Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi akibat dari folikel rambut atau tempat di mana tumbuhnya rambut yang tersumbat oleh minyak dan juga sel kulit mati. Jerawat yang muncul biasanya ditandai dengan adanya bintik-bintik pada bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung dan dada. Salah satu ahli kesehatan di London, John Tsagaris mengatakan bahwa jerawat di bagian wajah ternyata memiliki penyebab yang berbeda-beda, dan memerlukan solusi yang tidak sama. Jerawat sangatlah mengganggu penampilan, sehingga dapat mengurangi rasa percaya diri. Banyak orang yang berusaha untuk mengatasi jerawat. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan mudah, salah satunya adalah kentang.

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang cukup banyak disukai sebagai pengganti nasi. Namun, ternyata kentang juga sangat berguna untuk perawatan kecantikan. Dikutip dari naturalremedyideas.com, kandungan nutrisi yang ada di dalam kentang sangat aman dan baik dalam mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, dan menghaluskan kulit. Kentang bisa gunakan sebagai masker, dengan cara mencuci kentang dengan bersih dan mengupas kulitnya. Kemudian, kenyang dihaluskan dengan cara diparut atau dibelender. Selain dengan cara dihaluskan, kentang juga bisa diirtis tipis. Berikut ini merupakan masker kentang untuk menghilangkan bekas jerawat, yaitu :

  • Kentang dan mentimun

Campuran kentang dan juga mentimun dapat menghilangkan bekas jerawat. Anda bisa membuat pasta dari kentang dan mentimun dengan cara diblender. Masker ini bisa Anda oleskan pada bagian kulit yang berjerawat, kemudian diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Selain untuk menghilangkan bekas jerawat, masker ini juga bisa menghilangkan lingkaran hitam pada bagian bawah mata.

  • Kentang dan kunyit

Anda bisa membuat campuran 1 sendok teh kunyit dan 1 sendok makan kentang yang sudah dihaluskan. Hal ini bisa Anda jadikan masker yang ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat.

  • Kentang dan tomat

Masker campuran kentang dan tomat untuk menghilangkan beas jerawat ini dibuat dengan cara dibelender.

 

 

Manfaat Lain Kentang untuk Wajah

  1. Mencerahkan kulit

Masker kentang yang dicampur dengan bahan lain seperti yogurt dan jus lemon dikatakan dapat membantu mencerahkan kulit. Manfaat ini mungkin dapat diperoleh karena kentang mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

  1. Mengempeskan jerawat

Penggunaan masker wajah dengan kentang dipercaya mampu mengempeskan jerawat yang membandel. Hal ini karena kentang termasuk jenis umbi-umbian yang mengandung antiradang didalamnya. Kandungan ini bisa meredakan peradangan pada jerawat yang dapat membuatnya semakin besar dan susah hilang.

  1. Memudarkan bekas jerawat

Kandungan niacin yang ada didalam kentang dapat membantu menyamarkan bekas jerawat. Niacin merupakan salah satu jenis vitamin (vitamin B3) yang banyak ditemukan pada berbagai produk perawatan kulit.

  1. Mencegah munculnya atau mengurangi kerutan di wajah

Penggunaan masker kentang juga dapat membantu mencegah munculnya kerutan di wajah. Karena, kandungan antioksidan yang terdapat pada kentang mampu melawan radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu kerusakan pada kulit dan penyebab munculnya kerutan. Manfaat kentang untuk wajah di dapatkan dengan cara menjadikan kentang sebagai masker wajah. Salah satu caranya adalah dengan memarut kentang kemudian mendiamkannya di wajah selama kurang lebih 2 menit sebelum dibilas hingga bersih.

Manfaat kentang lainnya

  • Mengendalikan nafsu makan

Apabila Anda sedang menjalani diet, kentang bisa menjadi sumber karbihidrat yang dapat membuat Anda kenyang, apalagi jika dikonsumsi dengan kulitnya yg kaya akan serat.

  • Menurunkan tekanan darah

Konsumsi kentang dengan secukupnya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa diperoleh karena kentang mengandung banyak kalium didalamnya.

  • Mengurangi risiko terkena penyakit jantung

Kentang dapat menyediakan nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti beta karoten, polifenol, dan mineral. Apabila ketiga nutrisi tersebut terpenuhi dengan baik, risiko Anda untuk terkena penyakit jantung, hipertensi, dan kanker dapat berkurang.