Selain jerawat, masalah kulit yang sering di alami oleh kebanyakan orang adalah bruntusan. Setiap orang pasti pernah mengalami bruntusan di sekitar wajah terutama pada remaja. Walaupun hal ini bukan masalah yang berbahaya, akan tetapi wajah bruntusan ini sangatlah mengganggu penampilan.

Bruntusan bukanlah sebuah istilah dalam medis. Bahkan sebaliknya, kondisi ini menggambarkan suatu keadaan kulit yang permukaannya terasa sangat kasar dan tidak rata. Namun, jika di raba maka bruntusan terasa seperti bintik-bintik kecil yang menonjol pada kulit. Bruntusan ini tidak hanya muncul pada wajah, tetapi juga bisa muncul pada bagian tubuh lainnya selama bagian tubuh tersebut masih tertutupi kulit. Beberapa daerah yang rentan mengalami bruntusa di wajah ini diantaranya adalah bagian T-Zone, seperti dahi, dagu, dan juga hidung. Selain itu, bruntusan juga bisa muncul di bagian punggung, dada, bahu, lengan, dan juga leher.

Penyebab Bruntusan di Wajah

Bruntusan di wajah dapat disebabkan karena banyak hal, mulai dari komedo, iritasi wajah, milia, dermatis, folikulitis, dan lain sebagainya. Namun, komedo merupakan salah satu tanda munculnya bruntusan yang paling sering terjadi. Sama seperti jerawat, komedo juga terbentuk dari penumpukkan sel-sel kulit mati dan juga minyak berlebih yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Pori-pori yang tersumbat ini dapat dipicu oleh :

  • Stress
  • Perubahan hormone
  • Produksi keringat berlebih
  • Penggunaan obat-obat tertentu
  • Penggunaan make up yang tidak cocok
  • Penggunaan skincare yang tidak cocok
  • Kebersihan kulit yang tidak terjaga dengan baik, seperti menyentuh kulit dengan tangan yang kotor.

 

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

  1. Rutin membersihkan wajah

Agar bruntusan pada wajah cepat menghilang, maka Anda harus rutin dalam membersihkan wajah setidaknya 2 kali dalam sehari, Anda bisa melakukannya ketika bangun tidur dan juga sebelum tidur. Dan juga pilihlah sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda agar terhindar dari iritasi. Selain itu, Anda juga dapat menerapkan prinsip double cleansing, yaitu cuci wajah dua kali untuk memastikan kulit wajah Anda benar-benar sudah terbebas dari kotoran. Untuk Anda yang setiap hari menggunakan make up, maka Anda bisa membersihkan wajah dengan menggunakan make up remover yang berbasis air (micellar water) atau bisa juga yang berbasis minyak untuk membersihkan make up waterproof di wajah. Pastikan Anda harus membersihkan wajah sampai benar-benar besih dan tidak ada lagi sisa make up yang masih menempel di wajah. Karena, sisa make up yang menempel ini bisa menjadi pemicu munculnya komedo.

  1. Gunakan pelembap wajah

Setelah Anda membersihkan wajah, maka cara menghilangkan bruntusan yang berikutnya adalah dengan rutin menggunakan pelembap. Apapun jenis kulitnya, maka tetap harus menggunakan pelembap. Jika memang dibutuhkan, Anda bisa menggunakan toner dan serum sebelum Anda menggunakan pelembap.

  1. Gunakan sunscreen

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet atau sinar matahari, maka Anda bisa menggunakan sunscreen. Sunscreen merupakan salah satu perawatan wajah yang tidak boleh terlewatkan. Terutama jika Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung. Tidak hanya efektif untuk mencegah bruntusan di wajah semakin parah, tetapi sunscreen juga penting dalam melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker kulit.

Gunakan sunscreen setiap Anda selesai menggunakan pelembap. Pastikan seluruh dioleskan sunscreen secara merata.

  1. Eksfoliasi

Langkah perawatan berikutnya untuk dapat membantu menghilangkan bruntusan di wajah adlaah eksfoliasi, yaitu prosedur untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Eksfoliasi kulit ini dapat dilakukan secara berkala, setiap seminggu sekali, dengan menggunakan produk eksfoliasi yang tepat dan juga sesuai dengan kulit Anda.