Bekas jerawat yang muncul ketika peradangan menembus kulit secara dalam dan juga dapat merusak jaringan bawahnya. Jerawat yang mulai sembuh bisa meninggalkan bekas yang kemerahan, hitam, atau bahkan meninggalkan bekas kulit yang mengelupas. Bekas jerawat berupa noda hitam yang paling sering muncul. Hal ini disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dengan sel kulit mati dan minyak yang berlebih. Namun, bekas jerawat bisa dihilangkan dengan berbagai macam cara. Anda bisa dengan mudah mengatasi flek hitam bekas jerawat dengan masker yang dibuat sendiri. cara membuat masker untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam ini sangatlah mudah. Berikut ini merupakan masker alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat hitam.

  1. Masker lemon

Ketika dioleskan secara tropical, asam sitrat yang ada di dalam lemon dapat membantu meringankan bintik hitam dengan sifat pemutihnya. Lemon juga dapat membantu membuka pori-pori dan mengecilkannya. Pada saat penggunaan lemon Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa kulit Anda tidak dalam keadaan iritasi atau meradang pada saat menggunakan masker lemon ini. Cara membuat masker lemon ini sangat mudah, yaitu dengan cara peras ½ buah lemon dan tambahkan 1 sendok makan madu. Kemudian oleskan masker keseluruh wajah dan biarkan selama kurang lebih 10-15 menit. Lalu, setelah itu Anda bisa membersihkannya dnegan menggunakan air hangat dan kemudian membilasnya kembali dengan air dingin.

  1. Madu dan susu

Susu memiliki efek untuk mencerahkan kulit, sedangkan madu dikenal karena sifat anti pelembabnya. Dengan menggunakan masker ini secara teratur dapat menghilangkan flek hitam dan juga mendukung kulit yang bersih, bercahaya, dan tampak terlihat lebih muda.

Cara membuat masker ini adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan madu. Kemudian, aplikasikan pada titik bekas jerawat atau bisa juga Anda aplikasikan keseluruh wajah Anda. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan kemudian Anda bersihkan.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya bekerja dnegan sangat baik untuk menghilangkan bintik-bintik hitam karena mengandung aloesin di dalamnya. Senyawa ini yang menghambat produksi melanin yang berlebihan. Cara membuat masker ini sangat mudah, Anda hanya perlu mengambil gel lidah buaya yang segar dan campurkan beberapa tetes air mawar. Kemudian oleskan masker tersebut ke seluruh wajah dan biarkan mongering selama kurang lebih sekitar 15 menit. Setelah itu, Anda bisa pijam kurang lebih 2-3 menit dan kemudian bersihkan dengan air dingin.

 

 

  1. Kentang

Kentang memiliki sifat pemutih kulit yang alami yang dapat membantu mengatasi flek hitam, noda serta mencerahkan warna kulit. Anda hanya perlu mengupas dan parut ½ buah kentang. Kemudian tambahkan 1 sendok teh susu bubuk. Oleskan pada wajah  secara merata dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air.

  1. Papaya

Enzim yang ada di dalam papaya dapat mengeksfoliasi kulit dan membuatnya menjadi lebih cerah. Pada saat Anda mengaplikasikannya pada bintik hitam bekas jerawat, masker ini dapat membantu untuk menyamarkannya. Cara membuat masker ini adalah dengan menghaluskan ¼ cup papaya matang dan kemudian campur dengan 2 sendok makan teh hijau. Kemudian oleskan pada kulit yang memiliki bekas jerawat, biarkan selama kurang lebih 20-30 menit kemudian bilas dengan air dingin.

  1. Kunyit

Kurkumin yang ada di dalam kunyit memiliki sifat antioksidan dan penyembuhan kulit. Kunyit dapat membantu meratakan warna kulit. Kunyit juga bisa mencerahkan bintik hitam dan area lain yang mengalami hiper pigmentasi. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan ½ sendok teh bubuk kunyit, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok teh air lemon. Oleskan campuran bahan tersebut pada wajah selama kurang lebih 10-12 menit. Kemudian bilas dengan air hangat lalu lanjutkan dengan dibilas kembali menggunakan air dingin.