Jerawat di dagu merupakan bisul kecil yang muncul di sekitar dagu ataupun rahang. Jerawat ini biasanya muncul karena terjadinya perubahan hormone selama masa puber atau siklus menstruasi. Namun, jerawat di dagu ini tidak hanya menyerang remaja, tetapi orang dewasa juga bisa mengalaminya. Jerawat di dagu sebenarnya tidak berbeda dengan jerawat yang ada di bagian wajah, leher, dada, atau punggung. Prnyebab jerawat di dagu bisa disebabkan karena pori-pori kulit yang tersumbat sel kulit mati, kotoran, minyak berlebih ataupun karena bakteri.

Androgen adalah jenis hormone yang merangsang produksi sebum. Sebum merupakan minyak yang berfungsi mengatur kelembaban kulit, namun dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Jerawat di dagu umumnya bukanlah masalah kesehatan yang serius. Namun, studi di Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menyebut, bahwa jerawat di dagu dapat disebabkan Karena depresi atau gangguan kecemasan. Pada beberapa kasus, benjolan mirip jerawat di dagu juga dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Rambut yang muncul dan tumbuh ke dalam tersebut bisa menimbulkan benjolan, bengkak, berisi nanah, dan meradang.

Kenali penyebab munculnya jerawat di dagu

Untuk mencegah atau menghilangkan jerawat di dagu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor penyebab jerawatnya. Selain karena penyumbatan folikel rambut diwajah, jerawat di dagu juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang lainnya, yaitu :

  • Bakteri
  • Peningkatan hormone androgen
  • Produksi minyak secara berlebihan di wajah
  • Mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, seperti roti, cokelat, dan juga keripik
  • Penggunaan obat yang mengandung kortikosteroid, litium, dan pengobatan hormonal seperti testosterone.

Kemunculan jerawat di daerah wajah, termasuk area dagu, juga diperngaruhi oleh kebiasaan memegang wajah ataupun dagu dengan tangan yang kotor. Risiko kemunculan jerawat di dagu juga dapat meningkat karena pengaruh keturunan atau keluarga, wajah sering terpapar debu atau kotoran, serta gaya hidup yang tidak sehat.

 

Pola hidup sehat untuk mengatasi jerawat

Untuk kasus yang lebih ringan, cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat di dagu adalah menggunakan bahan alami atau produk perawatan kulit (skincare) yang di jual bebas di pasaran. Namun, untuk kasus yang berat cara menghilangkan jerawat di dagu perlu menggunakan obat dengan resep dokter dan perawatan khusus. Perawatan untuk mengatasi jerawat dapat menggunakan obat oles seperti krim gel, atau salep untuk membunuh bakteri dan mengurangi produski minyak yang berlebih. Sejumlah obat jerawat yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dan dijual bebas umumnya mengandung benzoil peroksida atau ada juga yang mengandung asam salisilat. Sedangkan obat jerawat dari resep dokter biasanya mengandung retinoid, benzoil peroksida, atau mengandung antibiotic. Selain itu, salah satu cara untuk mengatasi jerawat di dagu yang tidak kunjung sembuh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Ada pula beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan agar jerawat di dagu hilang dan tidak muncul kembali, yaitu :

  • Rutin berolahraga

Olahraga secara rutin dan teratur dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan cara memperlancar sirkulasi darah. Ketika sirkulasi darah lancar, maka sel kulit akan memiliki banyak asupan oksigen dan juga sel-sel kulit mati juga akan dikeluarkan dari tubuh.

  • Tidur teratur dan cukup

Kurang tidur dapat membuat Anda menjadi setres. Apabila Anda mengalami setres, maka produksi hormone glukokortikoid akan meningkat. Hormone ini dapat mengganggu fungsi dan struktur kulit, sehingga dapat menjadi pemicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, usahakan untuk tidur cukup dan juga teratur setiap harinya minimal 6-9 jam.

  • Menjaga pola makan

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membuat gula darah dan insulin meningkat dengan cepat. Terlalu banyak insulin dapat memicu pertumbuhan sel penyumbat pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Untuk menghindari hal ini terjadi, maka usahakan untuk memperbanyak konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran.

  • Rutin membersihkan wajah

Membersihkan wajah dua kali sehari dapat membantu mencegah kemunculan jerawat di dagu. Kulit wajah memiliki kelenjar minyak yang memproduksi minyak lebih banyak dari kulit di bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga kebersihan wajah. Pilihlah sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.