ALSYVA.COM – Masalah asam urat memang seringkali menjadi keluhan masyarakat, apabila sudah kambuh, rasa nyeri yang dirasakan sangat tidak nyaman. Maka dari itu, bagi anda yang memang memiliki masalah dengan asam urat, sebaiknya tidak makan yang macam-macam yang membuat asam urat anda kembali kambuh. Karena walau ada banyak faktor pemicu penyakit asam urat, nyatanya pola makanlah yang menjadi pemicu utama tingginya kadar asam urat pada tubuh.

Makanan Penyebab Asam Urat

Memang untuk urusan makanan, anda harus selektif karena ada juga makanan yang dapat menjadi penyebab asam urat, yaitu makanan yang tinggi kadar purin, berikut diantaranya :

  • Sea food
    Sea food atau makanan laut merupakan salah satu makanan penyebab asam urat yang harus dihindari, beberapa makanan laut seperti ikan tuna, ikan sarden, ikan makarel, ikan teri, cumi-cumi, selain itu juga hewan laut bercangkang seperti kerang, kepiting, tiram, lobster, dan udang ini memiliki kadar purin yang tinggi.
  • Jeroan
    Jeroan yaitu jenis makanan yang terdiri dari otak, paru-paru, ampela, hati, usus, ginjal, lidah, atau limpa dari hewan memang mempunyai rasa yang gurih, tapi perlu anda ketahui bahwa jeroan merupakan makanan yang tinggi kadar purin dan merupakan makanan penyebab asam urat. Sering konsumsi jeroan bisa berisiko pada asam urat yang meningkat
  • Daging Merah
    Daging merah memang salah satu bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat, namun sayangnya daging-daging yang didapat dari sapi, kambing, domba, dan hewan kaki empat lainnya ini diketahui memiliki kadar purin yang tinggi sehingga sebaiknya dihindari.
  • Makanan Olahan
    Makanan penyebab asam urat lainnya ialah makanan olahan dari daging, contohnya abon dan dendeng yang ternyata memiliki kadar purin yang tinggi. Selain makanan olahan, makanan kalengan seperti sarden dan kornet juga dapat memicu terjadinya asam urat.
  • Daging Angsa dan Kalkun
    Salah satu makanan penyebab asam urat ini cukup sulit untuk dihindari karena memang rasa yang nikmat. Hanya saja bagi yang memiliki asam urat tinggi, sebaiknya menghindari jenis daging ini karena kadar purin pada daging ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging putih yang lainnya.
  • Sayuran
    Sayuran memang makanan sehat dan baik untuk di konsumsi. Namun beberapa jenis sayuran juga ada yang menyebabkan asam urat kambuh karena kadar purin yang tinggi, salah satunya ialah sayur bayam, buncis, kangkung, daun pepaya, asparagus, juga daun singkong. Walau risikonya tidak sama dengan konsumsi daging merah, namun bukan berarti tidak berisiko asam urat kambuh.
  • Minuman Manis
    Penting untuk anda ketahui bahwa penyebab asam urat tidak hanya berasal dari makanan saja, tetapi juga minuman. Minuman yang menyebabkan asam urat ialah minuman manis seperti soda, minuman rasa buah atau minuman pada kemasan lainnya.

    Masalahnya ialah rasa manis yang berasal dari gula jenis fruktosa akan merangsang produksi asam urat yang lebih banyak. Kandungan fruktosa juga bisa anda temukan pada buah seperti buah apel, pir, anggur, juga kurma. Sebuah riset menunjukkan bahwa pria dengan konsumsi fruktosa yang banyak dapat berisiko lebih tinggi mengalami asam urat.