Mengalami bruntusan di wajah tentunya sangat mengganggu penampilan. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan adalah tomat. Mengapa tomat? Karena, tomat memiliki berbagai vitamin dan mineral, seperti antioksidan, vitamin C, kalium, dan magnesium di dalamnya yang dapat menyehatkan kulit.

Jika Anda mengalami jerawat yang parah atau bruntusan di wajah, Anda bisa menggunakan masker yang terbuat dari tomat. Karena tomat mengandung salisilat yang dapat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit wajah, selain itu juga bisa mengecilkan pori-pori. Cara membuat masker tomat adalah dengan menghaluskan 1 buah tomat, kemudian Anda bisa menempelkan tomat yang sudah halus ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. lalu, bilas wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Selain dengan cara tersebut, Anda juga bisa membeli produk masker tomat yang sudah jadi di dibeberapa toko kecantikan. Selain dijadikan masker, ada juga teknik lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan dengan tomat, yaitu dengan menggosok-gosokkan tomat langsung ke wajah.

Selain dengan dijadikan masker, untuk menghilangkan bekas jerawat juga bisa dengan mengonsumsi buah tomat sebanyak 2-3 kali dalam seminggu agar dapat mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

 

Manfaat Lain Tomat untuk Wajah

  1. Mengecilkan pori-pori yang terbuka

Campurkan jus tomat dengan sedikit jus lemon, kemudian aplikasikan pada wajah Anda. Biarkan selama kurang lebih sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu agar ppori-pori mengecil.

  1. Menunda penuaan dini

Tomat dapat membantu dalam menunda proses penuaan dini. Munculnya garis-garis halus dan kerutan pada wajah dapat disamarkan dengan melakukan perawatan buah tomat. Kupas tomat dan haluskan tomat dan mencampurnya dengan tepung hingga teksturnya berubah menjadi pasta. Oleskan pada wajah sebagai masker dan berikan sedikit minyak zaitun agar kulit menjadi lebih lemabab.

  1. Dapat mengatasi masalah kulit berminyak

Campurkan jus tomat dengan jus mentimun, dan aplikasikan pada wajah Anda dengan menggunakan bantuan bola kapas. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk mengatasi permasalahan minyak yang berlebih pada wajah Anda. Tomat memiliki zat alami yang dapat membantu untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah, dan mentimun dapat menenangkan dan mendinginkan kulit wajah.

  1. Untuk mengobati kulit yang terbakar matahari

Kandungan likopen yang ada didalam tomat dapat meredakan efek paparan sinar UV dari matahari. Anda bisa mengaplikasikan jus tomat yang dicampur dengan butter milk tea ke area kulit yang terbakar oleh matahari. Kemudian, Anda bisa membilas setelah 30 menit. Hal ini dapat meringankan luka bakar dan membantu menyembuhkan belang pada kulit.

  1. Pengelupasan sel kulit mati

Masukkan potongan tomat ke dalam mangkuk yang sudah berisi gula dan gosokkan wajah Anda dengan lembut. Proses ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih bercahaya. Lakukan perawatn ini dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

  1. Membuat kulit menjadi lebih berkilau

Apabila kulit Anda kusam, maka Anda bisa menggunakan masker wajah dengan mencampur tomat dan yogurt. Tomat memiliki efek menetralkan dan mendinginkan kulit, sedangkan yogurt dapat mencerahkan dan menutrisi kulit. Perawatan ini sangat baik dilakukan untuk mencerahkan wajah agar tidak kusam.

  1. Mengurangi mata panda

Tidur larut malam, jadwal sibuk atau kebiasaan makanan yang buruk, dapat membuat lingkaran hitam muncul di bawah mata. Lingkaran hitam atau mata panda dapat menurunkan rasa percaya diri. Anda bisa mengurangi besarnya mata panda dengan tomat. Caranya adalah dengan menghaluskan 1 buah tomat hingga menjadi pasta kental dan olesekan pada lingkaran hitam. Kemudia setelah beberapa menit bilas dengan air bersih.