Bruntusan merupakan kondisi kulit yang paling banyak dan tentunya sering dialami oleh banyak orang. Dalam dunia medis, bruntusan dikenal dengan whitehead. Bruntusan ini merupakan jenis jerawat yang terbentuk pada saat sel kulit mati, minyak, dan bakteri terperangkan di dalam pori-pori. Bruntusan tentunya sangat menyebalkan dan juga mengganggu penmampilan wajah. Tidak hanya itu, bruntusan juga dapat berkembang pada saat-saat terburuk. Dilansir dari Medical News Today, para peneliti kini masih mengeksplorasi penyebab pasti munculnya jerawat, tetapi perubahan yang terjadi pada kadar hormone juga memiliki dampak pada kondisi ini. Fluktuasi ini tentunya dapat terjadi karena pubertas, menstruasi, kehamilan, atau bahkan bisa juga disebabkan karena seseorang telah menyelesaikan kontrasepsi oral. Penyebab lainnya merupakan karena kelebihan produksi sebum, yaitu suatu zat berminyak yang melindungi kulit. Faktor risiko tambahan lainnya adalah karena penggunaan kosmetik dan produk wajah tertentu, menggunakan pakaian ketat, kelembapan tinggi, serta karena keringat.

Bagaimanakah cara menghilangkan bruntusan di wajah?

Apabila Anda sedang mengalami kondisi bruntusan, maka Anda tidak perlu khawatir. Karena, Anda dapat menghilangkannya. Berikut ini merupakan cara menghilangkan bruntusan di wajah, yaitu :

  1. Melakukan pengobatan dirumah

Pengobatan rumah merupakan pilihan yang paling mudah dan juga tidak memakan banyak biaya. Beberapa pengobatan di rumah yang bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan di wajah adalah, madu, teh hijau, lemon, tomat, es batu, oatmeal, atau bisa juga menggunakan putih telur. Namun, tidak semua pengobatan rumahan dapat digunakan untuk menghilangkan bruntusan, karena dapat membuat kulit menjadi iritasi. Seperti :

  • Cuka apel atau jus lemon mungkin terlalu asam untuk kulit yang sensitive
  • Soda kue, karena terlalu keras untuk kulit
  • Kristal gula, Karena dapat memperburuk peradangan
  1. Menghilangkan bruntusan di wajah dengan bahan alami

Seiring dengan berjalannya waktu, pengobatan alami menjadi pengobatan yang cukup popular sebagai pengobatan alternative kulit. Namun, pengobatan alami ini juga tidak boleh digunakan secara sembarangan. Anda tetap harus memperhatikan produk dengan hati-hati. Berikut ini merupakan pengobatan alami yang dapat Anda pilih, yaitu :

  • Krim vitamin A

Kirimvitamin A merupakan nutrisi dengan sifat antioksidan yang kuat. Dalam kesehatan kulit, vitamin A memiliki potensi untuk mengurangi kemerahan dan juga peradangan. Dan di sisi lain vitamin A juga dapat mempromosikan pertumbuhan sel yang sehat.

  • Tea tree oil

Tea tree oil disebut juga sebagai antiinflamasi alami, yang mempunyai manfaat antimikroba. Dengan efek tersebut, tea tree oil dapat membantu membersihkan bruntusan.

 

Baca Juga : Cara Menghilangi Jerawat

 

  • Aloe vera

Lidah buaya merupakan bahan nabati lain. Sama dengan tea tree oil.

  • Witch hazl

Berasal dari tanaman berbungan dengan nama yang sama, witch hazel dapat membantu menyembuhkan jerawat dengan kualitas astringent yang dapat membuka pori-pori.

Witch hazel paling nyaman digunakan dalam bentuk astringent. Anda hanya cukup dengan menuangkan witch hazel pada kapas, kemudia tempelkan pada area bruntusan dan Anda dapat melakukannya dengan dua kali sehari.

  1. Menghilangkan bruntusan di wajah dengan obat bebas

Selain dengan menggunakan produk perawatan kulit di atas, Anda juga dapat menghilangkan bruntusan dengan obat atau produk yang dijual bebas dipasaran tanpa harus menggunakan resep. Namun, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan obat ini, karena menggunakan produk jerawat teralalu banyak dapat membuat kulit menjadi kering. Bukan hanya itu, produk ini juga dapat memakan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan efeknya secara penuh. Berikut ini merupakan obat yang dapat Anda gunankan menghilangkan bruntusan di wajah, yaitu :

  • Benzoyl peroxide : obat ini dapat membantu baik sebagai perawatan pada spot area tertentu atau bisa juga digunakan secara penuh di wajah. Obat ini dapat membantu untuk menyingkirkan bakteri dan minyak berlebih.
  • Salicylic acid: Salicylic acid juga bisa Anda gunakan untuk mengurangi produksi minyak pada pori-pori. Salicylic acid juga dapat mengeringkan permukaan kulit dan menyingkirkan sel-sel kulit mati penyebab pori-pori tersumbat.
  • Krim retinoid: Retinoid mengandung versi vitamin A yang cukup lebih kuat. Ketika digunakan sebagai bagian perawatan krim sehari-hari, retinoid bisa memberikan manfaat antipenuaan saat membersihkan pori-pori.