Jerawat merupakan penyakit peradangan kronis dari kelenjar pilosebasea yang ditandai dengan adanya komedo, papul, kista, dan pustula. Selain wajah, jerawat dapat tumbuh atau timbul di bagian tubuh lain, seperti bahu, lengan atas, dada, hingga punggung. Ketika muncul di wajah, jerawat sering kali tidak hanya dapat menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman, tapi juga dapat menciutkan rasa percaya diri. Pada penanganan yang salah, jerawat bahkan bisa saja membuat wajah menjadi kusam dan bahkan diwarnai noda hitam, termasuk bopeng-bopeng. Perwatan jerawat secara konvensional dapat dilakukan, tapi terkadang mahal dan seringkali memiliki efek samping yang tidak diinginkan, seperti kulit yang terasa kering, kemerahan dan juga timbulnya iritasi. Hal ini juga telah mendorong banyak orang untuk mencari cara mengobati jerawat secara alami. Berikut ini merupakan cara menghilangi jerawat dengan ampuh , yaitu :

  1. Oleskan cuka apel

Cuka apel biasanya dibuat dengan cara melumatkan apel dan memeras cairannya. Setelah cairan apel ini didapat, nantinya akan dimasukkan bakteri dan ragi untuk memulai proses fermentasi alcohol. Seperti jenis cuka lainnya, cuka apel telah dikenal karena kemampuannya dapat melawan banyak jenis bakteri dan virus. Cuka apel mengandung beberapa asam organic yang telah terbukti dapat membunuh bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat. Secara khusus, asam suksinat dalam cuka apel telah terbukti dapat menekan peradangan yang disebabkan oleh P. acnes dan dapat mencegah munculnya jaringan perut.

  1. Konsumsi makanan sumber seng

Zinc atau seng merupakan nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan sel, produksi hormone, metabolism, dan fungsi kekebalan tubuh. Penggunaan nutrisi ini juga termasuk salah satu perwatan alami untuk jerawat yang banyak dilakukan. Selain makanan yang mengandung seng tinggi, konsumsi seng dalam bentuk suplemen juga dapat dilakukan. Dosis optimal seng untuk menyembuhkan jerawat belum ditetapkan, namun beberapa penelitian telah menunjukkan pengurangan signifikan jerawat menggunakan 3-45 mg unsur seng per hari. Sementara, untuk batas atas asupan seng yang direkomendasikan aman adalah 40 mg per hari.

 

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah

 

  1. Oleskan masker madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis merupakan sumper antioksidan yang sangat baik. Studi telah menemukan bahwa menerapkan antioksidan pada kulit lebih efektif dalam mengurangi jerawat dari benzoil peroksida dan retinoid. Antioksidan yang diteliti adalah vitamin B3, asam lemak linoleate (omega-6) dan natrium ascorbyl fosfat (SAP), yang merupakan turunan vitamin C. antioksidan spesifik ini tidak ditemukan dalma madu dan kayu manis, tetapi ada kemungkinan bahwa antioksidan lain yang terkandung di dalam dua bahan alami tersebut memiliki efek yang sama. Madu dan juga kayu manis memiliki sifat antibakteri dan dapat mengurangi peradangan, yang merupakan dua faktor yang memicu jerawat. Meski madu dan kayu manis terbukti memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang bermanfaat bagi kulit berjerawat.

  1. Oleskan tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah minyan esensial yang diperolah dari hasil esktrasi daunt eh (melaleuca). Tea tree oil sudah dikenal karena kemampuannya  untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan pada kulit. Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa dnegan mengoleskan tea tree oil 5 persen ke kulit secara efektif dapat mengurangi jerawat.

  1. Oleskan teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi, dan meminumnya dapat meningkatkan kesehatan. Memang belum ada penelitian yang mengungkap manfaat dari minum teh hijau ketika timbul jerawat, tetapi menerapkannya langsung ke kulit telah terbukti dapat membantu. Hal ini terjadi kemungkinan karena flavonoid dan tannin dalam teh hijau diketahui membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat. Antioksidan utama dalam teh hijau, yakni epigallocatechin-3-gallate (EGCG) telah terbukti dapat mengurangi produksi sebum, melawan peradangan dan mngahmbat perubahan bakteri P. acnes pada individu dnegan kulit yang cenderung berjerawat.

  1. Oleskan witch hazel

Witch hazel merupakan tanaman yang memiliki nama latin hamamelis virginiana. Witch hazel mengandung tanin, yang memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi yang kuat.

  1. Oleskan lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman tropis yang daunnya menghasilkan gel bening. Gel lidah buaya selama ini sering ditambahkan lotion, krim, salep dan sabun. Ketika digunakan pada kulit, gel lidah buaya ini dapat membantu menyembuhkan kuka, mengobati luka bakar, dan melawan peradangan. Lidah buaya ini mengandung asam salisilat dan sulfur, yang keduanya juga digunakan secara luas dalam pengobatan jerawat.