Jika kulit Anda terus-menerus jerawatan dan tak kunjung sembuh, sepertinya kulit Anda membutuhkan perawatan alami dengan putih telur. Kandungan enzim lysozome yang ada di dalam putih telur dapat memusnahkan bekteri penyebab munculnya jerawat. Putih telur juga dapat menyerap minyak berlebih pada kulit, mengangkat sel kulit mati, dan debu.

Ada beberapa cara memakai masker putih telur agar kulit bisa efektif menghilangkan jerawat dan juga komedo. Anda bisa menggunakan putih telurnya secara langsung untuk mencapurnya dengan bahan alami yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda. Berikut ini merupakan cara untuk memakai masker putih telur untuk jerawat, yaitu :

  1. Gunakan putih telur untuk membasmi jerawat dan mengangkat debu di wajah

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencuci wajah dan keringkan dengan handuk lembut. Kemudian, pisahkan putih telur dari kuningnya. Hal ini sangat penting kamu lakukan karena kuning telur tidak baik untuk kulit yang berjerawat. Hal tersebut karena kuning telur mengandung kadar besi tinggi yang rawan di hinggapi oleh bakteri. Setelah Anda memisahkan putih telur dengan kuningnya, kocok putih telur selama beberapa menit. Kemudian oleskan masker putih telur ke wajah, dan tutupi wajah dengan tisu yang sudah dibuang bagian mata dan bibirnya. Apabila sisa telur masih ada, Anda bisa mengoleskannya kembali di atas tisu. Biarkan masker mongering selama 30 menit hingga satu jam. untuk langkah terkahir, cuci wajah Anda dan keringkan dengan handuk yang lembut.

  1. Putih telur dan madu untuk membunuh bakteri dan mengempiskan jerawat

Madu memiliki efek anti inflamasi yang membentuk kemerahan pada jerawat menjadi mereda. Jerawat juga dapat mengempis karena efek madu dapat menyerap cairan. Selain itu, madu juga dapat mempercepat proses penyembuhan kulit dan meminimalkan hiperpigmentasi atau noda kehitaman bekas jerawat. Anda dapat memanfaatkan putih telur dengan mencampurkan madu kedalam masker Anda. Kedua bahan tersebut memiliki perpaduan yang sempurna untuk menyembuhkan jerawat. Cara membuat masker putih telur dengan madu adalah mencampurkan putih telur dengan satu sendok makan madu. Oleskan masker ini ke wajah Anda, hindari area sekitar mata. Kemudian tunggu masker mengencang, lalu cuci wajah Anda dengan menggunakan face wash.

 

 

  1. Putih telur dan tea tree oil untuk mengecilkan pori-pori dan melawan bakteri jerawat

Manfaat tea tree adalah antibakteri dapat melawan bakteri jerawat. Penggabungan tea tree oil dan putih telur dapat membunuh bakteri jerawat, sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, putih telur juga mampu mengecilkan pori-pori.

  1. Masker putih telur dan oatmeal untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit

Oatmeal dapat melepaskan sel kulit mati dengan lembut sehingga tidak akan membuat kulit iritasi. Setelah kulit mati terangkat, maka wajah akan menjadi lebih cerah dan glowing. Keutamaan lain dari oatmeal adalah dapat menyerap minyak berlebih di kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

  1. Masker putih telur dan yogurt untuk menenagkan jerawat dan mengangkat sel kulit mati

Yogurt mengandung latic acid yang diproduksi oleh lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophiles. Nah, lactic acid merupakan salah satu jenis AHA yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, yogurt juga dapat menenangkan kulit kemerahan di sekitar jerawat. Kandungan lactic acid juga aman digunakan untuk kulit yang sensitive.