Jerawat bisa sangat mengganggu bagi setiap orang, khususnya pada saat muncul pada anggota badan yang sulit dijangkau seperti pada punggung. Jerawat di punggung dpat muncul karena berbagai macam alasan, yang paling umum adalah disebabkan oleh keringat. Salah satu gejala yang paling umum dirasakan dari munculnya jerawat ini adalah rasa gatal yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut ini merupakan Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya.

Penyebab jerawat di punggung

Ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu munculnya jerawat di punggung, mulai dari irirtasi, keringat yang tidak dibersihkan, hormone, bahkan bisa juga disebabkan karena asupan makanan yang tidak seimbang.

  1. Iritasi kulit

Iritasi pada kulit dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Irirtasi ini dapat dipicu karena banyak hal, seperti pakaian yang tidak bersih, produk mandi yang tidak coock, hingga karena rambut panjang yang sering menyentuh punggung. Irtasi dapat disebabkan oleh kuman atau bakteri. Jadi, saat ada zat asing yang masuk lalu  berinteraksi dengan jaringan di kulit, maka akan menimbulkan  jerawat yang merupakan salah satu cara tubuh untuk memberi reaksi.

  1. Keringat yang menumpuk

Salah satu penyebab jerawat dipunggung yang sering diabaikan adalah keringat yang menumpuk. Seringkali kita enggan mandi pada saat setelah melakukan aktivitas seharian. Padahal keringat yang tidak segera dibersihkan dapat memicu munculnya jerawat. Hal ini juga berlaku untuk seseorang yang malas bersih-bersih setelah melakukan olahraga di fitness center atau di tempat gy,. Keringat yang dibiarkan mongering dapat membuat kotoran di kulit terperangkap yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Oleh sebab itu, jangan pernah Anda menyepelekan keringat. Karena apapun aktivitasnya, Anda tetap harus segera membersihkan keringat.

  1. Faktor Hormon

Pada saat kadar hormone yang ada pada darah meningkat, maka kelenjar keringat akan menghasilkan minyak yang berlebih. Pada saat yang sama, sel kulit mati yang tidak terangkat dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori. Akibatnya, akan muncul jerawat dipunggung. Ketidakseimbangan hormone juga dpaat menjadi pemicu jerawat di beberapa anggota tubuh. Hal ini biasanya terjadi pada saat wanita sedang menstruasi. Jerawat dapat muncul karena sensitivitas hormone estrogen meningkat.

 

 

  1. Faktor makanan

Bukan hanya disebabkan karena hormone, asupan makanan juga dapat menyebabkan munculnya jerawat. Menurut American Academy of Dematology, makanan yang mengandung karbohidrat dan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah. Ketika gula darah naik, maka tubuh dapat memberikan reaksi berupa munculnya jerawat. Makanan dengan ineks glikemik tinggi meliputi nasi, roti putih, kentang, dan kripik. Jadi, apabila ada jerawat dibelakang punggung, mungkin itu merupakan suatu tanda bahwa kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan di atas.

Cara mengatasi jerawat di punggung

Setelah Anda mengetahui apa saja penyebab jerawat dipunggung kini Anda perlu mengetahui juga bagaimana cara mengatasinya.

  1. Rajin mandi
    Mandi merupakan salah satu cara terbaik untuk membersihkan semua kotoran yang menempel pada tubuh termasuk keringat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keringat yang menumpuk merupakan salah satu penyebab jerawat di punggung.
  1. Gunakan pakaian yang bersih
    Apabila Anda memiliki jerawat di punggung, maka Anda perlu memperhatikan kebersihan pakaian. Pakaian yang kotor merupakan sarang kuman dan juga kotoran yang bisa menyebabnya munculnya jerawat dipunggung.
  1. Kompres air hangat
    Untuk meredakan jerawat di punggung, Anda dapat mengompresnya dengan air hangat.
  1. Gunakan krim dan salep obat
    Krim yang mengandung benzoil peroksida juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Anda bisa mencampurnya dengan asam salisilat untuk memaksimalkan kinerjanya.