Jerawat pada wajah bisa muncul dan juga dialami oleh semua jenis kulit. Jerawat lama-kelamaan akan menjadi bekas jerawat yang dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Bekas jerawat bisa berubah menjadi lebih kemerahan atau sering disebut dengan Post  Inflammatory Erythema (PIE). Warna kemerahan pada bekas jerawat biasanya dapat disebabkan karena hasil dari proses melebarnya kapiler (pembuluh darah kecil) yang berada didekat permukaan kulit.

Penyebab Bekas Jerawat Kemerahan

Bekas jerawat kemerahan dapat disebabkan oleh jerawat yang sebelumnya meradang dan belum sembuh. Hal ini biasanya dialami oleh seseorang yang mengalami jerawat batu. Kebiasaan memencet jerawat ini juga merupakan salah satu penyebab bekas jerawat menjadi kemerahan yang sulit dihilangkan. Ketika Anda memencet jerawat artinya Anda memaksa cairan yang ada di dalam jerawat untuk keluar hingga dapat merobek kulit dan membuat bekas jerawat menjadi semakin kemerahan. Kebiasaan buruk ini yang dapat membuat kotoran dan bakteri menjadi lebih mudah menyebar dan menimbulkan bekas jerawat kemerahan semakin menjadi bertambah hingga meimbulkan infeksi pada kulit. Kulit yang berjerawat dan tidak terlindungi dari paparan sinar matahari in juga merupakan salah satu penyebab bekas jerawat menjadi kemerahan. Selain itu, bekas jerawat kemerahan juga dapat disebabkan oleh penggunaan skincare dengan zat aktif yang terlalu keras.

Cara Mengatasi Bekas Jerawat yang Kemerahan

Pada umumnya jerawat memang dapat sembuh dengan sendirinya pada wajah. Namun, hal ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, jika dibiarkan tanpa perawatan atau pengobatan tertentu, maka bekas jerwat yang kemerahan pada kulit dapat diatasi dengan menggunakan krim kortison atau steroid. Kemudian, sel kulit ini akan menyerap krim ini dan dapat mengurangi pembengkakan akibat bekas jerawat. Selain itu, untuk memudarkan bekas jerawat memerah, Anda dapat menggunakan beberapa bahan berikut ini, yaitu :

  • Putih telur

Putih telur mengandung enzim lysozyme yang ampuh dan dapat digunaan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat.

  • Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang berperan untuk membasmi jerawat pada kulit.

  • Bawang putih

Bawang putih mengandung zat sulfur yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat secara cepat.

  • Air perasan lemon

Air perasan lemon mengandung asam askorbat yang tinggi dan ampuh untuk menghilangkan jerawat yang membandel.

  • Cuka apel

Kandungan antiseptic yang ada didalam cuka apel mampu membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat.

  • Papaya

Papaya mengandung enzim papain yang mampu mengangkat sel kulit mati penyebab munculnya jerawat

  • Tomat

Tomat mengandung vitamin A dan juga vitamin C yang dapat menghilangkan jerawat secara alami.

  • Pilihlah skincare yang mengandung banyak antioksidan, anti bakteri dan anti inflamasi didalamnya seperti green tea, tea tree oil dan salicylid acid.

Tips Mencegah Jerawat pada Wajah

Hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat dan bekas jerawat, yaitu :

  • Bersihkan wajah secara teratur dengan minimal dua kali dalam sehari
  • Jika muncul jerawat, maka jangan memencet jerawat tersebut. Gunakan obat jerawat yang mengandung sulfur, asam salisilat, atau benzoil peroksida yang bisa Anda dapatkan di apotek atau toko obat lainnya
  • Jangan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor
  • Batasi mengonsumsi makanan pedas dan juga tinggi lemak
  • Bersihkan make up sebelum tidur
  • Gunakan masker pelindung wajah ketika keluar rumah

Selain karena beberapa hal tersebut, jerawat dapat Anda hindari dengan mengelola stress dengan baik. Dalam hal ini, Anda bisa menyalurkan stress dengan melakukan relaksasi, yoga, membaca buku, atau aktivitas lainnya yang dapat membuat Anda menjadi relax.