ALSYVA.COM – Selain berasal dari apa yang kita konsumsi, kolesterol juga turut diproduksi oleh organ hati di dalam tubuh. Dan walaupun zat kolesterol ini diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi hormon dan membantu memperlancar pencernaan, tetap saja kadar kolesterol yang terlampau tinggi dapat berisiko pada timbulnya komplikasi serisu seperti jantung dan stroke. Kolesterol didapat dari setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Menjaga kesehatan dengan menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi memang salah satu hal penting sebagai tindakan pencegahan. Berdasarkan kepada American Heart Association, tingkat kolesterol harian seseorang hanya boleh mencapai sekitar 300 mg saja. Kolesterol bisa terjaga dengan menjaga pola makan dan menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti pada makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak trans. Berikut ini daftar makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang perlu anda batasi konsumsinya ataupun lebih baik dihindari.

  • Kuning Telur
    Selain memiliki kandungan protein yang baik untuk kesehatan tubuh, nyatanya bagian kuning telur merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi lho. Jumlah kolesterol yang terdapat pada 6 butir kuning telur bisa mencapai 1085 mg, tentu angka yang besar bukan ?

    Disarankan untuk tidak mengkonsumsi kuning telur berlebihan, atau lebih baik jika perbanyak konsumsi bagian putih telurnya saja. Sebab selain memiliki manfaat untuk tubuh, bagian putih telur juga tidak mengandung kolesterol sedikitpun, berbeda dengan bagian kuning telur yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

  • Lemak Hewani
    Lemak hewani seperti halnya pada lemak sapi maupun lemak kambing juga merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Sebaiknya hindari konsumsi makanan seperti ini, karena kadar kolesterolnya dapat mencapai 130 mg untuk setiap 100 gram nya saja.
  • Daging Merah
    Daging merah dapat diperoleh dari sapi, kambing, maupun babi. Kadar kolesterol pada daging merah memang tergolong cukup tinggi, yaitu sekitar 70 mg per 100 gram nya. Mengkonsumsi daging merah yang cukup sering tentu tidak berdampak baik bagi kesehatan tubuh, sebab dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.
  • Kue Kering
    Kue kering memang merupakan cemilan yang tidak luput dari pandangan, namun bagi anda yang memang menyukai berbagai jenis kue-kue kering sebaiknya mulai dibatasi konsumsinya. Lantaran karena kue kering termasuk makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang mencapai sekitar 300 mg.
  • Tiram
    Walau memiliki zat bergizi seperti zinc yang bermanfaat baik bagi tubuh, tiram juga tidak terlepas dari kadar kolesterolnya. Tiram memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi sebagai makanan laut, yaitu mencapai 206 mg.
  • Lobster
    Selain tiram, lobster juga masuk ke dalam kategori makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Untuk 100 gram lobster saja, kadar kolesterolnya dapat mencapai 200 mg. Bagi anda yang suka atau penggemar lobster, ada baiknya mengganti dengan makanan laut lainnya yang memiliki kadar rendah kolesterol.
  • Ayam Goreng
    Berdasarkan pada American Heart Association, daging ayam memang lebih baik dan disarankan daripada daging sapi dan daging merah lainnya untuk dikonsumsi. Akan tetapi lain lagi ceritanya jika daging ayam yang hendak dikonsumsi dimasak dengan cara digoreng.

    Setelah digoreng, kadar air pada daging ayam akan tergantikan dengan lemak. Tak hanya itu, minyak yang digunakan saat memasak ayam goreng juga mengandung lemak trans yang cukup banyak. Hal ini membuat ayam goreng menjadi makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

  • Es krim
    Kadar kolesterol pada es krim berkisar 47 mg per 100 gram. Dalam satu sendok es krim saja, jumlah kolesterol yang ada bahkan melebihi jumlah kolesterol pada donat dan hamburger. Daripada es krim, lebih baik diganti dengan makanan dingin lainnya yang jauh lebih sehat seperti jus buah atau bisa dengan frozen yoghurt.
  • French Fries
    Kentang goreng atau biasa disebut french fries berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Harvard School of Public Health, dikatakan bahwa kandungan kolesterol yang tinggi akibat minyak nabati yang mengalami hidrogenisasi. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa makanan yang mengalami hal ini cenderung memiliki kadar lemak trans yang tinggi.
  • Hamburger
    Hamburger yang terdiri dari roti, daging, keju, mayonaise, merupakan komposisi makanan cepat saji yang memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi, sehingga hamburger ini memiliki potensi dalam menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol. Daripada mengkonsumsi hamburger, akan lebih baik jika diganti dengan makanan cepat saji lainnya seperti salad dan sandwich.

Apabila anda memiliki tekanan darah tinggi atau riwayat kolesterol, lebih baik menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi ini agar tidak memicu terjadinya lonjakan pada kolesterol maupun tekanan darah anda, dan sebaliknya lebih baik anda mulai mengatur pola hidup anda. Konsumsi makanan penurun kolesterol, obat penurun kolesterol ataupun jus buah penurun kolesterol yang jauh lebih sehat untuk anda. Jangan lupa juga untuk luangkan waktu untuk olahraga dan istirahat yang cukup.