ALSYVA.COM – Penyakit asam urat atau bahasa latinnya gout merupakan salah satu bentuk gejala arthritis yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri yang parah, pembengkakan, dan kemerahan pada bagian persendian sehingga dapat mengakibatkan yang mengalaminya terganggu bahkan tersiksa.

Gejala asam urat sendiri dapat datang kapan saja dan dimana saja, bergantung pada pola hidup seseorang tersebut. Bagi orang yang sudah mengalami gejala asam urat ini dan tidak mau asam uratnya kembali kambuh, sebaiknya hindari pantangan makanan asam urat ini. Karena memang makanan ini dapat menyebabkan asam urat di tubuh meningkat dari kadar normalnya asam urat awal. Terlebih lagi bagi pria yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas akan lebih berisiko tinggi mengalami penyakit asam urat ini.

Pantangan makanan asam urat pada umumnya yang diketahui ialah makanan dengan kadar purin tinggi, yaitu yang terkandung pada daging sapi, ayam kalkun, jeroan, dan beberapa jenis makanan laut. Tetapi selain itu, ada juga beberapa sayuran yang tinggi kadar purin yang dapat memicu terjadinya peningkatan jumlah asam urat di tubuh.

Asam urat yang berlebihan di dalam darah atau hyperuricemia akan menyebabkan ginjal yang kesulitan dalam menyaring sehingga asam urat tersebut mengendap dan mengkristal yang berkumpul di persendian, setelah itu akan menyebabkan terjadinya peradangan (inflamasi) pada persendian dengan ditandai timbulnya pembengkakan yang merupakan ciri ciri asam urat.

Pantangan Makanan Asam Urat

Selain beberapa makanan pantangan asam urat yang disebutkan diatas, ada juga beberapa makanan pantangan asam urat lainnya, salah satunya sayuran. Meskipun sayuran diketahui sebagai makanan sehat yang bermanfaat, akan tetapi pada kasus ini ada juga beberapa jenis sayuran yang penting untuk dihindari bagi yang memiliki masalah dengan asam urat. Berikut ini beberapa sayuran yang harus dihindari dan makanan tinggi purin lainnya :

  • Asparagus
    Asparagus memiliki kadar folat dan kalium yang tinggi yang bisa dikonsumsi baik pada saat panas maupun dingin, seusai dimasak. Asparagus ini menjadi salah satu pantangan makanan asam urat karena mengandung kadar purin yang tinggi. Berdasarkan AcuMedico, per 100 gram asparagus mengandung 23 gram purin.
  • Kembang Kol
    Kembang kol merupakan sayuran yang kadang disajikan dalam campuran sayuran sebagai lauk dalam makanan. Kembang kol termasuk ke dalam salah satu pantangan makanan asam urat juga. Berdasarkan AcuMedico, per 100 gram kembang kol mengandung 51 gram purin.
  • Bayam
    Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang kaya akan zat besi, vitamin C, beta-karoten, serta flavonoid. Meskipun memiliki kandungan yang baik, namun sayangnya bagi orang yang mengalami asam urat atau gout terpaksa harus menghindarinya karena kadar purinnya yang tinggi. Berdasarkan AcuMedico, per 100 gram bayam mengandung 57 gram purin.
  • Minuman Beralkohol
    Salah satu jenis minuman ini merupakan suatu pantangan asam urat karena memang berpotensi meningkatkan kadar asam urat di tubuh. Akibat dari konsumsi alkohol berlebih ialah timbulnya dehidrasi dan rasa nyeri.
  • Makanan Laut
    Penyebab asam urat akibat kadar purin yang tinggi juga ditemukan di beberapa makanan laut. Udang, remis, tiram, kepiting, cumi-cumi, merupakan pantangan makanan asam urat. Maka dari itu lebih baik dihindari konsumsinya bagi penderita asam urat ini.
  • Jeroan
    Pantangan makanan asam urat lainnya yang penting untuk dihindari ialah jeroan. Organ hati, usus, limpa, paru-paru, otak, ini semua memiliki kadar purin yang tinggi.
  • Daging Merah
    Salah satu pantangan makanan asam urat, yaitu daging merah merupakan makanan yang memang mengandung kadar purin tinggi. Daging merah diperoleh dari sapi, kambing, domba, dan hewan lainnya. Untuk itu, dianjurkan agar tidak mengkonsumsi daging merah jenis apapun.

Tips Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Untuk mencegah dan menghindari timbulnya kembali penyakit asam urat, bisa dikontrol dengan baik dengan makanan untuk asam urat ini yang dapat membantu dalam mengatasi asam urat.

  • Makanan dengan kandungan potasium tinggi, terdapat pada kentang, yoghurt, dan pisang.
  • Buah & sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C, terdapat pada buah jeruk, pepaya, stroberi, dan brokoli.
  • Buah & sayuran untuk mengobati asam urat, yaitu buah naga, belimbing, wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau dan sawi putih, serai, dan tomat.
  • Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa, terdapat pada gula, permen, gulali, minuman manis, dan sirup.
  • Hindari konsumsi aspirin.