Bekas jerawat menjadi masalah yang sangat memusingkan selain jerawat itu sendiri. bekas jerawat biasnaya muncul pada saat peradangan menembus kulit secara dalam dan merudak jaringan dibawahnya. Jerawat yang mulai sembuh pun dapat meninggalkan bekas kemerahan, hitam, bopeng, atau kulit yang mengelupas. Bekas jerawat dan noda hitam paling sering muncul. Hal ini karena disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dengan sel kulit mati dan juga minyak yang berlebih. Namun, bekas jerawat bisa dihilangkan dengan sejumlah cara. Anda bisa dengan mudah mengatasi flek hitam bekas jerawat dengan masker buatan sendiri. Berikut ini merupakan masker untuk menghilangkan bekas jerawat yang mudah digunakan, yaitu :

  1. Lemon

Ketika dioleshkan secara topical, asam sitrat yang ada di dalam lemon dapat membantu meringankan bitnik hitam dengan sifat pemutihnya. Selain itu, lemon juga dapat membuka pori-pori dan mengecilkannya. Pastikan kulit Anda tidak dalam keadaan iritasi atau meradang pada saat anda menggunakan lemon. Peras ½ buah lemon dan tambahkan 1 sendok makan madu. Oleskan masker ke seluruh wajah dan biarkan selama kurang lebih 10-15 menit. Lalu, bersihkan dengan air hangat dan kemudian membilas wajah dengan air dingin. Tepuk-tepuk kulit dengan lembut menggunakan handuk, kemudian gunakan pelembap.

  1. Madu dan susu

Susu memiliki efek dapat mencerahkan kulit, sedangkan madu dikenal karena sifat pelembapnya. Dengan menggunakan masker ini secara teratur bisa menghilangkan flek hitam diwajah  dan mendukung kulit yang bersih, bercahaya, dan tampak lebih muda. Campurkan 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan madu kedalam wadah. Aplikasikan pada titik bekas jerawat atau keseluruh wajah. Diamkan campuran selama 15 menit dan kemudian di bersihkan.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya sangat baik untuk menghilangkan bitnik-bintik hitam karena mengandung aloesin. Senyawa ini menghambat produksi melanin yang berlebihan. Ambil gel lidah buaya segar dan campur beberapa tetes air mawar. Oleskan keseluruh wajah dan biarkan mongering selama selama sekitar 15 menit. Pijak selama 203 menit dan kemudian bersihkan dengan air dingin.

  1. Kentang

Kentang memiliki sifat pemutih kulit yang alami dan dapat membantu mengatasi flek hitam, noda, serta mencerahkan warna kulit. Kupas dan parut ½ kentang. Tambahkan 1 sendok teh air lemon dan ¼ sendok teh susu bubuk. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air, kemudian tepuk-tepuk kulit hingga kering dan gunakan pelembap.

  1. Papaya

Enzim yang ada didalam papaya dapat mengeksfoliasi kulit dan membuatnya lebih cerah. Ketika diaplikasikan pada bitnik hitam bekas jerawat, masker ini dapat membantu menyamarkannya. Haluskan ¼ cup papaya matang dan campur bersama dengan 2 sendok makan teh hijau. Oleskan pada kulit yang memiliki bekas jerawat, biarkan selama 20-30 menit. Bilas dengan air dingin setelahnya.

 

 

  1. Kunyit

Kurkumin dalam kunyit memiliki sifat antioksidan dan penyembuhan kulit. Kunyit bisa membantu meratakan warna kulit. Ini juga dapat mencerahkan bitnik hitam dan area lain yang mengalami hiper-pigmentasi. Campurkan ½ sendok teh bubuk kunyit, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok teh air lemon. Oleskan campuran bahan tersebut pada wajah selama selam 10-12 menit. Bilas dengan air hangat lalu kemudian bilas kembali dengan air dingin.

  1. Oatmeal

Oatmeal menenangkan dan membersihkan kulit. Oatmeal juga memberikan efek antioksidan pada area yang rusak dan bernoda, oatmeal juga membantu menyerap minyak berlebihan dari kulit yang dapat memicu munculnya jerawat. Campurkan 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan air lemon, dan air mawar secukupnya hingga membentuk pasta yang halus. Oleskan masker di wajah dan biarkan selama sekitar kurang lebih 10-12 menit. Bilas dengan air hangat setelahnya.

  1. Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang berfungsi sebagai pengelupas dan agen pencerah noda. Yogurt juga mencegah jerawat yang dapat dengan mudah meninggalkan bekas luka dan juga noda. Campurkan 2 sendok makan ypgurt tawar dan sejumput kunyit. Kemudian aplikasikan pada wajah, biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air. Lakukan 2-3 kali seminggu.

  1. Tomat

Kaya vitamin, tomat dapat membantu mengecilkan pori-pori dan memudarkan noda. Tomat juga dikenal khasiatnya dapat mencerahkan dan menghilangkan noda. Haluskan satu buah tomat, kmeudian campur dengan 1 sendok makan madu. Setelah pasta terbentuk, oleskan buah tomat yang dihaluskan tersebut secara merata pada kulit dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian cuci bersih dengan air hangat dan kemudian lembapkan.