ALSYVA.COM – Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang mencari berbagai macam makanan penurun kolesterol, bagaimana tidak ? Kolesterol tinggi merupakan salah satu kondisi kesehatan yang kini sudah banyak dikeluhkan oleh masyarakat di Indonesia. Jika tidak segera dikontrol dengan baik, kolesterol akan meningkat tinggi dan menyebabkan komplikasi stroke bahkan serangan jantung.

Kolesterol tinggi tentu dapat anda cegah dengan pola hidup sehat yang baik dan menghindari berbagai macam pantangan kolesterol. Dan salah satu cara menurunkan kolesterol ialah dengan makan makanan penurun kolesterol, buah penurun kolesterol, hingga obat penurun kolesterol.

Sumber Makanan Penurun Kolesterol Alami

Bagi anda yang mempunyai kadar kolesterol tinggi, tentu perlu tahu cara menurunkan kolesterol yang sangat penting untuk kesehatan anda. Berikut ini cara mengobati kolesterol tinggi dengan makanan penurun kolesterol yang dapat anda andalkan, yaitu :

1. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun merupakan salah satu makanan penurun kolesterol yang bisa anda pilih. Sebab minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal serta vitamin E. Nutrisi keduanya mampu membantu dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh anda.

Anda dapat mencampurkan 2 sendok minyak zaitun serta buahnya pada salad atau digoreng dan tumis makanan menggunakan minyak ini.

2. Oatmeal dan Makanan Tinggi Serat

Oatmeal kini sudah cukup terkenal dan bahkan menjadi salah satu makanan pilihan bukan hanya untuk menurunkan kolesterol, melainkan juga sebagai makanan diet andalan sebagian masyarakat.

Oatmeal sangat baik bagi kesehatan tubuh karena memiliki kandungan serat larut yang mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Serat pada oatmeal juga diketahui mampu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Setiap mengonsumsi 10 gr serat dari oatmeal mampu mengurangi total kolesterol, termasuk kolesterol jahat atau LDL.

3. Kacang Kedelai

Sumber makanan penurun kolesterol lainnya bisa anda temukan pada berbagai makanan dari kacang kedelai, seperti tahu, tempe, kembang tahu, oncom, bahkan susu kedelai karena mengandung zat isoflavon. Zat ini diketahui berfungsi sebagai zat yang dapat menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang lebih banyak di aliran darah.

Walaupun begitu, ada satu hal yang harus anda ketahui dan hindari. Pada saat mengolah bahan makanan dari kacang kedelai, disarankan agar hindari cara memasak dengan menggunakan minyak goreng biasa. Namun gunakan minyak zaitun agar lebih sehat.

Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika Serikat menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya 25 gr protein kedelai per harinya sebagai makanan penurun kolesterol.

4. Kacang-kacangan

Sebagai salah satu makanan yang sangat cocok dikonsumsi untuk diet, kacang-kacangan juga bagus sebagai makanan penurun kolesterol yang lezat juga.

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang panjang, kacang merah, buncis, ataupun kacang almond secara teratur selama kurang lebih 6 minggu mampu menurunkan kolesterol hingga 10 persen.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan omega-3 yang bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida serta meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Selain kandungan omega-3, kandungan EPA dan DHA pada ikan salmon juga baik untuk kesehatan dan fungsi sistem kerja organ jantung anda.

Pada sebuah asosiasi kesehatan di Amerika menyimpulkan bahwa konsumsi ikan salmon, tuna, sarden, ataupun makarel sedikitnya 2 porsi dalam seminggu mampu memberikan manfaat yang sangat baik dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Maka bisa disimpulkan bahwa ikan sudah tidak diragukan lagi manfaatnya dalam menurunkan kolesterol anda.

6. Kuaci Tawar

Tahukah anda bahwa biji bunga matahari atau kuaci yang sering anda konsumsi merupakan salah satu makanan penurun kolesterol ?

