Jerawat seringkali sulit untuk dihilangkan dan terkadang meninggalkan rasa sakit ketika kita sedang berupaya menghilangkannya, bahkan nantinya akan meninggalkan bekas pada kulit. Namun, jerawat sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan  pengobatan alami yang bisa ditemukan di dapur, seperti mentimun. Jerawat sendiri disebabkan karena kotoran dan debu yang menumpuk pada bagian kulit. Selain itu, produksi minyak yang berlebih dan sel kulit mati juga bisa memicu munculnya jerawat. Mentimun dapat menjadi altenatif penghilang jerawat sebagai bahan alami yang memiliki efek menenangkan kulit yang iritasi. Penggunaan mentimum telah dipercaya dapat menghilangkan jerawat atau kulit beruntusan karena jerawat. Selain itu, timun juga dapat mencerahkan warna kulit. Berikut ini merupakan manfaat timun untuk jerawat, yaitu :

  1. Toner mentimun

Untuk membuat toner mentimum penghilang jerawat, Anda harus menyiapkan beberapa potongan-potongan mentimun yang telah dikupas, kemudian tambahkan dua sendok makan air dan dua sendok makan sari tanaman witch hazel.

  1. Masker mentimun

Siapkan setengah mentimun yang sudah dipotong, tambahkan satu sendok makan yoghurt dan satu sendok teh madu. Kemudian, hancurkan potongan mentimun dan campurkan dengan yogurt sampai berbentuk pasta. Tambahkan madu dan aduk merata. Cuci wajah dengan air dingin dan keringkan menggunakan handuk lembut. Lalu, aplikasikan pasta mentimun tersebut pada area leher dan juga wajah, diamkan selama 20 menit kemudian sebelum membilasnya. Lakukan perawatan ini kurang lebih dua kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

  1. Jus mentimun

Siapkan satu buah mentimun lalu kupas hingga bersih dan potong menjadi kecil-kecil sebelum di masukkan ke dalam blender. Haluskan potongan tersebut lalu masukkan ke dalam gelas. Ambil bola kapas kemudian celupkan ke dalam jus mentimun yang sudah dibuat dan aplikasikan pada wajah. Anda juga bisa mengoleskan pada area tertentu, misalnya area yang paling sering ditumbuh jerawat. Pijat lembut wajah Anda selama 5-10 menit sebelum membilas wajah dengan air dingin.

 

Manfaat Mentimun Lainnya

Ada berbagai jenis masker wajah yang alami untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah masker mentimun. Timun mengandung vitamin C dan asam kafeat yang sangat ampuh mengurangi peradangan dan juga iritasi pada kulit. Selain itu, timun juga kaya akan kandungan air mencapai 96% sehingga dapat menghidrasi kulit dengan baik. Kedua kandungan mentimun tersebut seringkali digunakan sebagai masker wajah alami yang sangat meyehatkan dan juga aman, bahkan untuk kulit sensitive sekali pun.

  • Manfaat timun dalam mengurangi kantong mata

Salah satu manfaat masker timun adalah untuk mengurangi mata panda yang disebabkan karena kurang tidur. Hal ini tidak terlepas dari kandungan vitamin C dan asam folat di dalamnya. Setelah menggunakan masker timun di area mata, jangan lupa mengoleskan krim mata untuk mengunci kelembapan pada kulit. Karena, meski pun kandungan air, masker timun saja tidak mampu menghidrasi kulit di area mata secara maksimal.

  • Melembabkan kulit wajah

Manfaat masker timun untuk wajah berikutnya adalah melembabkan kulit. Kandungan air yang ada didalam mentimun sebanyak 96% dapat bekerja dengan optimal jika dicampurkan dengan bahan-bahan alami lainnya. Misalnya, menambahkan madu, yogurt, atau aloevera ke dalam masker timun. Akan tetapi, penting untuk Anda menggunakan pelembap setelah mengoleskan masker timun pada wajah. Karena, hasil studi telah menemukan bahwa penggunaan mentimun untuk wajah tanpa diikuti dengan pelembap setelahnya justru dapat mengurangi hidrasi kulit.

  • Melawan tanda-tanda penuan

Manfaat masker mentimum berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya mampu melawan tanda-tanda penuaan, seperti keriput. Selain itu, masker timun mengandung vitamin C dan asam folat di dalamnya. Kandungan vitamin C bisa membantu merangsang pertumbuhan sel-sel baru.