Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena terjadinya penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati, bakteri, dan minyak yang berlebih. Selain disebabkan karena hal tersebut, jerawat juga bisa disebabkan karena makanan. Kondisi ini sering terjadi ketika remaja memasuki masa pubertas. Selama masa pubertas, tubuh dapat memproduksi lebih banyak hormone yang disebut dengan insulin-like growth factor 1(IGF-1). Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa IGF-1 dapat meningkatkan produksi minyak dan memperburuk kondisi jerawat. Berikut ini merupakan makanan penyebab jerawat meradang yang harus kamu ketahui, yaitu:

  1. Jenis kacang-kacangan

Kacang-kacangan dikenal dapat menyebabkan munculnya jerawat dan membuat jerawat menjadi semakin meradang. Dalam kacang terdapat protein yang mengandung enzim. Enzim tersebut sangat dibutuhkan oleh kulit, darah, dan membentuk otot. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung lemak yang menyebabkan jerawat menjadi meradang.

  1. Susu dan keju

Susu sama dengan kacang, didalamnya menagndung banyak vitamin dan protein serta mineral bagi tubuh. Mengonsumsi susu dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, keju juga dapat menyebabkan jerawat menjadi meradang karena keju terbuat dari susu yang mengandung lemak berlebihan.

  1. Goreng-gorengan

Gorengan merupakan makanan berminyak yang sangat disukai oleh semua orang. Gorengan juga memiliki kandungan lemak berlebih yang bisa menimbulkan produksi minyak menjadi berlebih pada tubuh, salah satunya pada kulit wajah. Makan gorengan secara berlebihan dapat membuat wajah menjadi berminyak dan berkeringat. Produksi minyak berlebih pada wajah dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pori-pori kulit dengan kotoran. Oleh karena itu, penting untuk menghindari mengonsumsi gorengan dalam jumlah yang berlebihan.

  1. Junk food

Mie instan merupakan salah satu makanan cepat saji yang harus di hindari. Mie instan merupakan makanan yang dapat menyebabkan jerawat menjadi meradang. Di dalam mie instan terdapat kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi, dan adanya bahan pengawet yang sangat sulit di cerna oleh tubuh. Penumpukan lemak inilah yang menjadi pemicu jerawat semakin meradang.

  1. Cokelat dan es krim

Coklat dan es krim merupakan makanan yang mengandung gula berlebih. Padahal, kedua makanan tersebut juga mengandung susu yang berlemak yang dapat menyebabkan jerawat menjadi semakin meradang.

 

 

  1. Makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi

Terlalu banyak makan makanan dan minuman yang mengandung gula dan juga karbohidrat dapat meningkatkan risiko jerawat semakin meradang. Berikut ini merupakan makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi, yaitu :

  • Nasi putih
  • Minuman kemasan dan minuman soda
  • Roti putih dan cake
  • Sereal instan
  • Permen
  • Pasta dan mie yang terbuat dari tepung

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan dan gula tinggi cenderung mengandung glikemik yang tinggi. Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak insulin dan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Jika hal tersebut terjadi, maka kadar hormone lain dapat ikut terpengaruh dan kemungkinan besar produksi minyak di kulit juga akan menjadi semakin meningkat. Apabila produksi minyak berlebihan, maka jerawatpun bisa menjadi semakin meradang.

  1. Whey protein

Whey protein merupakan salah satu jenis protein yang sering digunakan dalam makanan dan juga suplemen olahraga. Jenis protein ini merupakan sumber protein yang kaya akan asam leusin dan glutamin.

Walaupun demikian, whey protein yang biasa terkandung pada susu protein ini dapat menyebabkan jerawat menjadi semakin meradang.