Munculnya jerawat di wajah tentunya sangat menyebalkan, karena dapat mengganggu penampilan. Namun, tahukah Anda jika jerawat bisa muncul akibat dari mengonsumsi makanan-makanan tertentu? Karena ternyata beberapa makanan juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Jerawat merupakan kondisi kulit umum yang menjadi masalah terbesar masyarakat Indonesia, terutama bagi remaja. Jerawat dapat timbul karena berbagai macam faktor, seperti faktor sebum yang berlebihan, bakteri, penyumbatan pori-pori, hormone, atau bahkan karena disebabkan akibat mengonsumsi makanan tertentu.

Berikut ini merupakan makanan penyebab jerawat yang harus Kamu hindari, yaitu :

  1. Makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi

Seseorang yang memiliki kerawat biasanya mengonsumsi lebih banyak karbohidrat olahan daripada seseorang yang memiliki jerawat lebih sedikit. Berikut ini merupakan makanan dan minuman yang kayak akan karbohidrat olahan, yaitu :

  • Pasta yang dibuat dari tepung terigu
  • Nasi putih
  • Mie
  • Roti, sereal, dan makanan penutup yang terbuat dari tepung
  • Soda
  • Pemanis seperti, gula tebu, sirup maple, madu, agave
  1. Beberapa studi yang menemukan keterkaitan antara produk susu dengan tingkat keparahan jerawat pada jerawat. Mengonsumsi susu arau ice cream, empat kali lebih mungkin menderita jerawat. Selain itu, kita juga mengetahui bahwa susu meningkatkan kadar insulin, terlepas dari pengaruhnya terhadap gula darah, yang dapat memperburuk keparahan jerawat. Susu juga mengandung asam amino yang menstimulasi hati untuk memproduksi lebih IGF-1 , yang dpat memicu timbulnya jerawat.
  2. Makanan siap saji

Makanan siap saji atau yang dikenal dengan fast food mepunyai kandungan kalori, lemak, dan juga karbihidrat tinggi. Makan siap saji ini seperti burger, nugget, ketang goreng, soda, dan juga milkshake merupakan makanan dan minuman yang dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat. Mengonsumsi secara teratur makanan cepat saji juga dapat meningkatkan risiko sebesar 17% munculnya jerawat.

  1. Maknana kaya lemak omega-6

Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-6, juga dikaitkan dengan peningkatan tingkat peradangan serta jerawat. Minyak jagung dan kedelai juga memiliki kandungan omega-6 yang tinggi. Melakukan diet dengan mengonsumsi makanan yang tidak seimbang antara omega-6 dan omega-3 juga dapat menyebabkam kondisi peradangan yang data memperburuk keparahan jerawat.

  1. Coklat

Banyak yang berpendapat bahwa coklat adalah makanan penyebab jerawat yang harus dihindari

  1. Gorengan

Makanan yang digoreng dengan minyak berulang seperti gorengan yang ada di pasaran juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Minyak kelapa yang dipakai secara terus menerus akan mengandung lemak trans yang tinggi. Inilah yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Jika Anda ingin memakan gorengan, maka pastikan kualitas minyak yang digunakan dalam kondisi baru.

 

 

  1. Jagung

Jagung merupakan makanan penyebab jerawat yang jarang orang ketahui, karena jagung merupakan karbohidrat yang tinggi dengan omega-6. Sebenarnya tubuh membutuhkan omega-6 dan omega-3 yang seimbang, namun apabila Anda memilih makanan yang lebih tinggi kadar omega-6 nya, maka jerawat bisa saja muncul. Selain jagung, minyak kedelai juga harus dihindari karena mengandung omega-6 yang cukup tinggi.

  1. Whey protein

Jenis protein ini ada di dalam kandungan makanan diet atau suplemen kesehatan. Whey protein juga mengandung asam leusin dan glutamin yang sebenarnya memiliki fungsi untuk menjaga massa otot. Namun di sisi lain, whey protein ini juga dapat menyebab jerawat.

Cara mengatasi jerawat

  • Pahami betul jenis kulitmu, Anda bisa melakukannya dengan meganalisa sendiri dan mengamati tanda-tandanya.
  • Mengecek sensitifitas kulit terhadap makanan, produk make up, skincare yang digunakan. Jika Anda merawa jerawat semakin liar tumbuh setelah menggunakan produk tertentu, maka segeralah melakukan pemberhentian pemakaian.
  • Gunakan produk make up dan skincare yang aman bagi kulit berjerawat
  • Menjaga kebersihan kulit dengan membersihkan make up, rajin cuci muka, dan mandi dengan bersih.