Bintik kecil kemerahan yang muncul di wajah disebut dengan istilah bruntusan. Sebenarnya bruntusan ini sering terjadi di seluruh bagian tubuh yang disebabkan oleh biang keringat. Namun bruntusan yang terjadi di kulit wajah merupakan salah satu bentuk lain dari jerawat. Biasanya, yang mengalami jerawat parah adalah para remaja yang kadar hormonnya memang sedang tidak stabil. Tetapi bruntusan pada wajah bisa juga terjadi pada orang yang lebih dewasa, karena berbagai macam sebab, yaitu :

  1. Alergi

Alergi merupakan penyebab yang paling mungkin terjadi jika segala macam perawatan untuk kulit bruntusan tidak memberikan hasil yang memuaskan. Penyebab alergi pada kulit wajah biasanya muncul dari sesuatu yang kita konsumsi, yang membuat tubuh bereaksi pada asupan apapun yang tidak cocok dengan tubuh kita. Reaksi tubuh tersebut yang muncul dalam bentuk bruntusan pada kulit.

  1. Kulit wajah yang tidak bersih

Penyebab wajah bruntusan yang berikutnya adalah kulit wajah yang tidak bersih karena jarang mencuci wajah atau membersihkan wajah dengan cara yang benar. Kulit wajah yang kotor dapat memungkinkan bakteri dan juga kuman dari kotoran yang menempel menjadi bersarang di kulit wajah sehingga menimbulkan bruntusan yang parah. Manfaat oatmeal untuk wajah sensitive juga bisa membantu meredakan rasa gatal dan kemerahan pada bruntusan.

  1. Kulit berminyak

Pori-pori bisa menjadi tersumbat karena jenis kulit yang berminyak terkadang memproduksi minyak yang berlebihan di wajah. Kelenjar minyak yang terlalu aktif juga memungkinkan kotoran, kuman, dan bakteri cepat menempel di kulit wajah. Untuk itu, carilah cara untuk mengatasi kulit berminyak dan cara melawan kulit yang berminyak agar masalah bruntusan dapat diatasi.

  1. Kosmetik

Sering menggunakan kosmetik dapat menimbulkan bruntusan, oleh karena itu penting untuk Anda mengetahui kandungan yang ada di dalam kosmetik. Karena jika kosemtik yang digunakan tidak cocok dapat menimbulkan reaksi pada kulit wajah seperti bruntusan.

  1. Sering naik motor

Sering naik motor dapat mempermudah kulit wajah menjadi kotor karena terekspos pada asap kendaraan dan juga debu, apalagi jika Anda menggunakan helm yang jarang dibersihkan, kotoran pada helm tersebut dapat berpindah ke kulit wajah sehingga munculnya bruntusan. Untuk itu, rawatlah kulit Anda yang sering terkena polusi dengan menggunakan daun pandan untuk wajah.

  1. Pengelupasan berlebihan

Kulit yang terlalu sering dikelupas karena eksfoliasi akan menjadi lebih sensitive dan mengalami iritasi. Iritasi kulit juga dapat menimbulkan bruntusan.

  1. Pergantian musim

Cuaca yang tidak menentu atau pergantian musim kadang dapat menjadi efek buruh untuk kulit. Kulit bisa menjadi sensitive dan mudah mengalami masalah, terkait dengan perubahan temperature, kelembaban, panas terik atau hal lainnya yang berhubungan dengan pergantian musim.

  1. Stress

Kondisi pikiran yang tidak focus akibat stress dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Karena kinerja tubuh terganggu dengan datangnya stress dan depresi, nutrisi untuk kulit pun dapat berkurang. Keadaan kulit yang kekurangan nutrisi memungkinkan segala macam amsalah kulit mulai muncul, termasuk bruntusan. Manfaat seledri untuk wajah bisa membantu menutrisi kulit wajah dan manfaat air garam untuk wajah dapat memberikan efek rileks pada kulit wajah.

 

Solusi menghilangkan wajah bruntusan

  • Gunakan produk non komedogenik

Untuk merawat wajah dari bruntusan, Anda bisa menggunakan produk yang mencantumkan non komedogenik pada kemasannya. Artinya, produk yersebut sudah mengandung bahan yang tidak akan menimbulkan komedo, jerawat, ataupun bruntusan di wajah.

  • Hindari menyentuh wajah

Karena kebiasaan, kita sering kali tanpa sadar menyentuh atau memegang wajah dengan tangan yang kotor sehingga kotoran menjadi berpindah dari tangan ke wajah. Pastikan tangan sudah di cuci bersih ketika ingin menyentuh wajah.

  • Perhatikan pola makan

Menjaga pola makan yang sesuai dan tepat waktu merupkan salah satu cara untuk menghilangkan dan mencegah munculnya bruntusan. Selain itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nilai gizi dan vitamin.

  • Minum air putih

Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu tubuh untuk mendapatkan kesegaran. Air putih dipercayai mampu membilas racum yang ada di dalam tubuh dengan baik dan menutrisi kulit agar tetap terjaga kelembaban alaminya. Air putih juga dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah kerutan di wajah yang alami dan cara menghilangkan kantung maa.