ALSYVA.COM – Sebagai salah satu penyakit yang umum dialami, asam urat memang perlu untuk untuk dicegah dan diatasi. Dan bagi anda yang mengalami masalah dengan asam urat ini, penting untuk tahu cara mengobati asam urat agar tidak kembali kambuh atau semakin parah. Karena penyakit asam urat yang tidak dikontrol dengan baik dapat menyebabkan semakin parahnya asam urat yang dimiliki.

Untuk mengobati asam urat tidak harus yang susah-susah, selain dengan mengonsumsi obat dari dokter, ada juga cara alaminya yang bisa diterapkan di rumah dan tentunya dengan biaya yang murah. Intinya ialah komitmen dalam menjalankannya, dan jangan sampai malas.

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam mengobati asam urat secara mudah dan alami :

  • Kontrol kadar asam urat
    Hal yang utama tentang cara mengobati asam urat yang paling mudah ialah dengan selalu memantau atau mengontrol kadar asam urat yang dimiliki. Asam urat bisa dicek sendiri menggunakan alat tes asam urat, bentuk testernya cukup mirip dengan tester gula darah pada umumnya. Dengan menggunakan tester tersebut anda bisa cek dan mengetahui berapakah kadar asam urat yang dimiliki, kadar asam urat normalnya di bawah 6 mg/dL untuk perempuan dan di bawah 7 mg/dL untuk laki-laki.
  • Hindari gula tambahan pada makanan olahan
    Secara umum, asam urat juga dikarenakan protein yang berlebih pada tubuh. Tetapi beberapa penelitian lain mengatakan bahwa gula menjadi salah satu kandungan yang memicu meningkatnya kadar asam urat. Dikutip dari Healthline bahwa peneliti menemukan jika gula tambahan pada makanan olahan mampu mengakibatkan kadar asam urat meningkat. Maka dari itu sebaiknya hindari dengan cek label makanan sebelum anda konsumsi.
  • Rutin olahraga
    Cara mengobati asam urat lainnya ialah dengan berolahraga secara rutin. Hal ini menjadi cara yang mudah bagi anda, dengan berolahraga teratur dengan intensitas sedang selama 30 menit per harinya. Gejala asam urat dapat terkontrol dengan olahraga. Karena olahraga akan membuat sendi di tubuh terlatih dengan baik dan mencegah nyeri sendi bagi penderita asam urat.
  • Konsumsi Air Lemon
    Seorang ahli pengobatan herbal, dr B.N Sinha menganjurkan untuk konsumsi air lemon setidaknya dua kali per harinya. Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat membuang asam urat pada tubuh. Selain itu, Sinha juga mengatakan bahwa penting untuk konsumsi vitamin C seperti yang terdapat pada buah jeruk dan jambu.
  • Konsumsi buah dan sayur yang kaya antioksidan
    Riset yang dilakukan di Universitas Maryland mengungkapkan bahwa penderita asam urat perlu untuk konsumsi makanan atau buah yang kaya akan antioksidan tinggi. Dan buah beri (berry) bisa menjadi salah satu contoh buah yang kaya akan antioksidan. Buah beri dengan warna yang gelap memiliki kandungan flavonoid yang disebut anthocyanin yang mampu mencegah dan mengatasi peradangan dan keram. Selain itu, tomat dan paprika juga dapat membantu dalam mengontrol kadar asam urat.
  • Makanan kaya serat
    Sebuah riset yang dilakukan mengatakan jika penderita asam urat juga perlu konsumsi banyak serat. Dikatakan bahwa makanan yang mengandung kaya serat bermanfaat dalam menyerap asam urat yang berlebih dan membuangnya dari tubuh. Makanan sumber serat seperti oat dan pisang dikatakan sebagai sumber serat yang memiliki banyak sekali manfaat.
  • Konsumsi air mineral
    Konsumsi air mineral yang banyak dapat membantu organ ginjal dalam membuang asam urat di dalam tubuh lebih cepat. Dengan konsumsi air mineral sesuai kebutuhan yaitu delapan gelas per harinya akan membantu membuat zat tak terpakai dari dalam tubuh. Selain konsumsi air mineral, buah yang mengandung air juga baik untuk dikonsumsi untuk membantu mengeluarkan asam urat dalam tubuh.
  • Hindari konsumsi alkohol
    Konsumsi alkohol harus dihindari karena menyebabkan terjadinya dehidrasi tubuh. Disamping itu, minuman alkohol juga diketahui mampu meningkatkan kadar asam urat pada tubuh. Hal tersebut dikarenakan ginjal yang harus bekerja keras dalam menyaring berbagai limbah yang ada dalam darah.
  • Selalu kontrol berat badan
    Obesitas atau berat badan yang berlebih memang menjadi salah satu penyebab asam urat tinggi. Selain itu berat badan yang berlebih juga mengakibatkan nyeri sendi semakin sakit karena berat yang harus ditopang jadi lebih besar, terutama pada bagian lutut. Untuk diet, bisa dengan konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks. Kandungan ini banyak ditemukan pada buah, sayur, juga gandum utuh.

    Hindari juga makanan manis dan minuman manis atau produk yang mengandung gula fruktosa tinggi. Selain makanan manis, makanan dengan lemak jenuh seperti daging merah, dan produk susu yang mengandung tinggi lemak. Makanan tinggi kadar purin juga perlu untuk dihindari seperti pada makanan laut, daging merah, alkohol, dan jeroan.

  • Kurangi stres berlebih
    Stres dengan tingkat tinggi atau kualitas tidur yang buruk bisa menjadi salah satu penyebab peradangan yang dapat meningkatkan kadar asam urat pada tubuh. Berbagai aktivitas seperti yoga dapat mengatasi masalah stres dialami.