunggu hingga semalaman
  • Bilas wajah dengan menggunakan air hangat keesokan harinya
  1. Cara mengempeskan jerawat menggunakan madu

Madu merupakan bahan alami serbaguna yang dapat menye,buhkan beragam masalah kesehatan, slaah satunya adalah penyakit kulit.

Dengan mengoleskan madu pada kulit wajah dapat membuka pori-pori julit yang tersumbat dan juga dapat mencukupi kadar hidrasi yang dibutuhkan. Gunakanlah madu alami untuk mengempeskan jerawat. Caranya sangatlah mudah, hanya dengan mengoleskan madu pada spot jerawat dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

  1. Cara mengempeskan jerawat dengan es batu

Daripada memencet jerawat dan menyebabkan peradangan kulit yang semakin parah, lebih baik kompreslah jerawat dengan menggunakan es batu. Karena, efek dingin pada kulit akan mengurangi pembengkakan secara alami.

 

BACA JUGA : Manfaat Pinus Merah Korea Untuk Kecatikan dan Kesehatan

 

  1. Cara mengempeskan jerawat dengan cuka apel

Cuka apel memiliki beragam manfaat, salah satunya adalah untuk mengempeskan jerawat. Jenis cuka apel yang digunakan untuk meredakan jerawat meradang adalah toner cuka apel. Kandungan ACA (Alpha Hydroxy Acid) dan asam malat yang ada di dalam toner cuka apel berperan sebagai anti-bakteri yang dapat mengempeskan sekaligus menghilangkan luka jerawat.

  1. Cara mengempeskan jerawat dengan bubuk kayu manis dan madu

Cara mengempeskan jerawat dengan cepat dan alami adalah dengan meracik ramuan kayu manis dan madu. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kandungan aktif di dalam madu dapat mengempeskan jerawat. Jika dipadukan dengan kayu manis yang mangandung sifat antiinflamasi, tidak hanya mengempiskan, namun jerawat dijamin hilang di pagi harinya. Caranya juga sangat mudah :

  • Campurkan bubuk kayu manis dengan sedikit madu lalu aduk sampai membentuk pasta kental
  • Oleskan ramuan pada spot jerawat dan diamkan selama semalam
  • Bilas wajah dengan menggunakan air hangat di pagi hari
  1. Cara mengempeskan jerawat dengan menggunakan teh hijau

Teh hijau memiliki beragam macam kandungan yang berkhasiat baik untuk kesehatan kulit. Tanin dan flavonoid di dalamnya memiliki fungsi untuk melawan peradangan dan juga bakteri penyebab jerawat. Berikut ini merupakan cara mengempeskan herawat dengan menggunakan teh hijau :

  • Rebus daun teh hijau sampai mendidih selama kurang lebih 4 menit
  • Setelah berubah warna, tiriskan selama kurang lebih 10 menit
  • Oleskan ramuan teh hijau tersebut pada area wajah yang berjerawat
  • Diamkan selama 10 menit
  • Bilas wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih
  1. Cara mengempeskan jerawat dengan tea tree oil

Tea tree oil merupakan bahan alami yang diolah dari pohon melaleuca alternifolia. Minyak yang satu ini sangat terkenal dengan khasiatnya yang dapat menyembuhkan beragam macam penyakit, mulai dari yang ringan hingga penyakit yang akut. Oleskanlah minyak tea tree pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama semalaman. Kemudian, bilas wajah dengan menggunakan air hangat sampai bersih keesokan harinya.