Mengatasi jerawat dan juga menghilangkan bekasnya tentunya membutuhkan usaha yang tidak mudah. Jerawat dapat muncul dan sembuh dalam hitungan hari, akan tetapi bekas jerawat bisa bertahan lama, seperti dalam hitungan minggu bahkan ada juga yang sampai berbulan-bulan. Tidak hanya meninggalkan noda hitam, bekas jerawat ini juga terkadang sampai menimbulkan luka yang cukup dalam. Bagi remaja yang memiliki kulit berjerawat ada pasti akan merasakan jengah dengan perawatan bahan kimia yang terlalu keras untuk menghilangkan jerawat ataupun bekasnya. Namun, kini tidak perlu khawatir, karena ada beberapa bahan alami yang bisa membantu untuk menghilangkan bekas jerawat.

Penyebab jerawat

Ada beberapa faktor yang bisa menimbulkan tumbuhnya jerawat pada kulit, yaitu :

  • Adanya perubahan hormone
  • Masa pubertas
  • Salah perawatan kulit
  • Malas cuci muka atau terlalu sering cuci muka
  • Faktor keturunan
  • Penggunaan kosmetik yang salah
  • Stress
  • Terapapar debu dan polusi

Mengingat ada banyak faktor yang dapat menyebabkam jerwat itu muncul. Tentu Anda dapat mengambil beberapa solusi untuk menghilangkan jerawat pada kulit. Salah satunya adalah dengan rajin menggunakan masker. Berikut ini merupakan masker buat jerawat, yaitu :

  1. Lidah buaya

Salah satu bahan alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat adalah lidah buaya. Karena, lidah buaya memiliki kandung polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat pada kulit, sehingga mampu menghilangkan jerawat secara menyeluruh jika digunakan secara teratur. Caranya adalah, Anda sapat mengambil gel yang terapat di lidah buaya, kemudian gunakan seperti masker dan diamkan selama 20-3- menit, setelah itu Anda bisa langsung membilas wajah Anda dengan air bersih.

  1. Putih telur

Kandung enzim lysonzim yang ada di dalam putih telur ternyata dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat dengan ampuh. Caranya adalah, Anda dapat memisahkan terlebih dahulu putih telur dari kuningnya. Kemudian tambahkan air perasan lemon, lalu Anda bisa langsung mengoeskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

 

BACA JUGA : Cara Menghilangi Jerawat

 

  1. Bawang putih

Zat sulfur dipercaya mampu menghilangkan jerawat dengan cepat. Dimana zat ini dapat Anda temukan pada bawang putih yang biasa digunakan sehari-hari. Caranya, ambil 1 siung bawah putih, kemudian potong menjadi berberapa bagian. Setelah itu kemudian tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit, kemudia bersihkan dengan air bersih.

  1. Mentimun

Selain memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, mentimun juga memiliki kandungan vitamin dan asam amino didalamnya. Dimana kandungan ini dapat digunakan sebagai penghilang jerawat dengan alami. Anda bisa gunakan masker mentimum pada kulit yang berjerawat secara teratur

  1. Air lemon

Buah lemon yang memiliki kandungan asam askorbat ini sangat mampu digunakan untuk menghilangkan jerawat yang membandel pada kulit. Selain ini air lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat pada kult. Caranya, perasa 1 buah lemon, kemudian airnya bisa langsung di oleskan pada muka yang berjerawat. Tunggu 10-15 menit kemudian bilaslah dengan air bersih.

  1. Madu

Madu sangat banyak digunakan sebagai bahan untuk perawatn kulit secara alami. Dimana kandungan yang dimiliki ini juga mampu mengatasi maslaah jerawat engan ampuh. Anda juga bisa menggunakanan madu untuk masker jerat setiap harinya.

  1. Tomat

Kandungan vitamin A dan C yang ada di dalam buah tomat juga bisa menghilangkan jerawat secara alami. Caranya sangat mudah, yaitu dengan potong 1 buah tomat menjadi 2 bagian, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20-30 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.