Jerawat memang selalu menjadi topik hangat yang selalu dibahas. Berbagai macam produk juga diciptakan untuk menghilangkan masalah kulit yang satu ini. Namun, tahukah Anda? Bahwa, penyebab munculnya jerawat bukan hanya karena wajah yang kurang bersih atau produk skincare yang tidak cocok, tapi berdasarkan letaknya jerawat juga bisa muncul karena disebabkan oleh masalah yang ada di tubuh Anda.

  • Jerawat di dahi & sekitar garis rambut

Jerawat yang muncul disekitar garis rambut disebabkan karena shampoo yang Anda gunakan kurang cocok. Namun, jika Anda sering mengalami masalah jerawat yang muncul di dahi dan di sekitar garis rambut ini, tandanya ada masalah dengan pencernaanmu. Oleh karena itu, kurangi konsumsi junk food yang mengandung lemak, jangan memakai poni, dan perbanyak konsumsi sayur dan buah.

  • Jerawat di pipi

Salah satu penyebab munculnya jerawat di pipi adalah karena faktor handphone yang kotor. Selain itu, bisa juga disebabkan karena sarung bantal yang jarang diganti yang menjadi tempat bakteri bersarang sehingga munculnya jerawat di pipi. Selain itu, polusi udara yang kurang bersih juga dapat memengaruhi sistem pernafasan yang juga menjadi penyabab munculnya jerawat di pipi.

  • Jerawat di dagu

Hormone yang tidak seimbang, serta siklus menstruasi adalah penyebab munculnya jerawat di sekitar area dagu. Istirahat yang cukup, hindari stress, dan rajin mengonsumsi buah dan sayur adalah cara untuk mencegah munculnya jerawat di dagu.

  • Jerawat di telinga

Jika muncul jerawat di telinga, tandanya tubuh Anda sedang mengalami dehidrasi. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan selalu rutin minum air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan dan ginjalmu tetap bersih. Anda juga harus mengonsumsi buah yang banyak mengandung air seperti semangkan dan jeruk.

  • Jerawat di hidung

Munculnya jerawat di hidung tentunya menjadi hal sangat mengganggu penampilan. Ternyata, munculnya jerawat di hidung ini merupakan salah satu tanda jika jantung Anda sedang dalam keadaan yang kurang sehat atau sedang mengalami masalah. Selain itu, bisa juga disebabkan karena tekanan darah Anda sedang tinggi. Oleh karena itum Anda harus rajin olahraga, batasi makanan yang mengandung garam tinggi seperti junk food, dan perbanyak konsumsi buah-buahan.

  • Jerawat di bawah mata

Permasalahan yang terjadi di sekitar area mata, seperti pada lingkaran mata yang menghitam dan juga munculnya jerawat bisa jadi disebabkan karena keadaan ginjal yang tidak sehat. Selain itu, dehidrasi hebat juga bisa menjadi penyebab masalah munculnya jerawat di bawah mata. Pastikan Anda meminum air putih minimal 2 liter setiap harinya.

  • Jerawat di leher

Hampir sama dengan jerawat di dagu, munculnya jerawat di leher bisa disebabkan karena keadaan hormone yang kurang seimbang di dalam tubuh. Selain itu, kelelahan dan stress juga dapat menyebabkan jerawat di leher.

 

Cara menghilangkan jerawat secara alami

  • Gunakan lidah buaya

Gel lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan di kulit yang muncul karena jerawat. Lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan sulfur. Dua bahan ini sering digunakan untuk mengatasi jerawat kulit.

  • Cuka apel

Cuka apel mengandung asam organic yang sudah dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat dan juga mengurangi minyak berlebih.

  • Madu

Cara menghilangkan jerawat berikutnya adalah dengan menggunakan madu. Madu didalamnya mengandung antioksidan yang dapat membersihkan kotoran-kotoran di wajah, serta penyumbatan pori-pori. Selain itu, madu juga memiliki sifat antibakteri dan mengandung bahan yang dapat memabntu menyembuhkan luka.

  • Kayu manis

Kayu manis kaya akan antioksidan didalamnya dan juga mengandung bahan antibakteri yang dapat meredakan jerawat yang meradang.