Jerawat merupakan salah satu gangguan kulit yang biasa muncul pada wajah, umumnya jerawat dapat hilang tanpa di obatai secara khusus. Tapi untuk mempercepat prosesnya, tidak ada aslahnya kita mencari tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat secara tepat. Jerawat sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab munculnya jerawat agar dapat menentukan bagaimana langkah yang tepat untuk menghilangkannya.

Apa itu jerawat?

Jerawat merupakan gangguan kesehatan kulit yang pada umumnya muncul pada wajah, jidat, dada, dan punggung. Biasanya keluhan-keluhan ini dapat terjadi pada remaja yang sedang memasuki masa puber. Pada saat memasuki masa pubertas, perubahan hormone yang terjadi di dalam tubuh mendorong tumbuhnya folikel rambut. Ketika folikel tersebut ditempeli kelenjar minyak yang disebut sebaceous oil, maka ia akan tersumbat dan menimbulkan komedo, papule, serta jerawat.

Tapi jerawat juga dapat timbul karena faktor-faktor lain. Jadi walaupun ia secara alami dapar hilang dengan sendirinya, namun untk beberapa kasus di mana jerawat sudah terlalu parah, Anda tetap perlu mengatasinya dengan berkonsultasi secara khusus kepada ahlinya.

Bagaimana bisa munculnya jerawat?

Selain dari folikel rambut yang tersumbat, penyebab jerawat yang lainnya adalah karena kelebihan minyak atau sebum yang di produksi oleh sel-sel kulit. Umumnya minyak ini berfungsi untuk melindungi kulit, namun jika jumlah berlebihan akan membuat pori-pori menjadi tersumbat. Prosesnya kurang lebih seperti, pori-pori tersumbat lama kaelamaan akan membesar. Jika  ia tertutupi lapisan kulit yang tipis atau terkena udara, maka ia akan terlihat seperti komedo putih. Banyaknya kotoran yang menumpuk lama dapat menyebabkan ia berubah mnejadi komedo yang berwarna hitam. Komedi hitam yang tidak di atasi akan membuat  folikel terus membesar dan membentuk benjolan kecil dari dalam. Proses inilah yang biasanya disertai adanya lapisan kulit yang ikut pecah. Hal inilah yang menjadi pintu masuk bakteri untuk masuk kedalam lapisan kulit bagian dalam. Pada fase ini, kulit akan mulai mengalami irtitasi dan peradangan yang bisa memperparah jerawat yang timbul.

Faktor pemicu munculnya jerawat

  1. Makanan

Makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan, junk food, kue dan sejenisnya telah diyakini dapat memicu munculnya jerawat.

  1. Tumpukan partikel debu

kotoran seperti debu dan juga keringat dapat memperburuk gangguan jerawat yang Anda alami.

  1. Stress

Stress juga memiliki pengaruh yang cukup signifikasn pada terjadinya jerawat

  1. Keturunan

Apabila orang tua Anda cenderung mudah berjerawat, maka kemungkinan besar mereka akan menurunkan gangguan kesehatan kulit yang satu ini secara genetic.

  1. Hormone

Androgen merupakan hormone yang dapat meningkat pesat pada saat perempuan dan juga laki-laki memasuki masa puber. Peningkatan ini dapat membuat kelenjar minyak atau sebum membesar dna memproduksi sebum secara terus menerus. Perubahan hormone pada ibu hamil juga dapat memiliki dmapak yang sama.

  1. Diet

Diet tinggi karbohidrat seperti susu dan cokelat dipercaya dapat memperburuk kondisi jerawat pada kulit. Sebuah penelitian yang melibatkan 14 orang laik-laki telah menunjukkan bahwa konsumsi cokelat dapat memiliki kaitan erat dengan pemburukan gejala jerawat pada tubuh.

 

 

Cara menghilangkan jerawat sengan tepat

  1. Pengobatan dari luar

Pengobatan ini dilakuakan dengan memberikan obat antibiotic yang dioles berupa salep atau krim. Cara menghilangkan jerawat ini berguna untuk membantu mengendalikan bakteri dan juga mengurangi peradangan.

  1. Pengobatan laser

Cara menghilangkan jerawat batu bisa dilakukan dengan menggunakan terapi laser. Teknologi laser ini cukup baik digunakan tunggal maupun dikombinasin dengan pewarna fotosintetis yang terbukti aman dan cukup ampuh dalam menghilangkan jerawat pada kulit.

  1. Tea tree oil

Sebuah penelitian telah menemukan fakta bahwa gel dengan kandungan 5% tea tree oil 4 kali lebih efektif untuk mengurangi luka yang disebabkan oleh jerawat dan 6 kali lebih ampuh untuk mengurangi jerawat batu daripada placebo.

  1. Essential oil

Minyak esensial juga memiliki sifat anti bakteri dan peradangan sehingga dapat membersihkan kulit dari jerawat dengan cepat. Beberapa jenis essential oil yang direkomendasikan adalah, kayu manis, mawar, rosemary, lemongrass dan cengkeh.