ALSYVA.COM – Sebagaimana diketahui bahwa penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit jantung yang paling umum terjadi, dan sudah ada lebih dari 2 juta masyarakat Indonesia yang terdiagnosis positif mengidap penyakit jantung koroner. Penyakit ini terjadi akibat adanya sumbatan pada pembuluh darah arteri (arteri koronaria) oleh plak atau lemak yang menyebabkan aliran darah menuju organ jantung menjadi terganggu.

Maka dari itulah konsumsi makanan bagi penderita penyakit jantung koroner harus dijaga dengan benar setiap harinya. Asupan karbohidrat, protein, dan lemak harus selalu ada pada menu makanan harian pada penderita jantung. Akan tetapi, perlu diingat jika penyakit jantung erat kaitannya dengan berbagai penyakit lain, seperti ginjal, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Dan untuk itulah kebutuhan nutrisi dan pola makan untuk penyakit jantung koroner juga berbeda dengan orang sehat, sebab sangat penting untuk mengawasi apa saja yang dimakan agar mencegah terjadinya sumbatan kembali. Berikut ini panduan makanan untuk pengidap penyakit jantung koroner :

  • Biji-bijian Utuh
    Salah satu makanan yang baik untuk pengidap penyakit jantung koroner ialah biji-bijian seperti pada jagung, gandum, dan beras merah yang merupakan sumber karbohidrat dan dapat menurunkan risiko seseorang terkena berbagai macam penyakit. Biji-bijian kaya akan kandungan vitamin B, serat, protein, antioksidan, zat besi, dan magnesium untuk mencegah penyakit, salah satunya penyakit jantung, kanker, diabetes dan obesitas.
  • Kacang-kacangan
    Tak hanya kaya akan kandungan fitonutrien yang baik bagi jantung, kacang-kacangan juga diketahui kaya akan kandungan serat serta air yang menyebabkan seseorang lebih mudah kenyang, sehingga dapat mengontrol jumlah kalori yang dikonsumsi. Kacang-kacangan juga memiliki antioksidan tinggi yang dapat berperan dalam mencegah terjadinya kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya kanker, parkinson, ataupun alzheimer.
  • Brokoli
    Memang jika sudah berhubungan dengan masalah jantung, tentunya sayuran juga berperan penting. Salah satu sayuran yang bermanfaat baik bagi organ jantung ialah brokoli. Sayur brokoli dikenal sebagai salah satu sayuran paling baik untuk jantung, karena kaya akan serat, berbagai mineral penting, vitamin, dan kaya akan karotenoid. Berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu mengeliminasi senyawa berbahaya di tubuh.
  • Teh Hijau
    Suka dengan teh hijau ? Teh hijau dikenal karena sifat antioksidannya yang dikenal dengan sebutan katekin. Antioksidan ini bermanfaat dalam membantu pembakaran lemak dan kolesterol yang dapat memengaruhi jantung. Dengan minum teh hijau sebanyak 2-3 cangkir teh hijau dengan teratur dapat membantu menjaga kesehatan organ jantung.
  • Keju
    Riset yang dipublikasikan pada European Journal of Nutrition menyebutkan bahwa seseorang yang sering konsumsi keju mampu menurunkan risiko terserang penyakit jantung koroner hingga sebesar 14 persen, atau menurunkan risiko terserang stroke sebesar 10 persen. Keju memiliki kandungan lemak baik yang tidak mengakibatkan terjadinya penumpukan akibat lemak jenuh di bagian arteri, sehingga darah dapat mengalir lancar dengan baik.

  • Cokelat Hitam
    Konsumsi cokelat hitam dapat membantu dalam mengontrol aliran darah karena memiliki kandungan flavonoid yang disebut polifenol. Kandungan polifenol ini juga dapat mencegah terjadinya pembekuan darah dan hipertensi. Namun perlu diingat bahwa yang dikonsumsi ialah coklat murni yang berdampak baik untuk tubuh, coklat murni tidak mengandung lemak sehingga mencegah terjadinya kenaikan berat badan.
  • Minyak Zaitun
    Buah zaitun memiliki sifat pengencer darah yang sangat baik bagi penderita penyakit jantung koroner. Terlebih lagi jika buah zaitun ini sudah diolah menjadi minyak zaitun. Minyak zaitun ini kaya akan antioksidan dan dapat mendetoksifikasi racun dalam darah dan memiliki kandungan asam lemak omega 3 untuk mencegah peradangan.
  • Kacang Almond
    Kacang almond diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan peradangan, selain itu kacang almond juga kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk jantung dan otak.
  • Buah Apel
    Buah apel diketahui mampu menurunkan risiko penyakit jantung lantaran buah apel ini efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh dan membantu mengontrol gula darah. Hal ini dikarenakan buah apel memiliki kandungan fitonutrien. Terlebih lagi, buah apel juga terdapat senyawa lainnya yang bagus untuk kesehatan jantung, yaitu epicathecin. Zait ini kaya akan antioksidan serta membantu dalam menurunkan tekanan darah. Konsumsilah buah apel ini 1-2 buah untuk menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Buah Beri
    Buah beri-berian seperti blueberry, strawberry, raspberry, hingga blackberry memiliki kandungan yang kaya akan serat serta antioksidan yang dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Rasa manis pada buah beri ini juga tidak memicu terjadinya diabetes dan dapat dikonsumsi sebagai cemilan sehat. Walaupun begitu, riset mengenai efek buah beri dalam melindungi kesehatan jantung masih diteliti lebih lanjut.
  • Buah Anggur
    Pada buah anggur terdapat kandungan serat dan flavonoid yang baik dalam mencegah terjadinya kerusakan pada organ jantung dan terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Selain dengan konsumsi makanan sehat untuk jantung diatas, ada baiknya untuk membatasi asupan garam tidak lebih dari 5-6 gram per harinya atau setara dengan 2.000-2.400 mg sodium (natrium) per hari. Sedangkan orang yang memiliki risiko penyakit jantung, konsumsi sodium maksimal ialah 1.500 mg. Olahraga rutin juga diperlukan supaya tubuh sehat dan jantung akan tetap kuat dalam memompa darah ke seluruh tubuh dengan optimal.