Jerawat memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yang paling mengganggu adalah jerawat batu. Sebelum jerawat ini hadir membandel diwajah Anda, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab jerawat batu dan bagaimana cara mengatasi.

Jerawat batu merupakan satu jerawat yang paling serius dibandingkan jenis jerawat lainnya. Kemunculan jerawat jenis ini umumnya disebabkan karena adanya  bakteri, minyak, dan juga sel kulit kering yang mengendap di pori-pori.

Jerawat batu, pada umumnya terjadi pada seseorang memiliki kulit bermintak. Tidak hanya pada orang dewasa, akan tetapi jerawat batu ini juga bisa dialami oleh para remaja, bahkan lansia karena adanya ketidakseimbangan hormone.

Apa sajakan penyebab jerawat batu?

Salah satu ciri khas dari jerawat batu adalah bentuknya yang cukup besar dan mirip dengan bisul. Ciri lainnya adalah jerawat ini berisi nanah, benjolan berwarna putih besar, kemerahan dan terasa sakit saat disentuh. Jerawat batu tidak hanya muncul di wajah, tapi jerawat batu juga  bisa muncul di bagian tubuh lainnya seperti dada, lengan dan juga punggung. Berikut ini merupakan 5 penyebab munculnya jerawat batu, yaitu :

  1. Pori-pori yang tersumbat

Salah satu penyebab jerawat batu yang sering terjadi adalah pori-pori yang tersumbat. Penyumbatan ini dapat terjadi karena adanya minyak pada wajah, kotoran, bakteri, bahkan penumpukan sel-sel kulit yang mengakibatkan munculnya jerawat baru.

  1. Perubahan hormone

Faktor lainnya yang menjadi penyebab jerawat batu adalah adanya perubahan hormone, seperti pada saat masa remaja.  Selama masa pubertas, kadar hormone androgen akan meningkat drastic sehingga menyebabkan peningkatan produksi sebum dan juga pertumbuhan sel-sel kulit menjadi lebih cepat. Perubahan hormone juga berkaitan dengan beberapa faktor, seperti siklus menstruasi, kehamilan, control kehamilan, stress, dan penggunaan obat terapi hormone. Bahkan penggunaan kosmetik yang tidak cocok juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat batu.

  1. Tingkat kelembapan dan keringat yang tinggi

Memiliki kondisi tubuh yang snagat gampang berkeringat dapat membuat kulit menjadi lebih mudah berjerawat. Karena, pori-pori akan lebih mudah terbuka sehingga kotoran dan juga bakteri sangat mudah masuk ke dalam kulit yang akhirnya jadi penyebab munculnya jerawat.

  1. Faktor genetic

Faktor genetic juga dapat menjadi penyebab jerawat batu yang kita alami. kemungkinan gen yang diturunkan dari orangtua yang mempunyai masalah jerawat juga bisa menurun ke anggota keluarga lainnya.

  1. Penggunaan obat

Penggunaan obat dan juga bahan kimia seperti, kortikosteroid, litium, fenitoin, dan isoniazid, tentunya dapat memperburuk atau menjadi penyebab jerawat batu.

Cara mencegah munculnya jerawat batu

Berikut ini merupakan cara mencegah munculnya jerawat batu yang dapat Anda lakukan dengan mudah, yaitu :

  1. Jangan terlalu sering mencuci wajah

Membersihkan wajah disarankan lebih baik dua kali sehari saja sudah cukup seperti saat bangun tidur, sebelum tidur atau setelah Anda melakukan olahraga. Gunakanlah sabun atau pembersih wajah yang ringan di kulit wajah.

 

Baca Juga : ALSYVA RED PINE SOAP (TOTAL ACNE SOLUTION)

 

  1. Jangan menggosok wajah terlalu keras

Gosoklah wajah dengan lembut dan hindari pemakaian sabun yang abrasive, astringe, atau pembersih yang mengandung scrub eksfoliasi di dalamnya, karena hal tersebut dapat menyebabkan pengelupasan kulit.

  1. Jika muncul jerawat batu, jangan disebtu/pencet

Kebiasaan buruk memencet jerawat tentunya akan memperburuk jerawat dan bisa mengakibatkan iritasi pada kulit. Sebaiknya hindari menyentuh atau memencet jerawat untuk menghindari masalah kulit lainnya.

  1. Hindari menggunakan make up yang tebal

Pada saat Anda merias wajah, maka pilihlah make up yang berbahan dasar air, berlabel “nonkomedogenik” atau “bebas minyak”, dan pasikan untuk membersihkan make up pada saat Anda sebelum tidur.