Jerawat merupakan salah satu gangguan kulit yang dapat terjadi pada siapa saja. Apabila Anda orang yang berisiko mengalami masalah jerawat ini, ada beberapa cara untuk mencegah timbulnya jerawat. Pada umumnya, jerawat ini disebabkan karena adanya penyumbatan pada pori-pori oleh kulit, minyak berlebih, sel kulit mati, dan kotoran dan kemudian terinfeksi bakteri. Jerawat juga sering dipicu oleh peradangan pada jaringan kulit atau perubahan hormone. Perubahan hormone androgen merangsang kelenjar yang bernama sebaceous yang dapat menghasilkan minyak lebih banyak. Oleh karena itu, beberapa orang berisiko mengalami jerawat, terutama pada anak-anak remaja.

Sebagian besar kasus jerawat juga dapat disebabkan karena faktor genetic. Yang artinya, ketika salah satu dari kedua orangtua pernah berjerawat, kemungkinan Anda berisiko mengalami hal yang sama. Berikut ini merupakan tips mencegah timbulnya jerawat.

  1. Rajin mencuci muka

Beberapa dari Anda mungkin saja menganggap bahwa penggunaan kosmetik adalah penyebab dari timbulnya jerawat. Padahal faktanya, faktor yang memicu seseorang mengalami jerawat adalah karena tidak mencuci muka dengan benar setelah dibersihkan dengan benar. Selain itu, penggunaan make up yang tebal  atau berlebihan juga dapat menyumbat pori-pori yang akhirnya dapat menyebabkan jerawat. Meskipun make up telah di hapus dengan menggunaka cleanser atau pembersih lainnya, tetap saja Anda harus mencuci muka. Karena jika tidak, maka sisa-sisa make up yang tidak terangkat dapat menyumbat pori-poti bersama dengan campuran kotoran dan debu. Berikut ini merupakan beberapa cara mencuci muka untuk mecegah jerawat kembali timbul lagi.

  • Pilihlah sabun wajah yang lembut dan tidak mengandung alcohol
  • Basahi wajah dengan air hangat
  • Gunakan ujung jari untuk mengoleskan pembersih
  • Hindari menggosok kulit terlalu kencang karena dapat membuat kulit menjadi iritasi
  • Bilas dnegan air hangat dan keringan dengan tisu atau handuk yang lebut
  • Oleskan pelembab jika tulit terasa kering dan gatal.
  1. Jangan sembarangan menyentuh wajah

Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dapat memudahkan bakteri yang menempel di tangan untuk menginfeksi kulit. Alhasil, wajah pun menjadi jerawatan. Oleh karena itu, cara mencegah jerawat lainnya adalah dengan tidak sembarang menyentuh wajah.  Jika Anda ingin menyentuh wajah, sebaiknya Anda harus mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun untuk mengurangi risiko menempelnya kotoran dan bakteri yang ada dikulit.

  1. Atur pola makan yang sehat

Selain faktor genetic dan perubahan hormone, ternyata timbulnya jerawat juga dapat dipicu oleh makanan dan minuma yang sering dikonsumsi. Ada berbagai macam makanan penyebab jerawat dan daftar makanan tersebut dipercayai dapat memengaruhi hormone dan memicu produksi minyak di wajah. Oleh Karena itu, dengan menghindari makanan penyebab jerwat, hal ini juga memiliki merupakan salah satu upaya dalam mencegah timbulnya jerawat. Selain mengurangi makanan yang tinggi gula dan makanan berlemak, perbanyak mengonsumsi makanan dibawah ini agar mendapatkan kulit yang lebih mulus, yaitu :

  • Buah sitrus dan buah berry

Kandungan vitamin C yang terkandung didalam buah sistrus, seperti jeruk, dan buah beri ternyata juga memiliki banyak manfaat dalam mencegah munculnya jerawat dan bekasnya. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang banyak manfaat termasuk untuk kesehatan kulit.

  • Bayam, kale, dan wortel

Ketiga jenis sayuran diatas merupakan sayuran yang memiliki vitamin A yang memiliki khasiat tinggi dalam menjaga kesehatan kulit. Karena, vitamin A dapat mempromosikan kulit dan selaput lendir yang sehat. Bahkan vitamin yang ada di sayuran yang berdaun gelap ini juga dapat membantu meningkatkan kolagen di dalam tubuuh.

  • Omega 3

Asam lemak omega 3 sudah dikenal dapat membantu mengurangi peradangan dan juga mempromosikan kulit yang normal dan sehat. Selain ikan, Anda juga dapat mencegah timbulnya jerawat dengan mengonsumsi kacang-kacangan, biji rami, atau biji bunga matahari.

 

 

 

  1. Pilihlah kosmetik dan skincare yang sesuai kulit

Menggunakan produk perawatan kulit dan merias wajah agar tampil menawan memang tidak slaah. Namun, Anda perlu memperhatikan kandungan produk yang dipakai agar Anda terhindar dari jerawat.

  • Pilih produk perwatan yang tidak menyumbat pori-pori dan tidak berbahan dasar minyak
  • Hindari produk yang mengandung pewarna, pewangi dan bahan pengawet didalamnya
  • Selalu cek tanggal kadaluarsa produk kosmetik dan skincare
  • Simpan produk di tempat yang tidak mudah terkontaminasi oleh bakteri
  • Selalu bersihkan alat make up dengan sabun dan air untuk mencegah penumpukan bakteri
  • Jangan mengoleskan bedak atau concealer pada kulit yang sedang luka
  1. Kelola stress dengan baik

Meskipun tidak bedampak langsung, namun stress dapat memicu timbulnya jerawat. Salah satu contohnya adalah stress yang muncul akibat Anda kurang tidur yang dapat meningkatkan kadar hormone kortisol yang memicu peradangan pada tubuh. Kondisi ini berisiko dapat merusak struktur dan fungsi kulit. Oleh karena itu, mengendalikan stress merupakan salah satu cara agar jerwat tidak timbul lagi. Berikut ini merupakan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengelola stress, yaitu :

  • Tidur yang cukup
  • Meditasi atau relaksasi
  • Jalan-jalan atau melakukan hobi
  • Olahraga rutin