Mempunyai wajah yang halus dan bebas dari bruntusan memang menjadi idaman banyak orang. Namun, bagaimana jika wajah Anda tiba-tiba mengalami bruntusan?

Wajah yang sedang mengalami bruntusan tentunya membuat penampilan menjadi tidak percaya diri. Bruntusan sendiri juga bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Akan tetapi umumnya bruntusan disebabkan oleh alergi, cauaca, polusi udara, infeksi, bahan kimia atau pada saat kulit wajah sedang melakukan pengobatan tertentu. Selain menyebabkan wajah menjadi gatal dan juga  kemerahan, bruntusan juga bisa membuat penampilan wajah menjadi tidak mulus lagi. Belum lagi bruntusan dapat menyebabkan bekas luka yang tidak mudah hilang apabila di garuk. Bahkan, jika menggaruk area bruntusan dapat menyebabkan kulit menjadi infeksi. Nah, agar bruntusan pada wajah tidak semakin parah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini merupakan cara menghilangkan jerawat bruntusan dalam semalam, yaitu :

  1. Es batu

Menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam bisa Anda lakukan dengan menggunakan es batu. Sensasi dingin dari es batu bisa mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan akibat bruntusan. Cara ini juga umumnya digunakan untuk mengempeskan bruntusan dan mengurangi kemerahan yang disebabkan karena jerawat. Karena masalah wajah bruntusan tidak separah jerawat, penggunaan es batu termasuk cara yang ampuh untuk menyembuhkan jerawat dalam semalam.

  1. Madu

Sejak dahulu kala madu memang dikenal luas mempunyai berbagai macam manfaat yang baik bagi kesehatan dan juga kecantikan. Madu sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang kusam dan juga jerawat. Nah ternyata madu juga ampuh untuk mengatasi bruntusan dalam semalam. Cara sedeherhana yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan madu murni secukupnya pada wajah yang sudah dubersihkan sebelumnya. Biarkan mongering dan kemudian langsung bilas dengan air bersih.

  1. Tomat

Buah-buahan yang sering dijadikan jus ini ternyata memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan dan juga kecantikan. Kandungan gizi tomat dapat mengatasi masalah mata minus. Namun, tidak hanya untuk itu, tomat juga ampuh untuk mengatasi bruntusan di wajah. Caranya adalah dengan menghaluskan tomat dengan cara di belender kemudian dijadikan untuk masker waja. Setelah kering Anda bisa langsung membilasnya dengan air bersih.

  1. Lemon dan putih telur

Walaupun lemon sangat asam jika dimakan, tetapi ternyata lemon memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan dan juga kecantikan. Lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan bruntusan pada wajah dalam semalam. Caranya adalah dengan mencampurkan lemon dan putih telur terlebih dahulu, kemudian oleskan secara merata pada wajah. Biarkan hingga mongering dan kemudian bersihkan wajah dengan air bersih.

 

BACA JUGA : Cara Mengatasi Jerawat Pasir Secara Alami

 

 

  1. Teh hijau

Banyak sekali orang yang mengonsumsi teh hijau untu mendapatkan tubuh yang langsing dan sehat. Namun, ternyata manfaat teh hijau tidak hanya untuk melangsingkan badan, akan tetapi teh hijau juga bisa menghilangkan bruntusan pada wajah dalam semalam. Hal ini bisa terjadi karena, kandungan anti oksidan dalam teh hijau dapat menyembuhkan kulit wajah yang bermasalah.

  1. Lidah buaya

Dengan memberikan efek yang dingin, lidah buaya mampu meredakan rasa gatal akibat bruntusan. Lidah buaya yang kaya akan vitamin E ini, mampu mnegatasi luka bakar dan gatal yang disebabkan karena iritasi. Cara melakukannya adalah dengan mengaplikasikan gel lidah buaya di area yang gatal. Kemudian bilas dengan air dingin.

  1. Minyak cengkeh

Anda bisa menemukan minyak cengkeh di salon atau tempat SPA. Carilah sebotol kecil minyak cengkeh. Minyak ini mengandung bahan eugenol yang bisa mempu mengatasi rasa gatal dan menenangkan kulit. Sebelum mengoleskan ke wajah, ada baiknya minyak cengkeh ini dicampurkan dengan sedikit ait terlebih dahulu.