ALSYVA.COM – Alam memang selalu menyediakan apapun bagi manusia, tumbuhan yang ada di alam pun dapat kita manfaatkan untuk keperluan apapun, baik sebagai sumber makanan, bahan untuk membangun tempat tinggal, dan juga obat-obatan alami. Diantara pepohonan yang tumbuh, ada salah satunya yaitu pohon sirsak.

Pohon sirsak merupakan salah satu pohon yang mudah untuk ditemukan di Indonesia, tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika tengah dan Amerika selatan ini menghasilkan buah yang rasanya asam dan manis nan menyegarkan. Sirsak biasa disebut juga dengan nangka belanda.


Buah yang memiliki naman latin
Annona Muricata ini memiliki kandungan serat dan juga kaya akan karbohidrat (terutama yaitu fruktosa), vitamin B1, B2, dan C. Kandungan gizi dan senyawa yang ada pada buah sirsak memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Daun sirsak juga kini semakin populer dikarenakan adanya sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa senyawa pada daun sirsak ini mampu mengobati kanker. Kandungan acetogenin pada daun sirsak ini memiliki sifat sitotoksik yang mampu membunuh racun di dalam tubuh. Pertumbuhan adenosia trifosfat yang menjadi sumber energi kanker untuk berkembang dapat dihambat dengan acetogenin yang ada pada daun sirsak.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol Tinggi

Selain untuk mengobati kanker, manfaat daun sirsak ternyata juga bisa digunakan untuk masalah kolesterol. Kolesterol merupakan lemak yang dapat ditemukan di seluruh sel di dalam tubuh. Kolesterol pada tubuh sebagian besar diperoleh dari makanan yang dimakan. Makanan-makanan yang mengandung lemak trans atau lemak jenuh akan memicu terjadinya peningkatan kolesterol dalam darah.

Segera cek kadar kolesterol untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap berbagai masalah komplikasi lainnya yang berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke. Kolesterol sendiri juga sebenarnya diperlukan tubuh dan bersifat melindungi jantung. Kolesterol ini disebut kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein), sedangkan ada juga kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) karena dapat menyebabkan terjadinya plak kolesterol di pembuluh darah arteri jika jumlahnya berlebihan.

Untuk jumlah kolesterol total pun berkisar 200 mg pada tubuh seseorang, dan jika berlebihan atau diatas 240 mg dapat dikatakan sebagai gejala kolesterol tinggi atau berlebihan. Kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya penyakit berbahaya lainnya, contohnya penyakit jantung, stroke, asam urat, dan diabetes), terjadinya penyumbatan di pembuluh darah, dan sebagainya.

Dan salah satu obat penurun kolesterol alami adalah daun sirsak, antioksidan tinggi pada daun sirsak mampu mencegah dan menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Hadirnya antioksidan di dalam tubuh dapat mengontrol kadar kolesterol tubuh dan mencegah terjadinya kelebihan kolesterol.

Manfaat Daun Sirsak yang Lainnya

Secara ilmiahnya, daun sirsak memang diketahui memiliki banyak nutrisi dan mampu melindungi diri dari berbagai macam penyakit. Manfaat daun sirsak bukan hanya sebagai obat penurun kolesterol alami saja, masih terdapat manfaat lainnya, yaitu :

  • Membantu mengobati kanker
    Sebuah riset yang pernah dilakukan oleh National Cancer Institute menunjukkan bahwa khasiat pada daun sirsak mampu membantu mengobati kanker. Hal ini diperkuat karena kandungan pada daun sirsak tersebut mampu menghambat pertumbuhan kanker dan mengobati kanker dengan lebih cepat.

    Hal ini dikarenakan daun sirsak memiliki kandungan senyawa acetogenin yang membantu tubuh memerangi sel kanker. Senyawa acetogenin 10.000 kali lebih kuat daripada adriamycin dalam hal memerangi sel kanker. Daun sirsak juga dipercayai lebih cepat dan efektif menghambat sel kanker daripada menggunakan kemoterapi.

    Untuk mendapatkan khasiatnya, bisa dengan cara merebus air daun sirsak. Gunakan 10 lembar daun sirsak dan rebus dengan 3 gelas air mineral. Silahkan direbus hingga tersisa airnya saja. Lalu minum air rebusan tersebut baik dalam keadaan hangat maupun biasa. Minum setiap pagi hari untuk manfaat optimalnya.

  • Membantu mengobati diabetes
    Daun sirsak mengandung antioksidan seperti polifenol, bioflavonoid, dan sponin. Antioksidan diketahui manfaatnya untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang ada di sekeliling tubuh dan mencegah penyakit lainnya. Penggunaan daun sirsak juga sering digunakan bagi pengidap diabetes, karena daun sirsak mampu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.
  • Membantu mengobati penyakit paru-paru
    Selain membantu masalah kanker, rebusan air daun sirsak juga bermanfaat untuk mengobati sakit paru-paru, baik paru-paru basah maupun paru-paru kering. Hal ini dikarenakan daun sirsak memiliki kandungan anti-bakteri yang mampu mengobati paru-paru.
  • Meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita
    Rebusan air daun sirsak juga membantu dalam meningkatkan kesuburan pada pria dengan meningkatkan produksi sperma dan memperkuat rahim pada wanita.