Jerawat di dagu seringkali muncul secara tiba-tiba. Hal ini tentu saja berpotensi dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Karena, letak jerawatnya dapat terlihat dengan jelas pada area wajah.

Penyebab Jerawat di Dagu dapat Muncul

jerawat pada area dagu memiliki ukuran yang bervariasi, bisa kecil ataupun besar. Selain itum jerawat yang ada juga dapat muncul satu persatu atau bahkan lebih. Pada umumnya, penyebab jerawat di dagu sama dengan jerawat di area tubuh lainnya. Penyebab utama jerawat di dagu adalah karena produksi minyak atau sebum yang berlebih serta penumpukan sel-sel kulit mati dalam pori-pori kulit sehingga dapat membuatnya menjadi tersumbat. Jika penumpukan tersebut terjadi, maka bakteri menjadi lebih mudah berkembang dan memicu terjadinya peradangan. Kondisi tersebut yang nantinya akan menjadi penyebab munculnya jerawat di dagu.

 Selain itu, sebuah hasil penelitian telah menyatakan bahwa ada keterkaitan antara produksi sebum dan jerawat pada T-ZONE. Orang dewasa akan cenderung mengalami jerawat pada area T-ZONE, yaitu mulai dari dahi, hidung, hingga dagu. Karena, T-ZONE cenderung memproduksi lebih banyak minyak dibandingan dengan area waja yang lain, hal inilah yang membuat dagu menjadi cenderung rentan tumbuh jerawat. Faktor lain penyebab munculnya jerawat di dagu, yaitu :

  1. Perubahan hormone

Perubahan hormone selama masa pubertas atau menstruasi dapat menjadi faktor penyebab munculnya jerawat di dagu. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa arti letak munculnya jerawat di dagu sering menandakan naik turunnya hormone. Pada saat hormone androgen meningkat, maka sebum juga akan mengalami peningkatan. Hal ini dapat menyumbat pori-pori di dagu dan membuat jerawat timbul kembali. Jerawat didagu juga bisa muncul kapan saja mengikuti keseimbangan hormone. Namun hal ini tidak berbahaya.

  1. Kurang menjaga kebersihan wajah

Pada saat kebersihan kulit wajah tidak terjaga dengan baik, maka pori-pori yang ada di dagu dapat tersumbat oleh minyak kotoran, bakteri dan sel-sel kulit mati yang menempel.  Akibatnya, pori-pori wajah pun akan meradang dan menjadi penyebab munculnya jerawat di dagu.

  1. Tumbuhnya rambut ke dalam

Penyebab jerawat di dagu yang lainnya adalah adanya rambut yang tumbuh ke dalam. Pria yang memiliki kebiasaan sering mencukur jenggot, biasanya lebih berisiko mengalami rambut di sekitar dau yang tumbuh ke dalam kulit.  Kondisi ini mungkin saja dapat timbul karena penggunaan alat cukur atau pinset yang steril.  Namun, hal ini juga bisa terjadi pada wanita. Ketika masalah kulit ini terjadi, maka rambut yang tumbuh ke dalam tersebut bisa memicu munculnya peradangan sampai muncul benjolan yang menyerupai jerawat.

 

Cara mengatasi jerawat di dagu

  1. Mengoleskan krim atau salep jerawat

Anda bisa mengoleskan salep jerawat yang asam salisilat. Salah satu cara yang tepat untuk  menghilangkan jerawat di dagu dengan cepat adalah mengoleskan krim atau salep jerawat. Anda juga bisa menggunakan salep jerawat yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat di dalamnya. Obat jerawat dapat membantu menghilangkan jerawat dalam waktu beberapa hari atau minggu.  Namun, sebaiknya Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapat rekomendasi obat jerawat yang tepat.

  1. Mengompres jerawat

Cara mengatasi jerawat  yang muncul di dagu adalah dengan mengompres jerawat. Langkah ini berfungsi untuk mengurangi terjadinya peradangan dan membantu menenangkan jerawat yang muncul.

Anda dapat menggunakan kompres dingin. Caranya, bungkuslah es batu dengan handuk atau kain yang bersih, kemudian letakkan pada area yang terdapat jerawat batu selama kurang lebih 5 menit.

  1. Membersihkan wajah

Jerawat di dagu dapat diatasi dengan rutin membersihkan wajah. Pastikan Anda mencuci wajah dengan sabun yang berbahan ringan dan mengandung asam salisilat agar jerawat mudah mengering dan juga hilang. Lakukan cara mengatasi jerawat ini dengan secara rutin, yaitu dua kali sehari untuk mendapat hasil yang baik.

  1. Tidak memencet jerawat

Faktanya, memencet jerawat hanya akan membuat jerawat semakin meradang. Bahkan, dapat meninggalkan bekas kehitaman yang susah hilang.  Oleh karena itu, hindarilah memencet jerawat agar area dagu tidak semakin meradang atau terinfeksi.

  1. Hindari menggunakan produk kecantikan yang keras

Hindari menggunakan produk skincare yang berbahan keras sebagai untuk menghilangkan jerawat di dagu. Penggunaan produk skincare berbahan keras dapat memperparah jerawat. Jangan menggunakan pembersih, scrub, pelembap ataupun produk kecantikan wajah yang lain berbahan keras.  Karena, jika terlalu banyak menggunakan produk tersebut pada wajah, termasuk jerawat di area dagu, bisa menyebabkan jerawat menjadi semakin memburuk.