Saat ini masker kopi sedang banyak dibicarakan. Hal ini karena, kopi dikenal memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Kopi merupakan sumber antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas atau penyebab kerusakan pada kulit. Karena kandungan antioksidan yang ada di dalam kopi, maka kopi dikena dapat mengurangi selulit, menenangkan kulit, anti aging, mengurangi peradangan, dan bahkan dapat menghilangkan jerawat. Terkait dengan manfaat kopi dalam menghilangkan jerawat, ternyata hal disebabkan karena adanya kandungan chloorogenic yang ada pada kopi yang memiliki efek anti pembengkakan (anti inflammatory) dan anti bakteri. Selain itu, kopi juga dapat bertindak sebagai eksfoliator alami yang bisa membantu jerawat pada kulit.

Manfaat kopi untuk wajah

  1. Meredakan mata bengkak dan sembab

Mata bengkak dan juga sembab, dapat diatasi hanya dengan mengoleskan campuran bubuk kopi dan sedikit air. Manfaat kopi untuk wajah ini bisa didapatkan dari kandungan kafein yang bisa menstimulasi aliran darah, dan memperlebar pembuluh darah. Aliran darah yang lancar, akan berpengaruh pada kulit dan kulit pun juga akan terlihat lebih kencang. Hal ini juga berlaku pada area kulit di sekitar mata. Selain itu, kopi juga dapat mengandung asam klorogenik yang dapat membantu meredakan peradangan pada sekitar area mata.

  1. Dapat menghilangkan jerawat

Kopi juga dapat Anda jadikan bahan alami untuk membantu menghilangkan jerawat. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dari kandungan antioksidan, stimulant, da nasal klorogenik yang ada di dalam kopi.

  1. Sebagai scrub

Bubuk kopi sangat baik untuk dijadikan bahan scrub atau pengelupasan kulit. Scrub dari kopi ini dipercaya efektif untuk mengangkat sel kulit mati yang bisa memicu kenaikan produksi kolagen dan juga mengurangi penuaan disni pada sel kulit.

  1. Dapat melindungi wajah dari sinar matahari

Sisa ampas kopi ternyata bisa digunakan untuk melindungi tubuh dari dampak buruk paparan sinar matahari berlebih. Bahan ini dipercaya dapat membantu mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan karena paparan sinar UVB.

  1. Mempu mencegah penuaan dini

Kopi sangat kaya akan kandungan antioksidan didalamnya. Hal ini yang membuat kopi dipercaya dapat membantu mencegah penuaan dini. Kopi juga disebut dapat menjaga kelembapan kulit, karena dapat menghalangi penguapan cairan dipermukaannya.

 

Cara membuat masker kopi

  • Masker kopi untuk scrub

Untuk membuat masker kopi yang memiliki fungsi sebagai scrub, Anda hanya cukup mencampurkan empat sendok makan biji kopi yang baru ditumbuk dengan empat sendok brown sugar. Kemudian campurkan kedua bahan tersebut dengan air perasan jeruk lemon secukupnya, hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.

  • Masker kopi untuk mata panda

– Campurkan ½ sendok teh kopi bubuk dengan ½ sendok teh minyak zaitun ke dalam wadah

– Tambahkan air secukupnua hingga konsistensi campuran berbentuk mengental seperti pasta

– Oleskan campuran tersebut pada area bawah mata dengan perlahan

– Diamkan selama kurang lebih lima menit hingga sepuluh menit

– Basuh dengan air secara perlahan kemudian keringkan dengan kain yang halus

  • Masker kopi untuk perawatan paparan sinar matahari

– Buat kopi biasa tanpa campuran apapun

– Tambahkan air dingin

– Celupkan kain halus ke dalam campuran kopi yang dingin tersebut

– Sapukan kain di kulit wajah secara perlahan selama beberapa kali, hingga kemerahan dan pembgengkakan akibat sinar matahari mulai mereda.

Manfaat kopi untuk wajah bisa didapatkan dari berbagai kandungan yang ada di dalam kopi, termasuk kandungan antioksidan. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan bubuk kopi yang baru digiling dan jangan menggunakan kopi bubuk yang instan.