ALSYVA.COM – Penyakit jantung memang merupakan salah satu penyakit dengan penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang memang sangat berbahaya, diketahui juga memang alasan menjadi penyebab kematian tertinggi ialah dikarenakan sifatnya yang diam-diam. Penyakit jantung dikenal sebagai silent killer atau pembunuh dalam diam karena tak jarang timbul tanpa adanya bentuk gejala penyakit yang ditimbulkan.

Untuk itu penting menjaga kesehatan dan melakukan pola hidup yang baik guna mencegah penyakit jantung ini menyerang, ada banyak makanan yang baik untuk jantung, dan salah satu yang akan dibahas ialah beragam buah untuk penyakit jantung yang perlu anda ketahui.

12 Jenis Buah Untuk Penyakit Jantung

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyakit jantung ialah dengan buah-buahan, berikut ini beberapa jenis buah untuk kesehatan jantung yang bisa dikonsumsi :

 

  • Buah Alpukat
    Buah alpukat termasuk buah untuk penyakit jantung sebab kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Buah alpukat juga memiliki kadar kalium yang tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan jantung serta sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.
  • Buah Anggur
    Buah yang baik untuk jantung selanjutnya ialah buah anggur, buah yang memiliki kandungan resveratrol yaitu senyawa polifenol yang banyak pada bagian buah serta bijinya. Resveratrol ini berguna sebagai antioksidan yang dapat membantu dalam mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah.
  • Buah Delima
    Dengan rutin konsumsi jus buah delima selama tiga bulan mampu membantu melancarkan sirkulasi darah pada organ jantung. Buah yang baik untuk jantung ini memang memiliki kandungan antioksidan yang banyak yang salah satunya ialah polifenol dan antosianin yang mampu menjaga kesehatan dan elastisitas dari pembuluh darah.
  • Buah Pisang
    Buah pisang termasuk dalam buah yang baik untuk jantung lantaran memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dan dapat menurunkan risiko meningkatnya kadar kolesterol tubuh. Tak hanya itu saja, kandungan kalium pada buah pisang juga diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dengan begitu dapat mencegah terjadinya hipertensi yang menjadi salah satu faktor risiko terjadinya serangan jantung.
  • Buah Tomat
    Buah tomat memiliki kandungan kalium yang tinggi dan diyakini mampu menjaga kesehatan jantung. Tomat juga memiliki kadar gula dan kalori yang rendah, disamping itu juga tomat merupakan salah satu sumber senyawa antioksidan yaitu likopen. Likopen merupakan salah satu karotenoid yang dapat menghancurkan lemak jahat, mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah, serta menurunkan risiko terjadinya serangan jantung.
  • Buah Jeruk
    Perlu diketahui bahwa jeruk termasuk salah satu buah untuk penyakit jantung. Pada sebuah riset pada tahun 2012, wanita yang mengkonsumsi sejumlah flavonoid yang ada pada jeruk dan jeruk bali memiliki risiko 19 persen lebih rendah dari stroke iskemik (yang dikarenakan adanya gumpalan) dibandingkan dengan wanita yang tidak mendapatkan sebanyak senyawa ini. Buah jeruk diketahui kaya akan vitamin C yang dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang rendah.
  • Buah Pepaya
    Berdasarkan situs kesehatan Healthline, pepaya merupakan buah untuk penyakit jantung lantaran mampu menyembuhkan penyakit jantung. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin A, C, dan E, serta kalsium, magnesium, kalium, dan folat. Kandungan ini mampu meningkatkan kekebalan dan kesehatan jantung. Buah pepaya juga memiliki kandungan anti inflamasi dan membantu mencegah terjadinya kanker.
  • Buah Aprikot
    Buah untuk penyakit jantung lainnya ialah buah aprikot, buah ini memiliki kandungan serat tinggi yang bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat atau LDL dan mengatasi sembelit.
  • Buah Apel
    Buah apel kaya akan vitamin A, C, E, dan K, serta karotenoid. Kandungan ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Hal inilah yang membuat buah apel menjadi buah untuk penyakit jantung yang baik. Scientific American juga pernah menekankan bahwa konsumsi dua buah apel per harinya mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.
  • Buah Kiwi
    Buah kiwi juga termasuk buah yang baik untuk penyakit jantung karena kandungan vitamin A, C, E yang melimpah. Vitamin C merupakan antioksidan yang larut di dalam air yang mampu menjaga tubuh dari serangan radikal bebas yang masuk melalui makanan dan udara. Vitamin E pada buah kiwi juga bertindak sebagai antioksidan untuk menurunkan oksidasi kolesterol jahat (LDL).
  • Buah Persik
    Pada buah persik terkandung vitamin C, E, K, serat, serta kalium yang bisa membantu mencegah penyakit jantung. Buah persik juga mengandung senyawa fenolik yang bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang berkaitan dengan terjadinya penyakit jantung. Kandungan vitamin C pada buah persik ini juga dapat membantu melawan kanker.
  • Buah Mengkudu
    Buah untuk penyakit jantung yang terakhir ialah buah mengkudu, buah ini terkenal akan manfaatnya dalam menjaga tekanan darah bagi penderita hipertensi. Dengan menurunnya tekanan darah, tentu dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke. Buah mengkudu ini mengandung xeronin, kaya akan vitamin dan mineral yang dapat memperbaiki fungsi tubuh sehingga dapat digunakan untuk terapi penyakit jantung dan stroke.