Kunyit sudah lama digunakan untuk pengobatan tradisonal karena dianggap memiliki khasiat untuk kesehatan. Kunyit juga sering digunakan sebagai bahan alami untuk produk perawatan kulit salah satunya untuk menghilangkan bekas jerawat. Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai masker yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan seperti dapat mencegah jerawat, mencerahkan kulit, hingga mampu mengatasi kulit kering maupun berminyak. Kunyit juga cukup aman digunakan untuk Anda yang memiliki kulit sensitive sekalipun. Kaya akan manfaat, membuat masker kunyit sendiri dirumah juga sangatlah mudah, dan bisa menggunakan bahan yang biasa kita gunakan dalam sehari-hari.

Manfaat kunyit untuk menghilangkan bekas jerawat

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit kronis yang sering terjadi pada setiap orang. Kondisi kulit ini sebenarnya mudah diatasi jika segera melakukan penanganan yang tepat, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan alami untuk mengobatinya. Salah satunya adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit mengandung salah satu senyawa aktof yang bernama kurkumin didalamnya yang dikenal memiliki segudang manfaat, termasuk bersifat anti peradangan. Selain itu, kunyit juga mengandung antioksidan dan anti penuaan yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit tertentu. Jika dikaitkan dengan jerawat, kurkumin merupakan zat antiradang yang ada di dalam kunyit dan memiliki peran besar dalam mengusir bakteri penyebab munculnya jerawat. Bahkan, kurkumin juga seringkali disebut lebih efektif dibandingkan dengan obat jerawat yang hanya mengandung asam azelaic. Beberapa para ahli telah menyatakan bajwa kunyit dapat membantu memudarkan hiperpigmentasi atau bekas jerawat yang menghitam.

Masker kunyit untuk menghilangkan bekas jerawat

Masker kunyit merupakan salah satu pilihan yang popular ketika seseorang ingin mendapatkan manfaat anti  radang pada kunyit untuk kesehatan kulit, termasuk jerawat. Selain Anda dapat membeli masker ini di toko atau pasaran, tetapi Anda juga bisa membuat masker ini dengan sendiri, yaitu :

  • Campurkan setengah sendok bubuk kunyit dengan 1 sendok teh madu
  • Aduk hingga merata
  • Oleskan campuran kedua bahan tersebut ke kulit wajah yang bersih dan juga kering
  • Diamkan selama kurang lenih 10-20 menit, kemudian bilas hingga bersih

Manfaat masker kunyit untuk wajah

  • Mengurangi jerawat

Masker kunyit dapat membantu untuk mengurangi jerawat di wajah. Sifat antiperadangan yang terkandung di dalam kunyit dapat membantu kulit yang meradang akibat jerawat.

  • Mengatasi hiperpigmentasi

Penggunaan masker kunyit secara rutin diyakini dapat membantu dalam mengatasi munculnya noda hitam di wajah akibat dari hiperpigmentasi.

  • Menghilangkan kerutan di wajah

Kunyit dikenal dapat menghilangkan kerutan halus yang ada di wajah dengan jalan meningkatkan tekstur pada kulit, sehingga kkerutan di wajah dapat tersamarkan.

 

Cara lain menggunakan kunyit untuk menghilangkan jerawat

  1. Menambahkannya ke dalam masakan

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat kunyit bagi kesehatan kulit adalah dengan menggunakannya sebagai rempah dalam masakan sehari-hari.

  1. Minum teh kunyit

Alternative lainnya untuk mendapatkan manfaat kunyit dalam mengatasi jerawat adalah dengan minum teh kunyit. Sekarang ini sudah banyak teh instan yang mengandung kunyit yang langsung bisa Anda nikmati. Anda juga bisa membuat teh kunyot dengan tambahan madu atau bahan lainnya sesuai dengan selera Anda.

  1. Mengonsumsi suplemen kunyit

Apabila Anda ingin pilihan yang lebih praktis, Anda bisa mengonsumsi suplemen kunyit. Namun sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini, terutama jika Anda sedang menjadlani pengobatan tertentu. Hal ini disebabkan karena kurkumin yang ada di dalam kunyit dapat berinteraksi negative pada obat-obatan tertentu.