Kuaci memiliki kandungan zat tembaga yang baik untuk tubuh. Tubuh manusia memerlukan zat ini karena konsumsi rendah zat tembaga dapat menyebabkan tubuh rentan mengalami kenaikan kadar kolesterol jahat (LDL), dan terbatasnya kolesterol baik (HDL) yang terserap ke tubuh.

Untuk itulah, jika anda memiliki hobi makan camilan yang satu ini, terutama yang tawar tanpa tambahan garam, ini perlahan-lahan dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh jika disertai pola makan yang sehat.

buah penurun kolesterol

Buah Penurun Kolesterol

Bukan hanya makanan penurun kolesterol yang bisa anda andalkan, sebab ada banyak beragam buah penurun kolesterol yang dapat dijadikan alternatif lain yang bisa anda coba nih. Cocok bagi anda yang suka makan buah namun punya masalah dengan kolesterol tinggi. Buah-buahan mengandung pektin, yaitu serat larut air yang dapat mengikat asam empedu.

Ketika serat berikatan dengan asam empedu, maka ikatan itu mampu menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Selain serat, buah-buahan juga memiliki kandungan senyawa kimia yang mampu meningkatkan kadar HDL dalam tubuh. Berikut ini beberapa ragam buah penurun kolesterol yang bisa anda konsumsi :

1. Alpukat

Buah penurun kolesterol yang pertama ialah buah alpukat. Buah ini merupakan salah satu buah penurun kolesterol yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang mampu membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Alpukat juga memiliki kandungan beta-sistosterol, sejenis lemak nabati yang bermanfaat untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

Namun perlu diingat bahwa buah alpukat memiliki kalori yang cukup tinggi. Setiap buah alpukat memiliki kandungan sekitar 300 kalori serta 30 gr lemak. Jadi perlu anda batasi jumlah konsumsinya ya.

2. Jambu Biji

Buah jambu biji mengandung vitamin serta antioksidan yang mampu melindungi sel-sel jantung dari serangan radikal bebas. Bukan hanya itu saja, buah jambu biji juga bermanfaat sebagai salah satu buah penurun kolesterol.

Satu buah jambu biji memiliki kaya akan kalium dan serat larut yang membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh. Disaat yang bersamaan kandungan vitamin dan mineralnya juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk mencegah berbagai penyakit jantung.

Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology yang meneliti kadar kolesterol pada 120 orang. Peserta diminta untuk rutin konsumsi jambu biji sebelum makan selama 12 minggu.

Dan hasilnya ialah peserta mengalami penurunan kolesterol sebesar 9,9 persen dan peningkatan kolesterol baik (HDL) sebanya 8 persen. Ini menandakan bahwa jambu biji sudah tidak diragukan lagi khasiatnya sebagai buah penurun kolesterol alami untuk tubuh.

3. Apel

Buah apel terutama pada bagian kulitnya mengandung pektin, sejenis serat larut yang dapat membilas kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Pektin ini akan bekerja dengan menyerap kolesterol serta lemak jahat dari makanan dan mengeluarkannya melalui urine maupun feses.

Bukan cuma kaya akan serat, buah apel juga mengandung tinggi polifenol, sejenis antioksidan kuat yang dapat mengurangi peradangan. Dengan konsumsi apel secara rutin, jantung anda akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit jantung.

4. Jeruk

Perlu anda ketahui bahwa buah jeruk merupakan salah satu buah penurun kolesterol. Sebab kandungan vitamin C pada buah jeruk dapat membantu dalam mencegah penumpukan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Sama seperti buah penurun kolesterol yang lain, buah jeruk juga memiliki kandungan serat larut air yang mampu mengikat kolesterol dari makanan. Buah ini juga mengandung d-limone, sebuah senyawa kimia yang mampu melarutkan kolesterol dalam tubuh.

Selain makanan penurun kolesterol, ada beberapa cara lain dalam menurunkan kolesterol, seperti dengan konsumsi jus buah penurun kolesterol, dan obat penurun kolesterol.