Bubur gandum atau oat merupakan salah satu menu sarapan yang popular dan juga praktis serta menyehatkan. Namun, di balik manfaatnya yang baik untuk sarapan, ternyata oat juga bisa digunakan sebagai masker organic untuk merawat kulit dari jerawat. Hal tersebut karena, kandungan zat yang ada di dalam oat dapat membantu untuk menenangkan kulit. Oat juga dapat menyerap minyak berlebihan yang menjadi penyebab munculnya jerawat, mengatasi kulit yang kering, dan mengangkat sel kulit mati. Seperti yang telah disampaikan oleh Byrdie, untuk membuat masker oat, Anda bisa menggunakan oat instan. Pastikan Anda memiliki oat yang tidak mengandung perasa dan juga tambahan lainnya. Anda juga bisa menggunakan tepung oat, atau oat yang sudah dihaluskan. Bubuk oat sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati.

Masker oat untuk jerawat

Melansir dari NDTV, didalam oat terkandung zinc yang bisa mengurangi peradangan dan juga dapat membunuh bakteri biang jerawat. Oat juga dapat membantu menyerap kelebihan minyak dari kulit. Produksi minyak berlebih merupakan salah satu pemicu munculnya jerawat. Cara membuat masker oat untuk jerawat dan bruntusan cukup mudah. Cukup dengan rebus setengah cangkir oat dalam setengah cangkir air. Biarkan sampai dingin. Setelah dingin, Anda bisa langsung mengoleskan masker oat ke wajah, tunggu hingga 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Jika perlu, Anda juga bisa menambahkan campuran jus tomat ke dalam masker.

Manfaat oat untuk wajah

  1. Melembapkan kulit wajah

Selain mafaat oat untuk jerawat, masker oat juga bisa membuat kulit menjadi lebih lembap. Hal ini karena, oat dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan berperan sebagai pelembap alami. Kandungan beta glukan yang ada pada oat memiliki fungsi untuk membentuk lapisan halus pada permukaan kulit, selain juga ke sel-sel kulit paling dalam sehingga mampu memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh kulit.

  1. Mencerahkan wajah

Tidak hanya untuk kesehatan, salah satu manfaat oat yang lainnya adalah oat diyakini dapat mengeksfoliasi kulit dengan lembut sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Bahkan, cara kerjanya dipercayai lebih baik dibandingkan dengan masker buah-buahan atau produk perawatan kulit yang mengandung alpha hydroxyl acid (AHA), seperti asam laktat dan asam glikolat, yang dapat memicu eksfoliasi kulit berlebihan. Manfaat masker oat ini bisa didapatkan dengan beberapa tetes madu. Perpaduan bahan alami masker oat dan madu bisa menjadi dalah satu pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin memiliki wajah menjadi lebih cerah. Madu mengandung zat eksfoliasi didalamnya yang memiliki fungsi mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam. Dengan kandungan eksfoliator yang terdapat pada oat dan madu membuat kedua bahan alami ini diyakini untuk mencerahkan wajah.

  1. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat masker oatmeal adalah membantu mengeksfoliasi wajah. Khasiat ini juga didukung dengan kandungan saponin di dalamnya yang diklaim dapat mampu mengangkat penumpukan sel kulit mati di wajah.

  1. Meredakan jerawat yang meradang

Meredakan jerawat yang meradang merupakan salah satu manfaat masker oatmeal untuk kulit berjerawat.  Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling banyak di alami oleh banyak orang, baik oleh pria ataupun wanita. Jerawat yang sedang meradang tentunya dapat mengganggu penampilan. Manfaat masker oatmeal untuk kulit berjerawat ini muncul karena disebabkan oleh kandungan antioksidan yang bernama avenanthramide yang memiliki efek antiradang.

Selain itu, oatmeal juga mengandung berbagai mineral, seperti magnesium, fosfor, mangan, selenium, dan zinc yang memiliki manfaat untuk mmebantu menyeimbangkan hormone penyebab jerawat. Apabila digunakan bersamaan dengan madu, maka manfaat yang didapat bisa semakin lebih maksimal. Karena, manfaat masker madu untuk kulit berjerawat juga berasal dari bakteri baik di dalamnya yang mampu meredakan peradangan dan juga kemerahan pada jerawat. Namun, pastikan terlebih dahulu jenis madu yang akan digunakan untuk masker wajah, karena madu yang baik digunakan untuk masker wajah adalah madu yang tidak dipasteurisasi, seperti madu Manuka.

 

 

 

  1. Membersihkan pori-pori kulit

Masker oatmeal juga memiliki manfaat yang baik untuk membersihkan pori-pori kulit. Minyak alami pada kulit atau produksi minyak berlebih serta kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit, seperti pori-pori terseumbat hingga munculnya jerawat. Kandungan sponin yang terkandung pada oatmeal tidak hanya mengangkat sel kulit mati, tapi juga untuk menghilangkan dan membersihkan minyak dan kotoran yang ada pada pori-pori. Dengan demikian, pori-pori kulit akan mengecil sehingga kulitpun menjadi tampak lebih halus.

  1. Mengurangi produksi minyak berlebih

Selain membersihkan pori-pori kulit, manfaat masker oatmeal yang tidak kalah penting adalah mengurangi produksi minyak berlebih untuk kulit yang berjerawat. Anda bisa mengurangi produksi minyak berlebihan dengan menggunakan masker dari oatmeal setiap hari sehingga dapat mencegah timbulnya flek hitam hingga jerawat diwajah.

  1. Melindung kulit dari sinar matahari

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari juga dapat menjadi manfaat masker oatmeal. Manfaat oatmeal untuk masker ini muncul karena kandungan lemak yang berfungsi sebagai pelinfung dari paparan sinar UV.