Masalah yang sering terjadi pada kulit wajah adalah munculnya jerawat, komedo dan juga pori-pori yang membesar. Masalah ini sangatlah mengganggu penampilan, karena menjadi terlihat kusam dan tidak halus lagi. Kondisi ini juga dapat membuat kulit menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab infeksi dan kotoran menjadi menumpuk. Komedo merupakan bintik-bintik kecil berawarna putih atau hitam yang banyak muncul pada beberapa area wajah, terutama pada area hidung. Penyebab munculnya komedo ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Misalnya seperti perubahan hormone, produksi sel kulit yang berlebih, penggunaan kosmetik yang berlebih, keringat yang berlebih dan juga kondisi kesehatan lainnya seperti stress dan PMS juga dapat menyebabkan munculnya komedo hingga jerawat. Perlu Anda ketahui bahwa komedo termasuk dalam jenis jerawat, namun jenis jerawat ini adalah jenis jerawat yang ringan. Selain terdapat di wajah, komedo juga dapat timbul di bahu, punggung, lengan, leher, dan juga dada.

Faktor munculnya komedo :

  • Menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan kimi yang berbahaya untuk kulit
  • Perubahan hormone yang menyebabkan produksi minyak berlebih
  • Berkembangnya bakteri propionic bacterium acnes di permukaan kulit
  • Kulit yang terlalu kering
  • Sel kulit mati yang tertimbun di dalam permukaan kulit

Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan wajah dan menggunakan peeling atau masker. Ada beberapa masker yang dapat mengatasi jerawat dan juga komedo pada kulit wajah. Bahan masker yang direkomendasikan ini adalah bahan yang sudah  dilengkapi dengan sifat antibakteri dan antioksidan yang baik bagi kulit.

  1. Masker putih telur dan jus lemon

Masukkan putih telur dengan 1 sendok makan jus lemon ke dalam mangkuk dan campurkan. Oleskan pada seluruh wajah dan juga leher. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15-20 menit, lalu Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat.

  1. Baking soda dan lidah buaya

Buatlah campuran ½ sendok teh baking soda dan 1 sendok makan gel lidah buaya. Aplikasikan pada wajah dan Anda dapat mendiamkannya selama kurang lebih 10 menit. Setelah 10 menit, Anda bisa membilas dengan air hangat dan semprotkan toner untuk hasil yang lebih baik.

  1. Mentimun dan cuka apel

Parut 1 (satu) poting mentimun dan campurkanlah dengan 2-5 tetes cuka apel. Oleskan ke wajah dan biarkan hingga kering selama kurang lebih 5 sampai 10 menit. Kemudian, Anda bisa menggunakan air hangat untuk membilasnya.

  1. Madu dan minyak tea tree

Campurkan 2 sendok teh madu organic dengan 3-4 tetes minyak tea tree. Oleskan pada kulit yang sedikit basah dan biarkan selama kurang lebih 5 menit. Kemudian, Anda bisa menggunakan air hangat untuk membilasnya.

 

 

  1. Pisang dan minyak almond

Cara membuat masker ini adalah dengan menghaluskan pisang dan mencampurkannya dengan 1 (satu) sendok makan minyak almond. Oleskan merata di seluruh wajah dan biarkan menyerap di permukaan kulit selama 15 menit, kemudian Anda bisa membilasnya dengan air hangat.

  1. Gandum dan minyak kelapa

Campurkan 1 sdt oatmeal dengan 2 sdt minyak kelapa. Kemudian oleskan pada wajah Anda selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air hangat.

  1. Yogurt dan gula merah

Campurkan 2 sdt yogurt dan 1 sendok teh gula merah. Dengan lembut Anda oleskan pada wajah dan biarkanlah selama 10 menit. Setelah selesai, gunakan air hangat untuk membersihkan wajah.

  1. Kunyit bubuk dan susu

Campurkan sedikit bubuk kunyit dengan 1 (satu) sendok teh susu segar. Kemudian oleskan pasta di seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat.