Cacar sering kali meninggalkan bekas luka pada kulit. Kondisi ini biasanya terjadi pada saat Anda menggarukanya dengan berlebihan sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Kulit yang rusak karena dalamnya luka cacar akan menghasilkan jaringan parut cekung (bopeng). Munculnya bopeng bekas cacar tentunya bisa mengganggu penampilan, terutama apabila bopeng tersebut muncul dipermukaan wajah. Untuk mengatasi masalah kulit ini, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bopeng bekas cacar yang dapat Anda coba.

Cara menghilangkan bopeng bekas cacar

  1. Rosehip oil

Rosehip oil merupakan minyak esensial yang berbahan dasar dari bunga mawar. Minyak ini mengandung senyawa tanaman, seperti asam askorbat dan asam lemak, yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, rosehip juga dapat memiliki efek antioksidan. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengoleskan minyak ini ke bekas luka sebanyak dua kali dalam sehari sealam 12 minggu dapat memperbaiki penampilannya.

  1. Krim retinol

Retinol merupakan turunan vitamin A yang telah terbukti secara klinis dapat meningkatkan produksi kolagen. Kombinasi retinol dengan asam glikolat dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Selain itu, Anda juga dapat mengoleskan krim retinol pada bopeng bekas cacar setiap malam sebelum Anda tidur untuk merangsang kolagen di area bopeng tersebut. Hal ini dapat memperbaiki penampilan kulit Anda.

  1. Eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit bisa menghilangkan sel-sel kulit yang sudah tua dan menggantinya dengan sel kulit yang lebih muda/baru. Metode ini juga dapat membantu menghilangkan beberapa pigmen atau kulit kasar pada bekas luka. Anda dapat melakukan eksfoliasi mekanis dengan menggunakan scrub atau eksfoliasi kimiawi dengan lotion yang yang langsung Anda oleskan pada kulit yang bopeng.

  1. Silicone sheets

Silicone sheets merupakan lembaran yang diaplikasikan pada bekas luka untuk dapat memudarkan dan juga untuk melembapkan jaringan parutnya. Anda bisa menggunakannya setiap hari selama sekitar kurang lebih 6 bulan.

  1. Filers

Fillers dilakukan dengan cara menyuntikkan pengisi jaringan lunak, seperti asam hialuronat dan lemak, langsung ke bopeng untuk memudarkanya. Metode ini hanya bersifat sementara, tepatnya sekitar kurang lebih 6 bulan.

 

 

  1. Microneedling

Microneedling merupakan suatu prosedur untuk menggunakan alat jenis rolling dengan jarum-jarum yang sangat kecil. Setelah anestesi biasanya akan dioleskan pada wajah, kemudia nantinya dokter akan menggulirkan alat tersebut secara bolak-balik dengan menggunakan tekanan yang cukup besar. Biasanya saat microneedling ini akan mengeluarkan sedikit darah. Microneedling dapat merangsang produksi kolagen dan membuat kulit menjadi tampak lebih halus. Namun, metode ini harus dilakukan secara berulang kali hingga terlihat hasilnya.

  1. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan prosedur yang menggunakan sikat khusus yang berputar cepat untuk mengamplas lapisan kulit atas. Teknik ini secara signifikan dapat memperbaiki bopeng dan juga dapat menghilangkan bekas luka dipermukaan.

  1. Terapi laser

Terapi laser menjadi salah satu pilihan dalam menghilangkan bopeng bekas cacar. Selain itu, metode ini juga dapat mengurangi bekas luka lama dan juga memudarnakn warna bekas luka.

  1. Eksisi

Jika bopeng Anda membentuk tonjolan dan sudah melakukan segala cara namun masih tidak hilang maka tindakan eksisi akan dilakukan. Eksisi ini biasanya dilakukan jika semua teknik menghilangkan bopeng gagal. Dalam melakukan eksisi ini Anda akan berada di bawah pegaruh obat bius. Dokter akan mengangkat jaringan parut dengan menggunakan pisau bedah dan juga menjahit area tersebut. Hal ini dapat meninggalkan bekas luka baru dan bisa diperbaiki dengan kosmetik.

Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bopeng adalah lidah buaya, cacao butterm minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jojba, madu, perasan lemon dan lainnya.